Pendampingan Remaja Suka Mulya dalam Meningkatkan Self Control di Era Digital

Authors

  • Lia Norvia IAIN Palangka Raya
  • Surawan Surawan IAIN Palangkaraya
  • Eka Safitri Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.24090/sjp.v2i2.6773

Keywords:

Remaja, Self-control, Era Digital

Abstract

Self-control merupakan salah satu sikap yang mampu mengontrol maupun mengelola atau menyesuaikan diri dengan permasalahan yang ada terlebih lagi di era digital ini. Mengenai tujuan dari pelaksanaan pengabdian ini ialah agar bisa meningkatkan self-control remaja Suka Mulya di era yang serba digital. Self-control memiliki beberapa aspek yang perlu didampingi dalam diri seseorang, antara lain kontrol kognitif (kontrol pikiran), kontrol perilaku, dan kontrol pengambilan keputusan. Melalui self-control diharapkan remaja Suka Mulya mampu mengontrol dirinya dengan baik. Adapun penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode wawancara secara mendalam, pendampingankemudian melakukan Focus Group Discussion (FGD) di sebuah kajian akhwat sisterfillah dengan tema let’s talk about Palestine dalam kegiatan Charity Ghatering (acara amal). Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 30 Mei 2022 dan tindak lanjut dilakukan langsung setelah pelaksanaan kegiatan berikutnya. Kegiatan ini melibatkan sejumlah 10 remaja Suka Mulya. Hasil dari program pengabdian pada masyarakat ini yaitu remaja mendapatkan pengetahuan mengenai kegiatan pendampingan sendiri, siswa memiliki keterampilan dalam mengembangkan kemampuan self-control, dan terjadi peningkatan kemampuan self-control dalam pendampingan remaja ini yang diketahui dari hasil wawancara. Dampak yang dirasakan remaja setelah kegiatan ini berlangsung yakni bertambahnya kemampuan remaja dalam mengontrol diri di era digital ini.

References

Ad, Y., & Megalia, M. (2016). Pengaruh Konseling Cognitif Behavior Therapy (CBT) dengan Teknik Self Control untuk Mengurangi Perilaku Agresif Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 133–146. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.561
Ananda, S. S. D., & Apsari, N. C. (2020). Mengatasi Stress Pada Remaja Saat Pandemi Covid-19 dengan Teknik Self Talk. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7(2), 248–256. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i2.29050
Fajriyanti, N. A. (2022). Bimbingan Orang Tua dalam Membentuk Pengendalian Emosi Marah Anak pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Bobosan [Skripsi, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto]. http://repository.uinsaizu.ac.id/12563/
Falah, M. S. (2017). Pengambilan Keputusan dalam Perspektif Islam. MENARA TEBUIRENG: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 12(02), 134–148.
Haekal, M. F. (2021). Konseling Logoterapi Sebagai Solusi dalam Menangani Masalah Psikologis Remaja Putus Sekolah. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 19–30. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2021.v6i1.19-30
Hamonangan, R. H., & Widiyarto, S. (2019). Pengaruh self-regulated learning dan self-control terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 5–10.
Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Kencana.
Mahira, A. N. (2022). Pesan Dakwah pada Channel Youtube Taqy Malik (Analisis Semiotika Roland Barthes) [Skripsi, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri]. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/12527/
Maiseptian, F., Rosdialena, R., & Dewita, E. (2021). Self-Control Mahasiswa Perempuan Pengguna Smartphone Serta Implikasinya Dalam Bimbingan Konseling Islam. Kafaah: Journal of Gender Studies, 11(1), 107–120.
Mukhtar, Z., Kurniawan, H., Zaman, N., Arnel, I., Wahyudi, H., Hidayat, H., & Syafaruddin, S. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Konsep Manajemen Qalbu Menurut KH. Abdullah Gymnastiar (AA Gym). Kutubkhanah, 21(2), 82–94.
Rustandi, R., & Hanifah, H. (2019). Dinamika Dakwah Komunitas Remaja Islam di Kecamatan Pangalengan. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 19(2), 199–224.
Suciati, S. (2021). Rekrutmen Remaja Masjid Berbasis Pemasaran Sosial. JSI Press.
Sugesti, D. (2019). Mengulas Tolong Menolong dalam Perspektif Islam. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 14(2), Article 2. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/7872
Zuhri, M. A. (2019). Proses Memilih Keputusan Pola Pikir Anak Remaja dalam Menyelesaikan Masalah. 17(1), 68–74.

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

Norvia, L., Surawan, S., & Safitri, E. (2023). Pendampingan Remaja Suka Mulya dalam Meningkatkan Self Control di Era Digital. Solidaritas: Jurnal Pengabdian, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.24090/sjp.v2i2.6773