Kebijakan dan Implementasi Manajemen Pembiayaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.24090/icms.2016.2409Keywords:
kebijakan, pembiayaan, mutu pendidikan, sekolahAbstract
Kebijakan selalu dikaitkan dengan publik. Kebijakan Publik (Inggris: Public Policy) merupakan keputusan-keputusan yang mengikat bagi orang banyak pada tataran strategis atau bersifat garis besar yang di buat oleh pemegang otoritas publik.Sedangkan manajemen merupakan keseluruhan proses untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai suatu tujuan bersama yang telah ditentukan atau diputuskan sebelumnya. Jadi manajemen merupakan alat pelaksana organisasi. Pembiayaan pendidikan secara sederhana dapat diartikan sebagai ongkos yang harus tersedia dan diperlukan dalam menyelenggarakan pendidikan dalam rangka mencapai visi, misi, tujuan, sasaran, dan strategisnya.Pembiayaan pendidikan tersebut diperlukan untuk pengadaan gedung, infrastruktur dan peralatan belajar mengajar, gaji guru, gaji karyawan dan sebagainya.Oleh sebab itu, dalam meningkatkan mutu pendidikan perlu adanya perbaikan mutu berkelanjutan (Continuos quality improvement), itu merupakan suatu formula atau pendekatan yang seharusnya menjadi salah satu paradigma Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Melalui pendekatan perbaikan mutu berkelanjutan di harapkan dapat mengatasi masalah rendahnya mutu pendidikan yang tidak hanya mengandalakan pendekatan yang bersifat konvensional,melainkan di butuhkan suatu pendekatan dalam rangka optimalisasi sumber daya dan sumber dana.Hal itu dimaksudkan untuk mencapai sasaran secara efektif,efisien,kreatif dan inovatif yang berorientasi kepada peningkatan mutu (kualitas).Arah pendekatan perbaikan mutu menggiring sekolah untuk mengenal dan mengimplementasikan Total Quality Management (TQM). TQM merupakan manajemen mutu terpadu yang dilakukan oleh setiap tingkatan manajemen dan bagian dalam sistem kelembagaan/organisasi dengan tujuan memberikan pelayanan yang memuaskan terhadap pelanggan/pemakai (customer).maka setiap sekolah harus mengoptimalisasikan manajemen untuk meningkatkan mutu.Empat hal yang merupakan cakupan keberhasilan manajemen sekolah, yaitu: (1).Siswa puas dengan layanan sekolah, (2).Orang tua siswa merasa puas dengan layanan terhadap anaknya, (3).Pihak pemakai lulusan puas karena menerima lulusan dengan kualitastinggi dan sesuai harapan.(4).Guru dan karyawan puas dengan layanan sekolah dalam bentuk: pembagian kerja, hubungan dan komunikasi antar guru/pimpinan,karyawan, gaji/honor yang diterima dan pelayanan.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2019-03-25
How to Cite
Winarsih, S. (2019). Kebijakan dan Implementasi Manajemen Pembiayaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah. International Conference of Moslem Society, 1, 124–135. https://doi.org/10.24090/icms.2016.2409
Conference Proceedings Volume
Section
ICMS 2016
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).