Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.24090/icms.2018.1864Keywords:
gaya kepemimpinan, kinerja, guruAbstract
Kepemimpinan merupakan aktivitas manajerial yang penting di dalam setiap organisasi khususnya dalam pengambilan kebijakan dan keputusan. Pemimpin adalah seseorang yang berada dalam kelompok, sebagai pemberi tugas atau sebagai pengarah dan mengkondisikan kegiatan kelompok yang relevan, dan sebagai penanggung jawab utama serta bisa memberi contoh baik dalam kedinasan maupun dalam kehidupan sehari-hari sehingga organisasi menjadi kondusif. Ada dua hal yang mengarakterisasi pemimpin dalam melaksanakan tugasnya,yaitu “keterbukaan dan mau melayaniâ€. Pemimpin harus bisa memberikan teladan yang baik dari orang-orang yang dipimpin dan menempatkan personalia dalam organisasi sesuai dengan bidangnya.Untuk melakukannya, di butuhkan tidak hanya kemampuan untuk memanfaatkan sumber yang ada untuk mencapai sasaran, tapi juga kapasitas untuk mengembangkan kepercayaan dan di butuhkan SDM yang tinggi dan “diperdayakannyaâ€. Seorang pemimpin juga harus bisa “ memanusia kan manusia†tidak boleh otoriter dan harus bisa menempatkan diri. Oleh sebab itu, tujuan organisasi tidak hanya diketahui oleh pemimpin atau kelompok, tujuan organisasi harus disosialisasikan kepada semuaâ€pelanggan pendidikanâ€, supaya tujuan organisasi cepat tercapai sesuai dengan visi dan misi. Kepemimpinan selalu memberikan kesan yang menarik, karena dalam kepemimpinan di perlukan gaya dan sikap yang sesuai dengan iklim lembaga pendidikan dan satuan pendidikan. Adapun macam-macam gaya kepemimpian antara lain: gaya otokratis, gaya Demokratis dan gaya kendali bebas, gaya itu di terapkan untuk meningkatkan kinerja guru, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan. Kinerja berasal dari kata Job Performance atau Actual performance yang berarti prestasi kerja atau prestasi sesungguhnya yang di capai oleh seseorang. Kinerja merupakan kegiatan yang telah di capai seseorang tenaga kerja dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan yang di berikan kepadanya. Manajemen kinerja akan dapat diwujudkan jika ada hubungan dan keinginan yang sinergi antara atasan dan bawahan dalam usaha bersama-sama mewujudkan visi dan misi organisasi.Downloads
Download data is not yet available.
References
Aan komariah, Cepi Triatna, 2004. Visionary leadership menuju sekolah efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ace Suryadi, 1999. Pendidikan,Investasi SDM dan Pembangunan. Jakarta: PT Balai Pustaka
Becker G.S. 1993. Human Capital, A theoritical and Empirical Analysis with Speccial reference to Education. Chicago, University of Chicago Press
Buchari Alma & Ratih Hurriyati, 2008. Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan.Bandung : CV alfabeta.
Depag RI, 1995, Al qur’an Terjemah. Surabaya: Surya Cipta Aksara.
Engkoswara. 2001. Paradigma Manajemen Pendidikan Menyongsong Ekonomi Daerah. Bandung: yayasan Amal Keluarga.
Handoko, Hani.1994 Manajemen personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.
Hadari Nawawi, 1981, Administrasi Pendidikan, Jakarta: CV Haji Masa Agung.
Indra Bastian, 2001. akutansi sektor publik, Edisi pertama. Yogyakarta: Badan penerbit Fakultas Ekonomi UGM
Imam Munawir, 1993. Asas-Asas kepemimpinan dalam Islam. Penerbit Usaha Nasional
Irham Fahmi,2010,Manajemen kinerja Teori dan Aplikasi. Bandung: CV Alfabeta.
Jac Fitz-enz, 2000.The ROI of Human Capital, Measuring the Economic Value of Employee Performance, New York, Amacom
Nanang fattah. 2004. Landasan manajemen pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
------------------, 2000. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
-------------------, 2003. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung : Pustaka Bani Quraisy.
Nur Aedi,2012. Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.
Nurlaila, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit LepKhair
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya
Prawirosentono,Suryadi. 1999. Kebijakan kinerja Karyawan Yogyakarta: BPFE.
Robbins, Stephen P. 2006. Perilaku Organisasi. Jakarta: Gramedia.
Syaiful Sagala. 2008. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: CV Alfabeta
-----------------.2009.Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Sudarwin Danim, 2004. Motivasi dan kepemimpinan efektivitas kelompok. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suryobroto, 2004. Manajemen Pendidikan di sekolah, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Waldo, Dwight, 1955. Public Administration. Diterjemahkan (1979) oleh Slamet Admosudarmo. Jakarta: Aksara Baru
Tim Dosen Jurusan Administrasi pendidikan. 2005. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: UPI/Universitas Pendidikan Indonesia.
Ace Suryadi, 1999. Pendidikan,Investasi SDM dan Pembangunan. Jakarta: PT Balai Pustaka
Becker G.S. 1993. Human Capital, A theoritical and Empirical Analysis with Speccial reference to Education. Chicago, University of Chicago Press
Buchari Alma & Ratih Hurriyati, 2008. Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan.Bandung : CV alfabeta.
Depag RI, 1995, Al qur’an Terjemah. Surabaya: Surya Cipta Aksara.
Engkoswara. 2001. Paradigma Manajemen Pendidikan Menyongsong Ekonomi Daerah. Bandung: yayasan Amal Keluarga.
Handoko, Hani.1994 Manajemen personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.
Hadari Nawawi, 1981, Administrasi Pendidikan, Jakarta: CV Haji Masa Agung.
Indra Bastian, 2001. akutansi sektor publik, Edisi pertama. Yogyakarta: Badan penerbit Fakultas Ekonomi UGM
Imam Munawir, 1993. Asas-Asas kepemimpinan dalam Islam. Penerbit Usaha Nasional
Irham Fahmi,2010,Manajemen kinerja Teori dan Aplikasi. Bandung: CV Alfabeta.
Jac Fitz-enz, 2000.The ROI of Human Capital, Measuring the Economic Value of Employee Performance, New York, Amacom
Nanang fattah. 2004. Landasan manajemen pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
------------------, 2000. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
-------------------, 2003. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung : Pustaka Bani Quraisy.
Nur Aedi,2012. Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.
Nurlaila, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit LepKhair
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya
Prawirosentono,Suryadi. 1999. Kebijakan kinerja Karyawan Yogyakarta: BPFE.
Robbins, Stephen P. 2006. Perilaku Organisasi. Jakarta: Gramedia.
Syaiful Sagala. 2008. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: CV Alfabeta
-----------------.2009.Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Sudarwin Danim, 2004. Motivasi dan kepemimpinan efektivitas kelompok. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suryobroto, 2004. Manajemen Pendidikan di sekolah, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Waldo, Dwight, 1955. Public Administration. Diterjemahkan (1979) oleh Slamet Admosudarmo. Jakarta: Aksara Baru
Tim Dosen Jurusan Administrasi pendidikan. 2005. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: UPI/Universitas Pendidikan Indonesia.
Downloads
Published
2018-04-23
How to Cite
Winarsih, S. (2018). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. International Conference of Moslem Society, 2, 95–106. https://doi.org/10.24090/icms.2018.1864
Issue
Section
ICMS 2018
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).