Pengaruh Label dan Harga Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Jember)

Authors

  • Khittah Ashilah universitas islam jember
  • Farida Ummi Choiriyah Universitas Islam Jember
  • Ghovita Narulita Agustin Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.24090/ej.v11i2.7302

Keywords:

Business ethics, Buying and Selling, Islamic Ekonomic

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada mahasiswi Universitas Islam Jember, (2) pengaruh harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada mahasiswi Universitas Islam Jember, (3) pengaruh label halal dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada mahasiswi Universitas Islam Jember. Berdasarkan tujuannnya penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswi Universitas Islam Jember. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang di gunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Label halal dan harga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada mahasiswi Universitas Islam Jember. Dan harga merupakan variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian produk kosmetik pada mahasiswi Universitas Islam Jember. Dengan nilai signifikansi 0,000. Hal ini membuktikan dengan nilai F hitung sebesar 53,764 dan F tabel sebesar 2,31 yang berarti F hitung lebih besar dari F tabel, dan nilai Koefesien determinasi bernilai 0,256. Kata Kunci: Label halal, harga dan keputusan pembelian .   ABSTRACT This study aims to determine: (1) the effect of the halal label on the decision to purchase cosmetic products at the Islamic University of Jember students, (2) the effect of price on the purchasing decision of cosmetic products at the Jember Islamic University student, (3) the influence of the halal label and price on purchasing decisions. cosmetic products at Jember Islamic University students. Based on the purpose of this research, it is a quantitative descriptive research. The population in this study were all students of the Islamic University of Jember. The sampling technique used incidental sampling technique with a total sample of 100 people. Data collection techniques using questionnaires that have been tested for validity and reliability. The data analysis technique used is multiple regression. The results showed that: Halal labels and prices have a positive and significant effect partially on the decision to purchase cosmetic products for students at the Islamic University of Jember. And price is the most dominant variable in influencing the decision to purchase cosmetic products at Jember Islamic University students. With a significance value of 0.000. This proves that the calculated F value is 53.764 and the F table is 2.31 which means that the calculated F is greater than the F table, and the value of the coefficient of determination is 0.256. Keywords: Halal label, price and purchasing decisions.

References

Ady Syahputra. 2017. Jaminan Produk Halal Di Indonesia”, dalam Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 2, No. 3, diakses 13 Juni 2021, pukul 18.00

Aisyah, M., “Permintaan Konsumen Terhadap Produk Kosmetik dan Personal Care Halal di Indonesia”, Jurnal Ekonomi Islam, diakses 25 Juni 2021, pukul 20.00

Al-Ghazali . Imam. 2002. Benang Tipis antara Halal dan Haram (Surabaya: Putra Pelajar

Anggraeni, R., “ Lima Alat Kosmetik Yang Wajib Dibawa Wanita”, diakses 9 Juli 2021, pukul 09.00

Azis, Abdul. 2008 . Ekonomi Islam Analisis Mikro & Makro . Yogyakarta : Graha Ilmu.

Bawono, Anton. 2006. Multivariate Analysis dengan SPSS. Salatiga: Stain Salatiga Press

BPS. 2018 .Pertumbuhan Wanita. Jakarta : Badan Pusat Statistik diakses pada 8 Juni 2021 , pukul 10.00)

Burhanudin. 2011. Buku Sertifikasi Halal, Jakarta: Litbangdiklat Press

Cherry Kendra, “ What Is Reliability ”, http://psychology.about.com/od/researc hmethods/f/reliabilitydef.htm, diakses 18 Februar 2010, pukul 09.17

CNN Indonesia. “Industri Kosmetik dan Manfaat Bagi Konsumen Kosmetik di Indonesia”, diakses 11 Juni 2021, pukul 14.00

Defva Praptiolayasa, Siti Saroh dan Daris Sunaida. 2019. “ Pengaruh Labelisasi Halal Dan Merk Terhadap Kepuasan Pembelian Konsumen”, dalam Jurnal JIAGARI , Vol.8, No.1

Dewi Asriah. 2013. Pengaruh Pencantuman Label Halal Terhadap Perilaku Pembelian Produk Di Masyarakat, Lampung.

