Peran Kognitif Taksonomi Bloom dalam Pengembangan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • LUMA'UL 'ADILAH HAYYA' HAYYA UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Abu Dharin UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Kata Kunci:

Critical Thinking, Cognitive, Elementary School, Bloom's Taxonomy

Abstrak

Abstract This research investigates the impact of implementing Bloom's Taxonomy on the development of critical thinking skills in elementary school students. Utilizing a qualitative method with an interpretative paradigm, this study focuses on three elementary schools: MI Ma'arif NU Penaruban, MI Ma'arif NU Karagedang 02, and MI Ma'arif NU Cipawon 1. Data was collected through in-depth interviews with teachers and direct classroom observations where Bloom's Taxonomy was implemented. The results show an improvement in student participation, deep understanding of concepts, analytical skills, information synthesis, argumentation skills, and information evaluation ability. The application of Bloom's Taxonomy significantly contributes to enhancing critical thinking skills in elementary school students. Keywords: Critical Thinking, Cognitive, Elementary School, and Bloom's Taxonomy

Referensi

Astuti, F. (2021). Analisis Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Revisi Pada Soal Ujian Sekolah Bahasa

Jawa. Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 9(1), 83–99.

Baquero, R. (1996). Vigotsky y el aprendizaje escolar (Vol. 4). Aique Buenos Aires.

Castorina, J. A., Ferreiro, E., de Oliveira, M. K., & Lerner, D. (1996). Piaget-Vigotsky: Contribuciones

para replantear el debate. Paidós México.

Dewey, J. (1974). John Dewey on education: Selected writings.

Fatmawati, S. (2013). Perumusan tujuan pembelajaran dan soal kognitif berorientasi pada

revisi taksonomi bloom dalam pembelajaran fisika. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan

Matematika, 1(2). https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/edusains/article/

view/13

Giani, G., Zulkardi, Z., & Hiltrimartin, C. (2015). Analisis tingkat kognitif soal-soal buku teks

matematika kelas VII berdasarkan taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2),

–98.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom–revisi ranah kognitif: Kerangka landasan

untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere educandum: jurnal pendidikan

dasar dan pembelajaran, 2(02). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/

view/50

Izabella, D. M., Purnamasari, V., & Darsimah, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Peserta

Didik Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Muatan Pembelajaran Bahasa

Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/

basicedu.v5i4.1104

Kartini, N. E., Nurdin, E. S., Hakam, K. A., & Syihabuddin, S. (2022). Telaah Revisi Teori Domain

Kognitif Taksonomi Bloom dan Keterkaitannya dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam.

Jurnal Basicedu, 6(4), 7292–7302.

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam

Pendidikan dan Pembelajaran. GHAITSA : Islamic Education Journal, 2(1), Article 1.

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika,

Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2), 151–172.

Nisa, A. Z., Pratiwi, O. N., & Fa’rifah, R. Y. (2023). Klasifikasi Soal Sejarah Tingkat SMA Berdasarkan

Level Kognitif Revised Bloom’s Taxonomy Menggunakan Metode Stochastic Gradient Descent.

eProceedings of Engineering, 10(2). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/

index.php/engineering/article/view/19941

Novitasari, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Materi

Analisis Real Berdasarkan Taksonomi Bloom Ditinjau Dari Ranah Kognitif. MAJU: Jurnal

Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2). https://media.neliti.com/media/publications/504952none-b03e0edf.pdf

Nurtamam, M. E., & Maynarani, N. (2019). Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal

Bangun Datar Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan

Matematika, 1(1), Article 1. http://research-report.umm.ac.id/index.php/semnasmat/

article/view/2901

Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018). Analisis hasil belajar siswa pada materi perbandingan

berdasarkan ranah kognitif revisi taksonomi bloom. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah

Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 81–88.

Piaget, J. (1981). La teoría de Piaget. Journal for the Study of Education and Development, 4(sup2),

–54. https://doi.org/10.1080/02103702.1981.10821902

Pramudia, R. G., Pratiwi, O. N., & Fa’rifah, R. Y. (2023). Klasifikasi Soal Sejarah Indonesia Tingkat

Sma Berdasarkan Level Kognitif Revised Bloom’s Taxonomy Menggunakan Naïve Bayes.

eProceedings of Engineering, 10(2). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/

index.php/engineering/article/view/19935

Ruwaida, H. (2019). Proses Kognitif dalam Taksonomi Bloom Revisi: Analisis Kemampuan Mencipta (C6) Pada Pembelajaran Fikih Di MI Miftahul Anwar Desa Banua Lawas. AlMadrasah: Jurnal

Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.35931/am.v4i1.168

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Widodo, S., & Katminingsih, Y. (2022). Analisis Tingkat Kognitif Kompetensi Dasar Kurikulum

Mata Pelajaran Matematika Wajib Kelas X SMA/MA Berdasarkan Taksonomi Bloom

Revisi Anderson. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 204–214.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

HAYYA, L. 'ADILAH H., & Dharin, A. (2023). Peran Kognitif Taksonomi Bloom dalam Pengembangan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. J-PGMI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(1), 73–83. Diambil dari https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/j-pgmi/article/view/9609

Terbitan

Bagian

Articles