“Student’s Passion on Entrepreneurship (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Purwokerto)

Authors

  • Sochimin socha IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/ej.v5i2.1879

Keywords:

Personality, Family Environment, Opportunities, Incomes, Entrepreneurship Interest, Entrepreneurship

Abstract

ABSTRACT The aim of this study was to determine whether is  minimum of one variables influence from personality, family environment, opportunities, and incomes towards entrepreneurship interest student of the Faculty of Economics and Business of Islam, IAIN Purwokerto. Data used in this research is primary data through questionnaire, interview, and observation. The sampling technique is Purposive Sampling which is calculated with Slovin formula’s. The data analysis by quantitative with multiple linear regression method using SPSS 17.0 for windows. The result of this study shows that personal variable, famlily environment, opportunities, and incomes is take effect simultaneously on entrepreneurship interest student of the Faculty of Economics and Business of Islam, IAIN Purwokerto. Partially, personal variable, and opportunities isn’t effect to entrepreneurhip interest student the Faculty of Economics and Business of Islam, IAIN Purwokerto, and family environment variable, and incomes is take effect to entrepreneurhip interest student the Faculty of Economics and Business of Islam, IAIN Purwokerto. The result of this reseach in a determination coefficient amont 0,79%, the mean is 79% variation entrepreneurship interest student the Faculty of Economics and Business of Islam, IAIN Purwokerto can be explain with independent variable which cover personality, family environment, opportunities, and incomes, and the rest explained by other varibles outside the regression model. Keywords : Personality, Family Environment, Opportunities, Incomes, Entrepreneurship Interest, Entrepreneurship.

References

Algifari, 1997. Analisis Regresi, Teori, Kasus, dan Solusi. Yogyakarta: BPFE.
Bambang Suharjo, 2006. Analisis Regresi Terapan dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Bertens, K. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Buchari Alma, 2009. Kewirausahaan: Untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.
Buchari Alma, 2010. Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.
E. Chandra, Purdi. 2005. Menjadi Entrepreneur Sukses. Jakarta: Grasindo.
G Longenecker, Justin dan W. More, Carlos. 2001. Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil.Jakarta: Salemba Empat.
Husain Umar, 2008. Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan: Paradigma Positivistik dan Berbasis Pemecahn
Masalah. Jakarta: RajaGravindo Persada.
Indriyo Gitosudarmo, 2008. Pengantar Bisnis: Edisi 2. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Iqbal Hasan, 2004. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta:Bumi Aksara.
Irham Fahmi, 2013. Kewirausahaan: Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung: Alfabeta.
Kasali, Rhenald, dkk. 2012. Modul Kewirausahaan: Untuk Program Strata 1. Bandung: Hikmah.
Lantip Susilowati, 2013. Bisnis Kewirausahaan. Yogyakarta: Teras.
Lexy J. Maleong, 2008 Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Manan, El. 2012. Homepreneurship: Mendulang Rupiah dari Rumah. Yogyakarta:G-Media.
Masykur Wiratmo, 1996. Pengantar Kewiraswastaan: Kerangka dasar Memasuki Dunia Bisnis. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Mohammad Saroni, 2012. Mendidik & Melatih Entrepreneur Muda: Membuka Kesadaran Atas Pentingnya Kewirausahaan Bagi Anak Didik,. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Mudrajad Kuncoro, 2007. Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Muhammad Ridlo Zarkasyi, 2013. Entrepreneur Radikal: Catatan
Inspiratif dan Solusi-Solusi Taktis Mengatasi TahapanTahapan dalam Bisnis. Jakarta: ReneBook.
Musa Asya’arie, 2016. Filsafat Kewirausahaan dan Implementasinya: Negara & Individu. Yogyakarta: LESFI.
Sochimin. 2016. Kewirausahaan: Teori Aplikatif dan Praktik. Purwokerto: STAIN Press.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta.
Suryana. 2003. Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat, dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Usman Rianse dan Abdi, 2011. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi Teori dan Aplikasi, Bandung, Alfabeta.
Winardi. 2005. Entrepreneur dan Entrepreneurship. Jakarta: Prenada.
Yuniar Aviati, 2015. Kompetensi Kewirausahaan: Teori, Pengukuran, dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Murwani Muhar, Ani. 2013. Jurnal. Faktor Penentu Minat Berwirausaha Di Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi
(Studi Perbandingan Mahasiswa USU, UNIMED, dan IAIN). Medan: STIE Harapan Medan.
Amalia Ayuningtyas, Hazirah, dan Ekawati, Sunny. 2015. Jurnal. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Universitas Tarumanegara. Jakarta:Universitas Tarumanegara.
Ginting, Mbayak, dan Yuliawan, Eko. 2015. Jurnal. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa Studi Pada Mahasiswa STMIK Mikroskil Medan. Medan: Mikroskil.
Uswaturrasul, Yahya, dan Sisilia, Kristina. 2011. Jurnal, Analisis Minat dan Motivasi Berwirausaha Mahasiswa (Studi Pada Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Telkom
Angkatan 2011). Universitas Telkom: FKB.
https://m.tempo.co/read/news/2016/05/04/173768481/bpspengangguran-terbuka-di-indonesia.
http://www.suara.com/bisnis/2016/05/09/133306/jumlahpengusaha-di-indonesia-baru-15-persen-dari-totalpenduduk
www.febi.iainpurwokerto.ac.id
http://eprints.uny.ac.id/7637/3/BAB%202%20-
%2008601247038.pdf

Published

2017-12-30

How to Cite

socha, S. (2017). “Student’s Passion on Entrepreneurship (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Purwokerto). El-Jizya : Jurnal Ekonomi Islam, 5(2), 242–260. https://doi.org/10.24090/ej.v5i2.1879

Issue

Section

Articles