Parenting Implementasi Pendidikan Keluarga (Studi fenomenologi di SDIT Harum Purbalingga)
Keywords:
Parenting, fenomenologi alfred schutz, Pendidikan dasarAbstract
Pendidikan dasar diproyeksikan guna pembentukan sikap yang utuh, mengasah skill pada anak serta memberikan pengalaman-pengalaman yang mendidik yang akan digunakan untuk berkehidupan di tengah-tengah masyarakat dan mempersiapkan diri menjalani Pendidikan menengah. Melalui Pendidikan keluarga, maka perlunya ekosistem Pendidikan yang baik sehingga dapat seimbang. Fokus penelitian ini adalah menjelaskan kegiatan Parenting sebagai praktik Pendidikan keluarga. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Alfred Schutz. Penelitian ini dilakukan di SDIT Harapan Ummat Purbalingga. Subyek penelitian ini adalah orantua dari anak SDIT yang dipilih secara snowball berdasarkan orangtua yang aktif mengikuti kegiatan. Adapaun Teknik pengumpulan data menggunakan pengumpulan data primer dan sekunder, dengan dilakukan observasi partisipasi dan wawancara, sekunder dengan telaah dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa orangtua yang aktif mengikuti kegiatan Parenting bisa mendidik anak dengan baik dirumah dan terelasi dengan Pendidikan di sekolah. Relasi kegiatan Parenting sebagai implementasi Pendidikan keluarga merupakan sebuah tujuan utama antara guru, Lembaga dan orang tua serta anak-anak untuk menciptakan Pendidikan terelasi satu sama lain. Kegiatan yang dilakukan seperti: 1) Pertemuan tiap bulan, 2) Kajian Gerakan Orang Tua Mengaji (GOTM), 3) informasi dari pihak sekolah (Peraturan, Kesepakatan, Pengaturan Kegiatan) dan 4) Layanan Bimbingan Konseling Sekolah. Yang menjadi sebab (because of motive) yaitu 1) Minimnya pengetahuan orang tua terhadap Pendidikan keluarga dan 2) pertemanan antara hubungan sekolah dengan keluarga. Yang menjadi tujuan (in order to motive) yaitu 1) Anak bisa membaca dan menghafal al-qur`an serta 2) Memiliki moral yang baik untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.References
Ningsih, Dr. Tutuk. 2021. "Pendidikan Karakter Teori & Praktik". (Purwokerto : Rumah Kreatif Wadas Kelir).
Adiansah, Rofik. Wawancara dengan Wali Murid SDIT Harapan Ummat Purbalingga, September 2022.
Basrowi, dan Sukidin. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Jakarta: Erlangga, 2003.
Fauzi. Menguatkan Peran Keluarga dalam Ekosistem Pendidikan. Pertama. Purwokerto: STAIN Press, 2021.
Handayani, Rekno, Imaniar Purbasari, dan Deka Setiawan. “TIPE-TIPE POLA ASUH DALAM PENDIDIKAN KELUARGA.” Refleksi Edukatika 11 Nomor 1, no. Jurnal Ilmiah Kependidikan (Desember 2020).
Hardiman, F Budi. Melampaui Positivisme dan Modernitas. Yogyakarta: Kanisius, 2003.
Hasbiansyah, O. “Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi.” Jurnal Mediator Volume 9 No. 1 (2008).
Mulyana, Deddy. Filsafat Komunikasi Tradisi dan Metode Fenomenologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
———. Metodologi Penelitian Kualitatif paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.
Nur Mauanah, Siti, dan Agus Suprijono. “Parenting Education Sebagai Pendidikan Keluarga (Motiv Keterlibatan Orang Tua dalam Parenting Education).” UNESA Volume 04 Nomer 01, no. Paradigma (2016).
Ritzer, George, dan Goodman J. Douglas. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana, 2007.
Shocib, Moh. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Cetakan Ke-21. Bandung: ALFABETA, 2015.
Zeitlin, Muhammad. Memahami Kembali Sosiologi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naufal Abdul Azis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.