RANCANG BANGUN PENGUATAN UMKM BERBASIS KULINER KHAS DAERAH MENUJU CIREBON HALAL TOURISM
DOI:
https://doi.org/10.24090/ej.v7i2.3451Keywords:
Halal, Tourism, UMKM, KulinerAbstract
Rancang bangun penguatan UMUKM berbasis kuliner khas daerah menuju Cirebon Halal Tourism. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menyusun strategi penguatan UMKM berbasis kuliner khas Cirebon dalam mengembangkan Halal tourism sertamenyusun model penguatan UMKM berbasis kuliner khas Cirebon dalam mengembangkan Halal tourism. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah yang diperoleh secara langsung melalui Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara dari para narasumber yang terlibat dalam penelitian, yaitu dinas UMKM Kabupaten dan Kota Cirebon, dinas pariwisata Kabupaten dan Kota Cirebon, Perhimpunan UMKM Kabupaten dan Kota Cirebon, serta perwakilan UMKM Kabupaten dan Kota Cirebon. Hasil SWOT dari penilaian responden terhadap faktor internal didapatkan total skor rata-rata IFE sebesar 1.929. Hal ini mengindikasikan bahwa posisi strategi internal UMKM kuliner khas daerah Cirebon berada pada kondisi lemahsedangkanhasil dari penilaian responden terhadap faktor eksternal UMKM kuliner khas Cirebon didapatkan total skor rata-rata EFE sebesar 3.149. Hal ini mengindikasikan bahwa posisi external pada kondisi banyak peluang. Analisis matriks IE dengan hasil skor dari Matriks IFE sebesar 1,929 dan skor Matriks EFE sebesar 3,149, sehingga apabila masing-masing skor dipetakan kedalam Matriks IE maka posisi UMKM kuliner khas daerah Cirebon berada pada kuadran III. memiliki makna bahwa posisi ini menandakan sebuah organisasi yang lemah namun sangat berpeluang.Rekomendasi strategi yang diberikan adalah Ubah Strategi, artinya organisasi disarankan untuk mengubah strategi sebelumnya.Sebab, strategi yang lama dikhawatirkan sulit untuk dapat menangkap peluang yang ada sekaligus memperbaiki kinerja organisasi.References
Ahsana Mustika Ati. 2011. Pengelolaan Wisata Religi (Studi Kasus Makam Sultan Hadiwijaya Untuk Pengembangan Dakwah)
Ariqa Nurwilda Sugiarti. 2015. Strategi Pengembangan Pari Halal Tourism Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Muslim Domestik dan Mancanegara di Kota Bandung
Boo, H. V. 2011. Service Environment of Restaurants: Findings from the youth customers. Journal of ASIAN Behavioural Studies, 1 (2), May
Chookaew, S., chanin, O., Charatarawat, J., Sriprasert, P., & Nimpaya, S. (2015). Increasing Halal Tourism Potential at Andaman Gulf in. Journal of Economics, Business and Management
Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon [2016]
Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon [2016]
Dyah Ivana Sari. 2010. Objek Wisaata Religi Makam Sunan Muria(Studi Kehidupan Sosial Dan Ekonomi Masyarakat Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus
Favalli, S., Skov, T., dan Byrne, D.V. 2013. Sensory perception and understanding of food uniqueness: From the traditional to the novel. Food Research International 50 (13), pp. 176–188
Fulia Aji Gustaman. 2009. Pengembangan Wisata Religi Dan Pemberdayaan Masyarakat Bagi Peningkatan Kehidupan Sosial-Ekonomi
Harjanto Suwardono. 2015. Potensi Pengembangan Pariwisata Perhotelan Di Kota Semarang (Kajian Dari Perspektif Syariah)
Munirah L dan Ismail H. N. 2012. Muslim Tourists’ Typologi in Malaysia: Perspectives and Challenges. Proceedings of the Tourism and Hospitality International Conference. Malaysia: Department of Urban and Regional Planning, Faculty of Built Environment
Peraturan Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia nomor 2 tahun 2014 tentang pedoman penyelenggara usaha hotel syariah
