Jurnal Nusantara Raya https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/numera <p><strong>Jurnal Nusantara Raya</strong> is a journal that accommodates the research results of students, teachers, lecturers, and other researchers in the fields of education, language, literature, culture of the archipelago and the great Malays. This journal broadcasts the results of research on the cultural values ​​of the archipelago and the great Malay clan to strengthen the sense of unity, the spirit of nationalism, in diversity.</p> en-US <p>Authors who publish with this journal agree to the following terms:</p> <ol type="a"> <li>Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a <a href="https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/" target="_new">Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License</a> that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.</li> <li>Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.</li> <li>Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See <a href="http://opcit.eprints.org/oacitation-biblio.html" target="_new">The Effect of Open Access</a>).</li> </ol> [email protected] (Heru Kurniawan) [email protected] (Umi Khomsiyatun) Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 FUNGSI KELUARGA DALAM PANTUN MELAYU REDAKSI BALAI PUSTAKA DAN KAITANNYA DENGAN BAHAN AJAR: KAJIAN HERMENEUTIKA PAUL RICOEUR https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/numera/article/view/10433 <p>Penelitian ini bertujuan untuk : mendeskripsikan fungsi keluarga dalam pantun anak dan pantun orang tua Pantun Melayu Redaksi Balai Pustaka dan Mendeskripsikan Pantun Melayu Redaksi Balai Pustaka sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMP. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, kemudian subjek penelitiannya pantun anak dan pantun orang tua. Sedangkan objeknya yaitu Fungsi Keluarga dalam Pantun Melayu Redaksi Balai Pustaka sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di SMP Kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Teknik baca catat. Metode yang digunakan yaitu metode simak. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) fungsi keluarga dalam pantun anak dan pantun orang tua yang meliputi fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, sosialisasi dan pendidikan, dan ekonomi dalam buku pantun Melayu Redaksi Balai Pustaka (2) Pantun Melayu Redaksi Balai Pustaka sesuai dengan konsep pemilihan bahan ajar dan kurikulum merdeka dengan fase D Sehingga dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran sastra di jenjang SMP kelas VII.</p> Alena Ririn Novrianti, Wachid Eko Purwanto Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/numera/article/view/10433 Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0700 PERBEDAAN KELAS SOSIAL DALAM NOVEL LASKAR PELANGI KARYA ANDREA HIRATA https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/numera/article/view/10434 <p>Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata merupakan novel yang mengangkat permasalahan pendidikan. Salah satu permasalahannya adalah perbedaan kelas sosial, maka dari itu pada penelitian ini kami mengangkat permasalahan pertentangan kelas sosial berdasarkan aspek sastra Marxisme dan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, karena penelitian ini memaparkan data analisis secara naratif. Sumber utama yang digunakan adalah Novel Laskar Pelangi, serta teknik pengumpulan sumber data yang kami gunakan adalah teknik membaca, mencatat, dan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya bentuk perbedaan kelas sosial dalam Novel Laskar Pelangi, yaitu ketidakmerataan akses dan fasilitas sekolah, tenaga guru yang kurang memadai, dan sulitnya akses perjalanan.</p> Ratri Indah Purwandari, Siti Nurhalizah, Ahmad Bahtiar Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/numera/article/view/10434 Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0700 PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE 3 BERBASIS WEB PADA MATERI TEKS PROSEDUR https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/numera/article/view/10435 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penerapan media interaktif Articulate Storyline 3 berbasis web pada materi teks prosedur pada kelompok belajar siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi dan pemberian angket. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok belajar siswa SMA yang ada di wilayah Koja, Jakarta Utara. Dalam kelompok belajar ini terdiri dari 10 siswa yang berasal dari sekolah yang berbeda-beda. Mereka tergabung dalam kelompok belajar yang ada dalam kawasan tempat tinggalnya. Peneliti menggunakan 4 tahapan pengumpulan dan analisis data yang dikembangkan oleh Kurl Lewin, 1) tahap perencanaan (planning), 2) tahap pelaksanaan tindakan (action), 3) tahap pengamatan (observing), dan 4) tahap refleksi (reflection). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan media interaktif Articulate Storyline 3 berbasis web pada materi teks prosedur pada kelompok belajar siswa SMA menumbuhkan motivasi belajar siswa untuk mempelajari lebih dalam mengenai teks prosedur.</em></p> Naswah Mirzanty Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/numera/article/view/10435 Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0700 PENCITRAAN DAN PEMAJASAN TERHADAP NOVEL “99 CAHAYA DI LANGIT EROPA” KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/numera/article/view/10517 <p><em>Karya sastra selalu menjadi pembicaraan yang sangat menarik sampai saat ini khususnya novel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pencitraan dan pemajasan dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini pencitraan dan pemajasan. Objek dalam penelitian ini novel 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Sumber data yakni teks yang ada dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra berupa narasi, dialog, maupun kalimat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini kepustakaan. </em></p> <p><em>Hasil peneilitian yang diperoleh yakni; 1) Bentuk pencitraan yang terdapat dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra yaitu citraan penglihatan, citraan pendengaran, dan citraan penciuman. Jenis pencitraan yang dominan dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra adalah citraan penglihatan. 2) Bentuk pemajasan yang terdapat dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra yaitu majas metafora, majas personifikasi, dan majas simile. Jenis pemajasan yang dominan dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra adalah majas. </em></p> Riana Anjarsari Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/numera/article/view/10517 Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0700 MENGUATKAN MODERASI BERAGAMA SISWA BERBASIS LOCAL WISDOM DI LINGKUNGAN MADRASAH TSANAWIYAH https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/numera/article/view/10566 <p><em>This research is based on the phenomenon of intolerant attitudes that occur in students. This raises concerns from teachers, educational institutions, to the government in responding to this intolerant attitude. Meanwhile, the presence of the Decree of the Minister of Religious Affairs Number 184 of 2019 as a guideline for curriculum implementation in madrassas answered these concerns by inserting strengthening religious moderation based on local wisdom in madrasas. The results of this study show that the scheme to strengthen religious moderation based on local wisdom for students in the tsanawiyah madrasah environment is through local wisdom studies, religious education development, character building, parental involvement, student empowerment, evaluation and monitoring. This scheme can be applied in a habituation model whose implementation can be done with routine, incidental, and exemplary activities. These methods become cultural products of students, which can be used and applied in community life (empowerment). Strengthening religious moderation based on local wisdom also has an impact on students' culture of moderate reason.</em></p> Imam Hidayat, Mukhamad Hamid Samiaji Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/numera/article/view/10566 Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0700