Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan saat SFH (Study Frome Home) di Masa Pandemi COVID 19

  • Aisya Rahma Fadhilla UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords:
Strategi, Gaya Kepemimpinan, Kependidikan

Abstract


Kepemimpinan dalam pendidikan menjadi kunci dalam pelaksanaan pendidikan yang efektif. Pemilihan gaya kepemimpinan yang tepat oleh kepala sekolah akan mampu membawa sekolah kearah peningkatan kualitas dan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menganalisis mengenai gaya kepemimpinan yang digunakan dalam upaya meningkatkan kinerja tenaga kependidikan; (2) menjabarkan strategi yang digunakan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja tenaga kependidikan saat SFH . Penelitian ini menggunakan metode deskripsi penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah gaya kepimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah SDN Yosorejo 2 Kota Pekalongan adalah gaya kepemimpinan demokratis. Selanjutnya strategi yang diterapkan dalam meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan ada 5 strategi terdiri dari ; (1) mengikutsertakan guru dan staf sekolah dalam pelatihan yang dilaksanakan oleh yayasan dan dinas terkait, (2) memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan metode pembelajaran dikelas, (3) melaksanakan supervisi atau pengamatan kelas saat guru mengajar, (4) melaksanakan evaluasi kinerja guru, tenaga kependidikan, dan staf sekolah, dan (5) memberikan reward atau penghargaan kepada guru dan staf.

References

Baihaqi, Muhammad Iqbal. (2015). “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di MA Ma’arif Selorejo Blitar”, Jurnal Konstruktivisme, Vol. 7, No. 2, hal. 97-106.
Danim, Sudarwan. (2012). Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Fajriani, Yuyun, dkk. (2013). “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Etos Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru (Studi Pada Al-Azhar Syifa Budi Solo)”, Jurnal Pendidikan UNS, Vol. 1, No. 1, hal. 1-11.
Gusman, Hagi Eka. (2014). “Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru Di SMP N Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam”, Jurnal Administasi Pendidikan, Vol. 2, No. 1, hal. 293-831.
Handayani, Titik & Rasyid, Aliyah A. (2015). “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Wonosobo”, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, p-ISSN: 2337-7895, Vol. 3, No. 2, hal. 264-277.
Indrafachrudi, S. (2006). Bagaimana Memimpin Sekolah yang Efektif. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kusmintardjo. (2003). Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kienrja Guru Studi Multi Kasus Pada Dua SMU Di Kota Malang. Disertasi tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Kurniawati, Luthfiyah. (2019). “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pemberdayaan Sumber Daya Manusia di SD Djama’atul Ichwan Surakarta”, Jurnal Pendidikan IPS, Vol. 9, No. 2, hal. 131-140.
Mulyasa, E. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Northouse, Peter G. (2013). Kepemimpinan Teori dan Praktik. Edisi Keenam. Jakarta : Indeks.
Nurbaya, Siti, dkk. (2015). “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SD Negeri Lambaro Angan”, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 3, No. 2, hal. 116-127.
Pranosa, Ahmad Gawdy, dkk. (2018). “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Keterampilan Berkomunikasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru”, Journal of Administration and Educational Management, Vol. 1, No. 2, hal. 63-74.
Putra Rustamaji, Army Cahaya, dkk. (2017). “Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Kinerja Guru SMK Swasta di Jakarta Timur”, Jurnal Pendidikan Ekonomi & Bisnis, Vol. 5, No. 2, hal. 148-161.
Putu Gunawa, Putu. (2012). “Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pelaksanaan Supervisi Pengajaran, Tingkat Kematangan Guru, Terhadap Kinerja Guru Pada SMA N di Kabupaten Gianyar”, Tesis : Program Studi Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Octavia, Lilis Suryani & Savira, Siti Ina. (2016). “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Dan Tenaga Kependidikan”, Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, Vol. 1, No. 1, hal. 7-14.
Rohmat. (2010). Kepemimpinan Pendidikan Konsep Dan Aplikasi. Purwokerto: STAIN Press.
Rosyidi, Yogi Irfan & Pardjono. (2015). “Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP 1 Cilawu Garut”, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, p-ISSN: 2337-7895, Vol. 3, No. 1, hal. 124-133.
Setiyati, Sri. (2014). “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru”, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 22, No. 2, hal. 200-207.
Sudharta, Vonny Angeli, dkk. (2016). “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Perspektif Psikologi”, Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, Vol. 1, No. 3, hal. 208-217.
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Pendidikan Melalui Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,Cet. ke27, Bandung : Alfabeta.
Sukiyanto, Tsalitsatul Maulidah. (2020). “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Guru Dan Karyawan”, Jurnal Pendidikan Edutama, Vol. 7, No. 1, hal. 127-142.
Sulistiyani, A. T. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Usman, Husaini, dan Akbar, Purnomo Setiady. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Husaini. 2014. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Edisi Keempat. Jakarta: Bumi Aksara.
Zuryati, dkk. (2015). “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SDN 7 Muara Dua Lhoksuemawe”, Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, ISSN: 2302-0156, Vol. 3, No. 2, hal. 38-48.
Published
2021-01-26
How to Cite
Fadhilla, A. (2021). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan saat SFH (Study Frome Home) di Masa Pandemi COVID 19. J-PGMI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 1-13. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/j-pgmi/article/view/4376
Section
Articles
Abstract viewed = 1170 times
PDF downloaded = 1000 times