Program Bimbingan Belajar AIUEO Kebanggan untuk Membantu Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa

Penulis

  • Faza Asyidda Fillah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Lina Muslimah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Lutfia Khoerunnisa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Kata Kunci:

Bimbingan Belajar, Program Bimbingan Belajar, Kemandirian Belajar Siswa

Abstrak

Kemandirian siswa dalam belajar merupakan faktor urgen dalam mencapai hasilbelajar yang optimal. Di era modern, kebutuhan akan belajar mandiri semakinmeningkat, sehingga program bimbingan belajar harus dipetakan untuk membantusiswa mengembangkan kemampuan itu. Mencari tahu seberapa baik programbimbingan belajar untuk membuat siswa lebih mandiri dalam belajar adalahtujuan utama dari penelitian ini. Penelitian kualitatif di lapangan menggambarkanpenelitian ini. Metode seperti dokumentasi, wawancara, dan observasi digunakanuntuk mengumpulkan data. Temuan dari program AIUEO biMBA menunjukkanbahwa program ini berhasil membangkitkan rasa ingin tahu dan antusiasmemembaca dan belajar pada anak-anak berusia tiga hingga enam tahun. Untukmembuat pembelajaran lebih mudah dan menyenangkan bagi anak-anak, programini disusun berdasarkan kebutuhan dan sifat masing-masing.

Referensi

Alika, S. D. (2020). Implementasi Manajemen Dan Supervisi pada Lembaga Bimbingan Belajar.

Jurnal Manajemen & Supervisi Pendidikan, 4(2).

E, N. (2018). Gambaran Kinerja Pendidik di Bimbingan Minat Baca dan Belajar (BIMBA) AIUEO

Kota Padang. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2).

F.H.A, A. (2018). Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Yang Mengikuti Di Lembaga Bimbel Dengan

Siswa Yang Mengikuti Les Pada Guru Private Siswa Kelas V Sd Gugus 2 Cakranegara Kota

Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018.

Gusnita,Melisa, H. D. (2021). Kemandirian Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif

Think Pair Square (TPSq). Jurnal BSIS, Vol.3.

Heru Sriyono. (2016). Program Bimbingan Belajar untuk membantu meningkatkan Kemandirian

Siswa. SOSIO-E-KONS, Vol.8.

Pangestu, F. G., Suri, G. E., Fitri, M., Dewi, P. A., & Widjayatri, R. D. (2022). Strategi Pembelajaran Fun

Learning Di Bimba Aiueo Di Kota Cilegon. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI),

(1), 8. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v5i1.991

Prayuda, Thomas, B. (2014). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada

Mata Pelajaran Ekonomi di SMA.

S. Faisal. (2012). Format-Format Penelitian Sosial. Rajawali Press.

Setiawan, R. (2020). Peran Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan

Membaca Studi Kasus Pada BIMBA AIUEO Pamulang. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 7(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&d. 274.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. 73.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-01

Cara Mengutip

Fillah, F. A., Muslimah, L., & Khoerunnisa, L. (2025). Program Bimbingan Belajar AIUEO Kebanggan untuk Membantu Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. J-PGMI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(1), 41–46. Diambil dari https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/j-pgmi/article/view/12920

Terbitan

Bagian

Articles