Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD: Implementasi pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Dewi Ariyani IAIN Purwokerto
  • Anggita Gustin Nur Rokhmah

Keywords:

model pembelajaran kooperatif, STAD, pembelajaran tematik, sekolah dasar

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Keberhasilan mencapai tujuan pembelajaran membutuhkan dukungan dari berbagai macam aspek, salah satunya terkait dengan pemilihan dan penggunaan model pembelajaran. Pembelajaran di kelas rendah sekolah dasar, mempunyai karakteristik khusus berupa pembelajaran tematik. Keterkaitan antar muatan pelajaran memerlukan perencanaan matang disesuaikan dengan karakteristik anak di kelas rendah. Guru sebagai pengelola pembelajaran mempunyai tanggung jawab dalam merancang pembelajaran yang efektif. Salah satu model yang mengoptimalkan kegiatan proses dan hasil pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement  Division). Tujuan dari tulisan adalah untuk menganalisis kegiatan pembelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran STAD di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (sekolah dasar). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji reliabilitas data dilakukan dengan menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelaran kooperatif tipe STAD dapat diimplementasikan pada kelas rendah tingkat sekolah dasar. Rangkaian proses pembelajaran terdiri dari tahap persiapan dalam merencanakan proses pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran, dan tahap evaluasi pembelajaran. Tahap perencanaan dilakukan dengan menyusun RPP, media dan sumber belajar yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik, siswa yang dihadapi, dan prinsip-prinsip model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tahap pelaksanaan pembelajaran terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup sesuai dengan rangkaian yang terdapat dalam perencanaan. Tahap evaluasi terdiri dari penilaian hasil diskusi, penilaian individu melalui kuis, dan menganalisisnya menjadi penilaian kelompok. Guru memberikan apresiasi berdasarkan pencapaian skor perkembangan dari kelompok masing-masing.  

References

Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi Model Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 16. https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.2
Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hirmanudin, H. (2015). Penerapan Metode Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 3 Simeulue Barat. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(2), 293–308.
Isjoni. (2011). Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Mudyahardjo, R. (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Puan, F. (2017). Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Strategi Belajar Model Jigsaw Terhadap Mata Pelajaran Alquran Hadis Di MAS Swasta YMPI Sei Tualang Raso Tanjungbalai. Edu Riligia, 1(3), 419–443.
Rusman. (2012). Model-model pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sjafei, I. (2018). Kompetensi Sosial dalam Pebelajaran Kooperatif Bagi Mahasiswa LPTK. Ikraith-Humaniora, 2(Membangun ekosistem informatika, teknologi dan humaniora yang berkelanjutan dan berbasis budaya nasional.), 116–121.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sunhaji. (2009). Strategi Pembelajaran Konsep Dasar, Metode, dan Aplikasi dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Grafindo.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progesif. Surabaya: Kencana.
Zuhriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-01-24

How to Cite

Ariyani, D., & Nur Rokhmah, A. G. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD: Implementasi pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah. J-PGMI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 31–42. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/j-pgmi/article/view/4336

Issue

Section

Articles