Edutaintment dalam Pembelajaran IPS di MI Ya BAKII Kesugihan 01

Authors

  • Umi Martuti UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

Edutainment, pembelajaran IPS, Motivasi

Abstract

Penguasaan teknologi yang didapat guru saat Pandemi covid -19 dapat digunakan untuk melakukan pembelajaran yang lebih menyenangkan di era new normal. Pembelajaran IPS yang sering disampaikan dengan menggunaka metode konvensial membuat peserta didik kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Guru harus mampu memilih metode yang tepat agar wawasan berfikir siswa berkembang. Metode Edutainmen yang sudah ada sejak tahun 1980an menjadi alternatif utuk menyajikan pembelajaran yang efektif, kreatif , inovatif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Deskriptif Kualitatif melalui studi dokumen dan wawancara untuk menghasilkan narasi hasil penelitian. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa peran edutainment dalam pembelajaran IPS diantaranya adalah dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar, menigkatkan pemahaman konsep IPS, mendorong kreatifitas dan pemecahan masalah, meningkatkan partisipasi dan keterlibatan peserta didik, merangsang pemikiran kritis dan reflektif.    

References

Antonius. Buku Pedoman Guru. Bandung: Yama Widya, 2016.

Basuki, Nusarini, Bambang Dwiratno, Th Laksmi Widyarini, and Risa Septiana Yosy. “Ing Ngarsa

Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tutwuri Handayani Dalam Pendidikan Keluarga".

In Prosiding SENAPSI: Seminar Nasional Pengabdan Masyarakat Prodi Pendidikan Bahasa

Dan Sastra Indonesia, 1:20–28, 2022.

Chaerul Rochman, Heri Gunawan, and Irwan Kurniawan. Pengembangan Kompetensi Kepribadian

Guru: Menjadi Guru Yang Dicintai Dan Diteladani Oleh Siswa. Bandung: Nuansa Ceindeikia,

Divha, Muhammad. Guru Sejati Penjuang NKRI. Yogyakarta: Samudra Biru, 2022.

Djailani, Achmad. Pengantar Supervisi Pembelajaran Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Nas Media

Pustaka, 2023.

Febriana, Rina. Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Ghufron, Anik. “Pengembangan Pembelajaran Berbasis Nilai-Nilai Budaya Yogyakarta Di Sekolah

Dasar.” Cakrawala Pendidikan, no. 2 (2017): 81677.

JDH.RI. “Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 Tahun 2005 Standar Nasional Pendidikan”.

Peraturan.BPK.go.id, 2005. https://peraturan.bpk.go.id/Homei/Deitails/49369/pp-no-19tahun-2005.

———. “Peraturan Pemeirintah (PP) No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.”JDH

BPK RI, 2005. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/49369/pp-no-19tahun-2005.

Khoiri, Hoyyima. Jitu Dan Mudah Lulus Sertifikasi Guru. Kebumen: Bening Media Publishing,

Luthfi, Ahmad, Sri Kasnelly, and Abd Hamid. Metodologi Penelitian Ekonomi. Solok: Insan Cendekia Mandiri, 2022.

Musfah, Jejen. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Dan Sumber Belajar Teori Dan Praktik. Jakarta: Kencana, 2011.

Rahim, Fanny Rahmatina, Dea Stevani Suherman, and Murtiani . “Analisis Kompetensi Guru Dalam

Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Reivolusi Industri

0.” Jurnal Eiksakta Pendidikan (Jep) 3, no. 2 (2019): 133–41.

Rusydie, Salman. Tuntutan Menjadi Guru Favorit. Yogyakarta: Flash Book, 2012.

Saparuddin and Markas Iskandar. “Implementasi Kompetensi Sosial Guru Terhadap Motivasi

Belajar Siswa.” TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2016): 59–67.

Saryati. “Upaya Peiningkatan Kompeiteinsi Peidagogik Guru Sekolah Dasar.” JBMP:Jurnal Bahana

Manajemen Pendidikan 2, no. 1 (2014): 669–831.

SuMIarsi, Ninik. “Analisis Kompeiteinsi Peidagogik Dan Peingeimbangan Pembelajaran Guru SD

Neigeiri 041 Tarakan.” Jurnal Keibijakan Dan Peingeimbangan Pendidikan 3, no. 1 (2015).

Supardi. Kineirja Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Sutisna, Deini, and Arif Widodo. “Peran Kompeiteinsi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan

Eifeiktivitas Pembelajaran Daring.” Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 9, no. 2 (2020):

–64.

Suttrisno, Suttrisno, Nurul Mahruzah Yulia, and Deiwi Niswatul Fithriyah. “Mengembangkan

Kompeiteinsi Guru Dalam Meilaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era Meirdeika Belajar.”

ZAHRA: Reiseiarch and Tought Elementary School of Islam Journal 3, no. 1 (2022): 52–60.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Reimaja Rosdakarya,

Ulfah, AlMIra Keiumala, Ramadhan Razali, Habibur Rahman, Abd Ghofur, Umar Bukhory, Sri

Rizqi Wahyuningrum, Muhammad Yusup, Rita Indeirawati, and Faqihul Muqoddam. RAGAM

ANALISIS DATA Penelitian (Sastra, Riseit Dan Peingeimbangan). Madura: IAIN Madura Preiss,

Published

2023-11-13

How to Cite

Martuti, U. (2023). Edutaintment dalam Pembelajaran IPS di MI Ya BAKII Kesugihan 01. J-PGMI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 185–195. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/j-pgmi/article/view/9583

Issue

Section

Articles