Dian Pebriani, Nina Oktarina. 2018.” Pengaruh Disiplin, Fasilitas Dan Motifasi Belajar Terhadap Kecepatan Mengetik Manual”, dalam Jurnal Economic Education Analysis, Vol.7, No.2

Djaslim Saladin. 2003. Buku Manajemen Pemasaran, Bandung: Linda Karya

Dwi Sinta Anggraini. 2020. “Pengaruh Label Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Dalam Kemasan (Studi Kasus Mahasiswq FEBI UIN Jambi)” dalam Jurnal Of Economic.

Eka Dwi. 2016. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Halal MUI. 2018. “ Tentang LPPOM MUI”, http://halalmui.org/mui14/index, diakses 20 Juni 2021, pukul 20.00

Hasan, K. S. (2013). Kepastian Hukum Sertifikasi dan Labelisasi Halal Produk Pangan. Jurnal Dinamika Hukum

Helsy Zalla Rafita. 2017.” Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan)” Jurnal Ekonomi Syariah, Vol.2, No.3

Hussin, S. R., Hashim, H., Yusof, R. N., & Alias, N. N. (2013). Hubungan antara Produk Faktor, Iklan, dan Niat Beli Kosmetik Halal. Jurnal Pertanika Ilmu Sosial dan Humaniora

Hussin. 2013. “ Analisis Pengaruh Label Halal Pada kosmetik Di Kecamatan Medan Ampelas”, dalam Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, Vol. 2, No. 4

Ian Alfian, Muslim Marpaung. 2017 “ Analisis Pengaruh Label Halal, Brand Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Kota Medan”, dalam Jurnal At- Tawassuh, Vol.2, No.1, diakses 13 Juni 2021, pukul 13.00

Idhotul, M. A. (1995). Halal dan haram menurut al-ghazali dalam kitab mau’idhotul mukminin.

Imam Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS, Semarang: Universitas Diponegoro

Kasmir. 2010.” Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up (Studi Pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Malalayang)”, Vol.6, No.2, 2018, diakses 27 Juli 2021, Pukul 14.39

Kotler Philip & G. Amstrong. 2008. Prinsip- Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler Philip & Keller Kevin. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 10. Jilid 1,

Jakarta: Erlangga

Kotler Philip & Keller Kevin. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13. Jilid 1,

Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Amstrong. 2001. Dasar- Dasat Pemasaran. Edisi 9. Jilid.1, Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Kotler. P & Amstrong. 2010. Dasar- dasar Pemasaran. Jakarta: Indeks Kotler. P & Keller. K. L. 2016. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Indeks.

Kotler. P dan Keller. K. L. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid 1.Jakarta: Indeks.

Leon G. Schiffman dan Leslie Lazar Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen, Jakarta: PT. Indeks Gramedia

Lubis Faradillah. 2017. “Pengaruh Labelisasi Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mie Samyang Pada Masyarakat Kota Palembang”, dalam Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, Vol.1, No.4

Lukas. 2002. “ Mengukur Sikap Dan Minat Beli Konsumen Terhadap Produk Skin Care Dengan Menggunakan Brand Image Mereke Lokal”, dalam Jurnal UNDIP, Vol. 9, No. 4

M.Iqbal Hasan. 2002. Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indonesia

Notoatmodjo. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta Nurlaili, Evi Ekawati. 2014. “Buku Program Sosialisasi Label Halal Atau

Sertifikat Halal Pada Produk Makanan Siap Saji”, Lampung: LP2M Raden Intan Lampung .

Philip Kotler dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, (Jakarta: Erlangga,

Philip Kotler Dan Kevin Lane Keller. 2014. Manajemen Pemasaran Edisi 13, terj.

