Urgentsitas Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pembelajarn Tematik Di Madrasah
Kata Kunci:
Penerapan Nilai-Nilai Demokrasi, Pembelajaran DemokrasiAbstrak
Abstrak Kurangnya kesadaran akan eksistensis dirinya sebagai makhluk sosial menimbulkan terjadinya tindakan-tindakan yang dapat merugikan satu sama lain. Untuk melakukan suatu pencegahan secara dini, lembaga pendidikan yang mempunyai peran untuk mendidik, menjaga dan memperkokoh moral bangsa harus mampu meningkatkan mutu dari pendidikan, salah satunya yaitu dengan menerapkan nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran. Nilai-nilai yang dipublikasikan pastinya mengandung nilai yang positif, nilai demokrasi yang terkandung didalamnya jika ditanamkan dengan baik akan menumbuhkan dan memperkokoh kesadaran manusia sebagai makhluk sosial. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana penerapan nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran tematik di kelas V MIN 1 Purbalingga. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran dan mendeskripsikan tentang penerapan nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran tematik di kelas V MIN 1 Purbalingga. Metode penelitian pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang peneliti gunakan yaitu menggunakan model analisis Miles and Huberman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan menarik kesimpulan (conclusion drawings). Hasil dari penelitian ini yaitu menjelaskan bahwasanya nilai-nilai demokrasi yang muncul dalam pembelajaran tematik kelas V MIN 1 Purbalingga lebih sering terjadi ketika diadakan sebuah kelompok diskusi dan tanya jawab. Nilai Demokrasi menjadi lebih mengena serta mudah diingat karena sudah diajarkan kepada peserta didik sejak usia dasar. Nilai-nilai yang muncul yaitu Nilai religi, Cinta tanah air, Jujur, Kedisiplinan, Menghargai pendapat orang lain, Tanggung jawab, Kerja sama, dan Kebebasan berkelompok. Kata kunci: Penerapan Nilai-Nilai Demokrasi, Pembelajaran Tematik.Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Al-Iamri, Ichas Hamid dan Tuti Istianti Ichas. 2006. Pengembangan Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Assegaf, ABD.Rachman. 2004. Pendidikan Tanpa Kekerasan Tipologi Kondisi, Kasus dan Konsep. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Azra, Azyumardi. 2003. Pendidikan Kwarganegaraan (Civic Education): Demokrasi Hak Asasi Manusia Masyarakat Madani. Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah bekerja sama dengan The Asia Foundation dan Preada Media.
Bungin, Burhan. 2006. Metode Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke
Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Diningsih, C. BU. 2005. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Kusumawati, Heny. 2017. Udara bersih bagi kesehatan: buku guru/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mamat. 2007. Pembelajaran Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam, Depag RI.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Taniredja, Tukiran, Isnarmi Muis dkk. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan paradigma Terbaru Untuk Mahasiswa. Bandung: Alfabeta.
Ubaedillah, A. 2015. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education)Pancasila, Demokrasi dan Pencegahan Korupsi. Jakarta: Prenada Media Group.
Winarno. 2012. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan Panduan Kuliah Di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Zuchdi, Darmiyati. 2009. Humanisasi Pendidikan Menemukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Al-Iamri, Ichas Hamid dan Tuti Istianti Ichas. 2006. Pengembangan Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Assegaf, ABD.Rachman. 2004. Pendidikan Tanpa Kekerasan Tipologi Kondisi, Kasus dan Konsep. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Azra, Azyumardi. 2003. Pendidikan Kwarganegaraan (Civic Education): Demokrasi Hak Asasi Manusia Masyarakat Madani. Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah bekerja sama dengan The Asia Foundation dan Preada Media.
Bungin, Burhan. 2006. Metode Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke
Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Diningsih, C. BU. 2005. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Kusumawati, Heny. 2017. Udara bersih bagi kesehatan: buku guru/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mamat. 2007. Pembelajaran Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam, Depag RI.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Taniredja, Tukiran, Isnarmi Muis dkk. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan paradigma Terbaru Untuk Mahasiswa. Bandung: Alfabeta.
Ubaedillah, A. 2015. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education)Pancasila, Demokrasi dan Pencegahan Korupsi. Jakarta: Prenada Media Group.
Winarno. 2012. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan Panduan Kuliah Di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Zuchdi, Darmiyati. 2009. Humanisasi Pendidikan Menemukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
2020-05-19
Cara Mengutip
Khafid, K. K. (2020). Urgentsitas Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pembelajarn Tematik Di Madrasah. Jurnal Penelitian Agama, 21(1), 65–75. Diambil dari https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/jpa/article/view/3613
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).