Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan saat SFH (Study Frome Home) di Masa Pandemi COVID 19
Keywords:
Strategi, Gaya Kepemimpinan, KependidikanAbstract
Kepemimpinan dalam pendidikan menjadi kunci dalam pelaksanaan pendidikan yang efektif. Pemilihan gaya kepemimpinan yang tepat oleh kepala sekolah akan mampu membawa sekolah kearah peningkatan kualitas dan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menganalisis mengenai gaya kepemimpinan yang digunakan dalam upaya meningkatkan kinerja tenaga kependidikan; (2) menjabarkan strategi yang digunakan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja tenaga kependidikan saat SFH . Penelitian ini menggunakan metode deskripsi penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah gaya kepimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah SDN Yosorejo 2 Kota Pekalongan adalah gaya kepemimpinan demokratis. Selanjutnya strategi yang diterapkan dalam meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan ada 5 strategi terdiri dari ; (1) mengikutsertakan guru dan staf sekolah dalam pelatihan yang dilaksanakan oleh yayasan dan dinas terkait, (2) memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan metode pembelajaran dikelas, (3) melaksanakan supervisi atau pengamatan kelas saat guru mengajar, (4) melaksanakan evaluasi kinerja guru, tenaga kependidikan, dan staf sekolah, dan (5) memberikan reward atau penghargaan kepada guru dan staf.References
Baihaqi, Muhammad Iqbal. (2015). “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di MA Ma’arif Selorejo Blitarâ€, Jurnal Konstruktivisme, Vol. 7, No. 2, hal. 97-106.
Danim, Sudarwan. (2012). Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Fajriani, Yuyun, dkk. (2013). “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Etos Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru (Studi Pada Al-Azhar Syifa Budi Solo)â€, Jurnal Pendidikan UNS, Vol. 1, No. 1, hal. 1-11.
Gusman, Hagi Eka. (2014). “Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru Di SMP N Kecamatan Palembayan Kabupaten Agamâ€, Jurnal Administasi Pendidikan, Vol. 2, No. 1, hal. 293-831.
Handayani, Titik & Rasyid, Aliyah A. (2015). “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Wonosoboâ€, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, p-ISSN: 2337-7895, Vol. 3, No. 2, hal. 264-277.
Indrafachrudi, S. (2006). Bagaimana Memimpin Sekolah yang Efektif. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kusmintardjo. (2003). Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kienrja Guru Studi Multi Kasus Pada Dua SMU Di Kota Malang. Disertasi tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Kurniawati, Luthfiyah. (2019). “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di SD Djama’atul Ichwan Surakartaâ€, Jurnal Pendidikan IPS, Vol. 9, No. 2, hal. 131-140.
Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Northouse, Peter G. (2013). Kepemimpinan Teori dan Praktik. Edisi Keenam. Jakarta : Indeks.
Nurbaya, Siti, dkk. (2015). “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SD Negeri Lambaro Anganâ€, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 3, No. 2, hal. 116-127.
Pranosa, Ahmad Gawdy, dkk. (2018). “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Keterampilan Berkomunikasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guruâ€, Journal of Administration and Educational Management, Vol. 1, No. 2, hal. 63-74.
Putra Rustamaji, Army Cahaya, dkk. (2017). “Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kinerja Guru SMK Swasta di Jakarta Timurâ€, Jurnal Pendidikan Ekonomi & Bisnis, Vol. 5, No. 2, hal. 148-161.
Putu Gunawa, Putu. (2012). “Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pelaksanaan Supervisi Pengajaran, Tingkat Kematangan Guru, Terhadap Kinerja Guru Pada SMA N di Kabupaten Gianyarâ€, Tesis : Program Studi Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Octavia, Lilis Suryani & Savira, Siti Ina. (2016). “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Dan Tenaga Kependidikanâ€, Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, Vol. 1, No. 1, hal. 7-14.
Rohmat. (2010). Kepemimpinan Pendidikan Konsep Dan Aplikasi. Purwokerto: STAIN Press.
Rosyidi, Yogi Irfan & Pardjono. (2015). “Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP 1 Cilawu Garutâ€, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, p-ISSN: 2337-7895, Vol. 3, No. 1, hal. 124-133.
Setiyati, Sri. (2014). “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guruâ€, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 22, No. 2, hal. 200-207.
Sudharta, Vonny Angeli, dkk. (2016). “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Perspektif Psikologiâ€, Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, Vol. 1, No. 3, hal. 208-217.