Bob Sabran, Jakarta: Erlangga

Popy Purnamasari. 2015. “ Sertifikasi Dan Labelisasi Produk Pangan Halal Dalam Rangka Perlindungan Konsumen Muslim Di Indonesia”, dalam Jurnal Istinbath, Vol.1, No.3

Pranoto. 2008. “ Studi Mengenai Keputusan Pembelian Jasa Wedding And Event Organizer (Studi Kasus Di Mahkota Weding and Event Organizer Semarang)”, dalam Jurnal UNDIP, Vol.2, No.3

Premi wahyu. 2016. ”Pengaruh Label Halal Dan Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian,’’ dalam Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, Vol

.VI, No.2

Radar Surabaya. 2020. “ Pertumbuhan Industri Kosmetik” , 12 September 2021, hlm. 6

Reni Kumalasari. 2019. “Pengaruh Harga dan Label halal Terhadap Minat Pembelian Produk Kosmetik Herbal Penawar Al Wahida Indonesia (HPAI) (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al- Barokah Ponorogo)", dalam Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol.4, No.2.

Rida Rosida. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Pembelian Kosmetik Halal", dalam Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol.4, No.2, diakses 16 Juni 2021, pukul 13.30

Rizky Fajar pada, 2017. “Pengaruh Label Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Exclusive Matte Lip cream Pada Wardah Beauty House Medan” urnal Binus Business Review, Vol.2, No.2, diakases 12 agustus 2021, pukul 13.00

Romi Padli. 2018.” Implementasi Bauran Pemasaran Pada Hotel Syariah Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Sofyan Inn Hotel Unisi Yogyakarta)”, dalam Jurnal Binus Business Review, Vol.2, No.2, diakases 12 Juni 2021, pukul 13.00

Shaari, J. A., & Arifin, N. S. (2010). Dimensi niat beli halal: pendahuluan Soemarsono, 2007. “ Peranan pokok Terhadap Harga Jual” Jakarta: Riena Cipta

Sona Trianasari. 2020. “ Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Mascara Maybelline Pada Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Sumatra Utara” dalam Jurnal Of Economics, Vol.9, No.4, diakses 19 Agustus 2021, pukul 11.00

Sonia Cipta & Nurvita Trianasari., “ Analisis Pengaruh Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah”, dalam Jurnal Mitra Manajemen, Vol.4, No.1, diakses 16 Juni 2021, pukul 17.00

Sonia Cipta. 2020. “ Analisis Pengaruh Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah”, dalam Jurnal Mitra Manajemen, Vol. 4, No.1

Sri Nurmala. 2020. “ Pengaruh Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi Mahasiswi Fakultas Ekono Dan Bisnis Islam Universitas IAIN Batusangkar), Skripsi . Batusangkar: IAIN Batusangkar

Stanton, Wiliam, J. 1996. Prinsip Pemasaran. Edisi 7, Jilid.1, Jakarta: Erlangga Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D , Bandung:

Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D , Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D , Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D , Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D , Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Alfabeta

Sumarwan. 2004. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapan Dalam Pemasaran,

Bogor: Ghalia Indonesia.

Suryani & Tatik. 2012. Buku Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutisna. 2002. Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sutojo. Siswanto. 2009. Manajemen Pemasaran. PT Dhamar Mulia Pustaka.

Jakarta. Umar. Husein.

Tjiptono Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi 3, Yogyakarta: ANDI Tjiptono. 2012. Keputusan Pembelian, Yogyakarta: ANDI

William. 2008. Buku Manajemen Pemasaran, Bandung: Linda Karya

Yaumil. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik WARDAH (Studi Kasus Pada Konsumen Panakkukang Makasar)”, Skripsi. Universitas Muhammaddiyah Makasar

Yusuf Qardhawi, Norma dan Etika Bisnis Islam, Alih Bahasa Zainal Arifin (Jakarta:Gema Insani, 2017),h.29

Yuswohadi, Madyani, D., Herdiansyah, I. A., & Alim, I. (2014). Marketing to the Middle Class Muslim. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Zani, Ade Vera, Panji Deorato & Masud Effendi., “ Analisis Pengaruh Label Halal dan Aman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Malang”, 2013, diakses 27 Juli 2021, pukul 14.08

Downloads

Published

2023-12-06

How to Cite

Ashilah, K., Choiriyah, F. U., & Agustin, G. N. (2023). Pengaruh Label dan Harga Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Jember). El-Jizya : Jurnal Ekonomi Islam, 11(2), 157–176. https://doi.org/10.24090/ej.v11i2.7302