Rangkuti, Freddy. 2013. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia
Saaty TL. 1993. Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin: Proses Hirarki Analisis Untuk Pengambilan Keputusan Dalam Situasi Yang Kompleks. Setiono L, Penerjemah ; Peniawati K, Editor. Jakarta: PT. Gramedia
Siddhartha, K. 2013. Consumer perception on Organized Fast Food Retail Outlets towards brand image in Bhopal, IRC’s.International Journal of Multidisciplinary Research in Social and Management Sciences,1 (2)
Sureerat Chookaew, Oraphan chanin, Jirapa Charatarawat, Pingpis Sriprasert, dan Sudarat Nimpaya. 2015. Increasing Halal Tourism Potential at Andaman Gulf in Thailand for Muslim Country
Timang Setyorin. 2004. Kebijakan Pariwisata Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Kabupaten Semarang
Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2008
Ariqa Nurwilda Sugiarti. 2015. Strategi Pengembangan Pari Halal Tourism Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Muslim Domestik dan Mancanegara di Kota Bandung
Boo, H. V. 2011. Service Environment of Restaurants: Findings from the youth customers. Journal of ASIAN Behavioural Studies, 1 (2), May
Chookaew, S., chanin, O., Charatarawat, J., Sriprasert, P., & Nimpaya, S. (2015). Increasing Halal Tourism Potential at Andaman Gulf in. Journal of Economics, Business and Management
Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon [2016]
Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon [2016]
Dyah Ivana Sari. 2010. Objek Wisaata Religi Makam Sunan Muria(Studi Kehidupan Sosial Dan Ekonomi Masyarakat Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus
Favalli, S., Skov, T., dan Byrne, D.V. 2013. Sensory perception and understanding of food uniqueness: From the traditional to the novel. Food Research International 50 (13), pp. 176–188
Fulia Aji Gustaman. 2009. Pengembangan Wisata Religi Dan Pemberdayaan Masyarakat Bagi Peningkatan Kehidupan Sosial-Ekonomi
Harjanto Suwardono. 2015. Potensi Pengembangan Pariwisata Perhotelan Di Kota Semarang (Kajian Dari Perspektif Syariah)
Munirah L dan Ismail H. N. 2012. Muslim Tourists’ Typologi in Malaysia: Perspectives and Challenges. Proceedings of the Tourism and Hospitality International Conference. Malaysia: Department of Urban and Regional Planning, Faculty of Built Environment
Peraturan Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia nomor 2 tahun 2014 tentang pedoman penyelenggara usaha hotel syariah
Rangkuti, Freddy. 2013. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia
Saaty TL. 1993. Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin: Proses Hirarki Analisis Untuk Pengambilan Keputusan Dalam Situasi Yang Kompleks. Setiono L, Penerjemah ; Peniawati K, Editor. Jakarta: PT. Gramedia
Siddhartha, K. 2013. Consumer perception on Organized Fast Food Retail Outlets towards brand image in Bhopal, IRC’s.International Journal of Multidisciplinary Research in Social and Management Sciences,1 (2)
Sureerat Chookaew, Oraphan chanin, Jirapa Charatarawat, Pingpis Sriprasert, dan Sudarat Nimpaya. 2015. Increasing Halal Tourism Potential at Andaman Gulf in Thailand for Muslim Country
Timang Setyorin. 2004. Kebijakan Pariwisata Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Kabupaten Semarang
Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2008
Downloads
Published
2019-12-26
How to Cite
Hasanudin, A. (2019). RANCANG BANGUN PENGUATAN UMKM BERBASIS KULINER KHAS DAERAH MENUJU CIREBON HALAL TOURISM. El-Jizya : Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 177–194. https://doi.org/10.24090/ej.v7i2.3451
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).