Implementasi Pelayanan Sosial Berbasis Digital Terhadap Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial Di Lembaga Rehabilitasi Sosial
Keywords:
Social Welfare Services, Social Workers, DigitalizationAbstract
Dinamika permasalahan sosial di Indonesia masih menjadi permasalahan yang merujuk padakondisi yang melatarbelakangi keadaan disfungsi sosial. Salah satu individu atau kelompok yangtermasuk ke dalam kategori tersebut adalah lansia. Lansia memerlukan pelayanan sosial yangtepat dengan memerhatikan kondisi fisiknya. Karenanya, keterlibatan lembaga rehabilitasi sosial sangat diperlukan bagi lansia yang terlantar. Peran pekerja sosial dalam menangani sertamembantu lansia untuk mendapatkan pelayanan sosial yang diperlukan kompleks, dalam tahapan pelayanan sosial di panti pelayanan sosial lanjut usia pun berbeda dengan panti sosial lainnya, karena memerlukan pendekatan yang jauh lebih persuasif. Selain itu, pekerja sosial jugaberkompetensi dalam bidang pekerjaan lainnya, yakni kompetensi dalam ranah implementasipelayanan sosial berbasis digital. Salah satu bentuk implementasi pelayanan sosial berbasis digital adalah Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Dinas Provinsi Jawa Tengah (SIKSDJ). SIKSDJdimanfaatkan pada lembaga rehabilitasi pelayanan sosial untuk mengintegrasikan data pantisosial. Keberadaan sistem SIKSDJ dapat dimanfaatkan untuk mengefisiensikan peran pekerja sosial yang begitu banyak. Keberadaan digitalisasi pelayanan sosial tentu saja dapat memudahkanpendataan yang selanjutnya diintegrasikan sebagai basis data terpadu dalam menentukan arahpelayanan sosial yang dibutuhkan ke depannya di mana pada tujuan utama pelayanan sosial adalah memberikan layanan yang terbaik.References
Arsianti, F., & Rosmana, N. A. (2013). Repre¬sentasi Perempuan Agung Nurrahman, d. (2021). Pemanfaatan Website Sebagai Bentuk Digitalisaasi Pelayanan Publik Di Kabupaten Garut. Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan, Vol.3, No. 1, Hlm. 78-93.
Bahagia, A. I. (2021). Pengaruh Digitalisasi Pelayanan Publik terhadap Kinerja Pegawai Pada Masa Pandemi di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3, No. 6, Hlm. 5231-5239.
Handayani, P. d. (2020). Pemanfaatan Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Dan Jaminan Sosial (SIKSDJ) Sebagai Alat Bantu Pelayanan Sosial. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, Vol. 8, No. 1, Hlm. 1-12.
Hulu, P. M. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Pelayanan Sosial Dan Pembinaan Terhadap Perilaku Anak Asuh. Jurnal Governece Opinin, Vol. 4, No. 1, Hlm. 67-84.
Nurmala, N. (2020). Analisis Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Publik Terhadap Kinerja Pelayanan Publik di Dinas Sosial Kabupaten Cirebon. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, Vol. 4, No. 2, Hlm. 143-152.
M. Irhash Erlangga, d. (2022). Penerapan Rekayasa Teknologi DTS Therapy Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Lanjut Usia. Jurnal Ilmiah Rehabilitasi Sosial , Vol. 4, NO. 2.
Mayangsari, A. R. (2022). Peran Pekerja Sosial Koreksional Dalam Rehabilitasi Dan Reintegrasi Sosial Anak Berhadapan Dengan Hukum Di LKSA Bengkel Jiwa Kabupaten Jember. Wahyuni Mayangsari, Vol. 4, No. 1, Hlm. 85-89.
Purwanto, A. (2019). Analisis Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Publik Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Cilacap Selatan. Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 7, No. 1, Hlm. 34-44.
Pertiwi, F. d. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Publik (SIMPP) pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Surabaya. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, Vol. 10, No. 1, Hlm. 80-88.
Prayitno, d. (2019). Efektivitas Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Sosial Di Indonesia. Jurnal Sosial Humaniora, Vol. 12, No. 2, Hlm. 115-124.
Purnama, A. D. (2018). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Publik dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Kota Surakarta. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, Vol. 4, No. 2, Hlm. 147153.
Ramadhan, d. I. (2021). Peran Sistem Informasi Manajemen Terhadap Kualitas Pelayanan Sosial Di Panti Sosial Tresna Werdha Pekanbaru. Jurnal Sosial Humaniora, 14(2), 165-175, Vol. 14, No.2, Hlm. 165-175.
Rachmat, R. d. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Publik Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, Vol. 7, No. 1, Hlm. 31-39.
Susanto, H. d. (2019). Strategi Digitalisasi Pelayanan Publik melalui Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Publik (SIMPeP) di Kabupaten Purworejo. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 4, No. 2, Hlm. 141-150.
Yusuf, A. M. (2019). Implementasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Dan Jaminan Sosial (SIKSDJ) Sebagai Solusi Permasalahan Pelayanan Sosial Di Indonesia. Jurnal Sistem Informasi, Vol. 15, No. 1, Hlm. 1-10.
Ani Yunaningsih, d. (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan Publik Melalui Digitalisasi. Jurnal Altasia, Vol. 3 No. 1.
Fitriani Nur Damayanti, A. K. (2020). Ethical and Legal Issues in the Use of Online Based Health Services. Journal of Health Law, Vol. 6 (1) Juni 2020.
Supriadi. (2015). Lanjut Usia dan Peermasalahannya. Jurnal PPKn dan Hukum, Vol. 10 No. 2.
dalam Majalah Lifestyle (Analisis Isi Majalah Cosmo¬politan Periode 2003-2005). Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 17(1), 39–74.
Astuti, Y. D. (2016). Media dan Gender (Studi Deskriptif Representasi Stereotipe Pe-rempuan dalam Iklan di Televisi Swasta ). Profetik Jurnal Komunikasi, 9(2), 25–32. https://doi.org/10.14421/pjk.v9i2.1205
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anas Azhimi Qalban, Agil Satrio Negoro
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.