Urgentsitas Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pembelajarn Tematik Di Madrasah

Penulis

  • Khafidin Khafid Khafid IAIN Purwokerto

Kata Kunci:

Penerapan Nilai-Nilai Demokrasi, Pembelajaran Demokrasi

Abstrak

Abstrak Kurangnya kesadaran akan eksistensis dirinya sebagai makhluk sosial menimbulkan terjadinya tindakan-tindakan yang dapat merugikan satu sama lain. Untuk melakukan suatu pencegahan secara dini, lembaga pendidikan yang mempunyai peran untuk mendidik, menjaga dan memperkokoh moral bangsa harus mampu meningkatkan mutu dari pendidikan, salah satunya yaitu dengan menerapkan nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran. Nilai-nilai yang dipublikasikan pastinya mengandung nilai yang positif, nilai demokrasi yang terkandung didalamnya jika ditanamkan dengan baik akan menumbuhkan dan memperkokoh kesadaran manusia sebagai makhluk sosial. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana penerapan nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran tematik di kelas V MIN 1 Purbalingga. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran dan mendeskripsikan  tentang penerapan nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran tematik di kelas V MIN 1 Purbalingga. Metode penelitian pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang peneliti gunakan yaitu menggunakan model analisis Miles and Huberman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan menarik kesimpulan (conclusion drawings). Hasil dari penelitian ini yaitu menjelaskan bahwasanya nilai-nilai demokrasi yang muncul dalam pembelajaran tematik kelas V MIN 1 Purbalingga lebih sering terjadi ketika diadakan sebuah kelompok diskusi dan tanya jawab. Nilai Demokrasi menjadi lebih mengena serta mudah diingat karena sudah diajarkan kepada peserta didik sejak usia dasar. Nilai-nilai yang muncul yaitu Nilai religi, Cinta tanah air, Jujur, Kedisiplinan, Menghargai pendapat orang lain, Tanggung jawab, Kerja sama, dan Kebebasan berkelompok.   Kata kunci: Penerapan Nilai-Nilai Demokrasi, Pembelajaran Tematik.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Al-Iamri, Ichas Hamid dan Tuti Istianti Ichas. 2006. Pengembangan Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Assegaf, ABD.Rachman. 2004. Pendidikan Tanpa Kekerasan Tipologi Kondisi, Kasus dan Konsep. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Azra, Azyumardi. 2003. Pendidikan Kwarganegaraan (Civic Education): Demokrasi Hak Asasi Manusia Masyarakat Madani. Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah bekerja sama dengan The Asia Foundation dan Preada Media.

Bungin, Burhan. 2006. Metode Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke
Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Diningsih, C. BU. 2005. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Kusumawati, Heny. 2017. Udara bersih bagi kesehatan: buku guru/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mamat. 2007. Pembelajaran Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam, Depag RI.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Taniredja, Tukiran, Isnarmi Muis dkk. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan paradigma Terbaru Untuk Mahasiswa. Bandung: Alfabeta.

Ubaedillah, A. 2015. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education)Pancasila, Demokrasi dan Pencegahan Korupsi. Jakarta: Prenada Media Group.

Winarno. 2012. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan Panduan Kuliah Di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Zuchdi, Darmiyati. 2009. Humanisasi Pendidikan Menemukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Diterbitkan

2020-05-19

Cara Mengutip

Khafid, K. K. (2020). Urgentsitas Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pembelajarn Tematik Di Madrasah. Jurnal Penelitian Agama, 21(1), 65–75. Diambil dari https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/jpa/article/view/3613

Terbitan

Bagian

Articles