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Pendidikan Melalui Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,Cet. ke27, Bandung : Alfabeta.
Sukiyanto, Tsalitsatul Maulidah. (2020). “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Guru Dan Karyawanâ€, Jurnal Pendidikan Edutama, Vol. 7, No. 1, hal. 127-142.
Sulistiyani, A. T. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Usman, Husaini, dan Akbar, Purnomo Setiady. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Husaini. 2014. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Edisi Keempat. Jakarta: Bumi Aksara.
Zuryati, dkk. (2015). “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SDN 7 Muara Dua Lhoksuemaweâ€, Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, ISSN: 2302-0156, Vol. 3, No. 2, hal. 38-48.
Danim, Sudarwan. (2012). Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Fajriani, Yuyun, dkk. (2013). “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Etos Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru (Studi Pada Al-Azhar Syifa Budi Solo)â€, Jurnal Pendidikan UNS, Vol. 1, No. 1, hal. 1-11.
Gusman, Hagi Eka. (2014). “Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru Di SMP N Kecamatan Palembayan Kabupaten Agamâ€, Jurnal Administasi Pendidikan, Vol. 2, No. 1, hal. 293-831.
Handayani, Titik & Rasyid, Aliyah A. (2015). “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Wonosoboâ€, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, p-ISSN: 2337-7895, Vol. 3, No. 2, hal. 264-277.
Indrafachrudi, S. (2006). Bagaimana Memimpin Sekolah yang Efektif. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kusmintardjo. (2003). Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kienrja Guru Studi Multi Kasus Pada Dua SMU Di Kota Malang. Disertasi tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Kurniawati, Luthfiyah. (2019). “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di SD Djama’atul Ichwan Surakartaâ€, Jurnal Pendidikan IPS, Vol. 9, No. 2, hal. 131-140.
Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Northouse, Peter G. (2013). Kepemimpinan Teori dan Praktik. Edisi Keenam. Jakarta : Indeks.
Nurbaya, Siti, dkk. (2015). “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SD Negeri Lambaro Anganâ€, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 3, No. 2, hal. 116-127.
Pranosa, Ahmad Gawdy, dkk. (2018). “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Keterampilan Berkomunikasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guruâ€, Journal of Administration and Educational Management, Vol. 1, No. 2, hal. 63-74.
Putra Rustamaji, Army Cahaya, dkk. (2017). “Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kinerja Guru SMK Swasta di Jakarta Timurâ€, Jurnal Pendidikan Ekonomi & Bisnis, Vol. 5, No. 2, hal. 148-161.
Putu Gunawa, Putu. (2012). “Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pelaksanaan Supervisi Pengajaran, Tingkat Kematangan Guru, Terhadap Kinerja Guru Pada SMA N di Kabupaten Gianyarâ€, Tesis : Program Studi Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Octavia, Lilis Suryani & Savira, Siti Ina. (2016). “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Dan Tenaga Kependidikanâ€, Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, Vol. 1, No. 1, hal. 7-14.
Rohmat. (2010). Kepemimpinan Pendidikan Konsep Dan Aplikasi. Purwokerto: STAIN Press.
Rosyidi, Yogi Irfan & Pardjono. (2015). “Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP 1 Cilawu Garutâ€, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, p-ISSN: 2337-7895, Vol. 3, No. 1, hal. 124-133.
Setiyati, Sri. (2014). “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guruâ€, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 22, No. 2, hal. 200-207.
Sudharta, Vonny Angeli, dkk. (2016). “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Perspektif Psikologiâ€, Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, Vol. 1, No. 3, hal. 208-217.
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Pendidikan Melalui Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,Cet. ke27, Bandung : Alfabeta.
Sukiyanto, Tsalitsatul Maulidah. (2020). “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Guru Dan Karyawanâ€, Jurnal Pendidikan Edutama, Vol. 7, No. 1, hal. 127-142.
Sulistiyani, A. T. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Usman, Husaini, dan Akbar, Purnomo Setiady. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Husaini. 2014. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Edisi Keempat. Jakarta: Bumi Aksara.
Zuryati, dkk. (2015). “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SDN 7 Muara Dua Lhoksuemaweâ€, Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, ISSN: 2302-0156, Vol. 3, No. 2, hal. 38-48.
Downloads
Published
2021-01-26
How to Cite
Fadhilla, A. R. (2021). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan saat SFH (Study Frome Home) di Masa Pandemi COVID 19. J-PGMI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 1–13. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/j-pgmi/article/view/4376
Issue
Section
Articles