Program Bimbingan Belajar AIUEO Kebanggan untuk Membantu Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa
Kata Kunci:
Bimbingan Belajar, Program Bimbingan Belajar, Kemandirian Belajar SiswaAbstrak
Kemandirian siswa dalam belajar merupakan faktor urgen dalam mencapai hasilbelajar yang optimal. Di era modern, kebutuhan akan belajar mandiri semakinmeningkat, sehingga program bimbingan belajar harus dipetakan untuk membantusiswa mengembangkan kemampuan itu. Mencari tahu seberapa baik programbimbingan belajar untuk membuat siswa lebih mandiri dalam belajar adalahtujuan utama dari penelitian ini. Penelitian kualitatif di lapangan menggambarkanpenelitian ini. Metode seperti dokumentasi, wawancara, dan observasi digunakanuntuk mengumpulkan data. Temuan dari program AIUEO biMBA menunjukkanbahwa program ini berhasil membangkitkan rasa ingin tahu dan antusiasmemembaca dan belajar pada anak-anak berusia tiga hingga enam tahun. Untukmembuat pembelajaran lebih mudah dan menyenangkan bagi anak-anak, programini disusun berdasarkan kebutuhan dan sifat masing-masing.Referensi
Alika, S. D. (2020). Implementasi Manajemen Dan Supervisi pada Lembaga Bimbingan Belajar.
Jurnal Manajemen & Supervisi Pendidikan, 4(2).
E, N. (2018). Gambaran Kinerja Pendidik di Bimbingan Minat Baca dan Belajar (BIMBA) AIUEO
Kota Padang. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2).
F.H.A, A. (2018). Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Yang Mengikuti Di Lembaga Bimbel Dengan
Siswa Yang Mengikuti Les Pada Guru Private Siswa Kelas V Sd Gugus 2 Cakranegara Kota
Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018.
Gusnita,Melisa, H. D. (2021). Kemandirian Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif
Think Pair Square (TPSq). Jurnal BSIS, Vol.3.
Heru Sriyono. (2016). Program Bimbingan Belajar untuk membantu meningkatkan Kemandirian
Siswa. SOSIO-E-KONS, Vol.8.
Pangestu, F. G., Suri, G. E., Fitri, M., Dewi, P. A., & Widjayatri, R. D. (2022). Strategi Pembelajaran Fun
Learning Di Bimba Aiueo Di Kota Cilegon. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI),
(1), 8. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v5i1.991
Prayuda, Thomas, B. (2014). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada
Mata Pelajaran Ekonomi di SMA.
S. Faisal. (2012). Format-Format Penelitian Sosial. Rajawali Press.
Setiawan, R. (2020). Peran Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan
Membaca Studi Kasus Pada BIMBA AIUEO Pamulang. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 7(2).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&d. 274.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. 73.