Mengeksplorasi Peran Kisah-Kisah Al-Qur’an dalam Pengembangan Moral Anak

Authors

  • Fatku Rohman Sekolah Tinggi Ilmu Qur'an An-Nur
  • Muhamad Uyun Universitas Islam Negeri Raden Fatah

DOI:

https://doi.org/10.24090/maghza.v9i1.9803

Keywords:

Moral Anak-anak, Metode Berkisah

Abstract

Degradasi moral terus menerus terjadi pada anak-anak belakangan ini. Faktor penyebabnya salah satunya ialah tidak adanya perhatian lebih tayangan-tayangan yang anak-anak tonton. Beberapa cara bisa dilakukan untuk mencegah dan memperbaiki  permasalahan tersebut, salah satunya melalui metode berkisah. Metode berkisah merupakan salah satu metode pembelajaran dalam bentuk cerita kisah-kisah inspiratif yang mana bisa memberikan pengalaman berkesan bagi pendengarnya. Al-Qur’an menjadi  salah satu sumber referensi paling ideal untuk memperbaiki moral anak-anak karena didalamnya memuat kisah-kisah inspiratif yang penuh makna dan keteladanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menganalisis dan menarik kesimpulan dari berbagai sumber dan pendapat terkait. Hasil dari penelitian ini  mengatakan bahwa terdapat banyak kisah-kisah  di dalam Al-Qur’an yang dapat dijadikan sumber rujukan untuk diceritakan kisah-kisah inspiratifnya kepada anak, sehingga secara tidak langsung dapat mengembangkan moral dan membentuk karakter baik mereka melalui kisah-kisah  inspiratif dan teladan yang termuat didalamnya.

References

Affani, S. (2017). Rekonstruksi Kisah Nabi Musa dalam al-Quran: Studi Perbandingan dengan Perjanjian Lama. Al-Ihkam: Jurnal Hukum & Pranata Sosial, 8.

Al-Jabiri, M. (2013). Rekonstruksi Sejarah al-Qur’an. Ciputat: PT Pustaka Alvabet.

Anshori, M. (2020). Pengaruh Kisah-Kisah Al-Qur'an dalam Aktivitas Pendidikan. Dirasah, 3.

Bashori, (2020). Filsafat Hukum Islam: Paradigma Filosofis Mengais Kebeningan Hukum Tuhan. Bandung: Prenada Media.

Chirzin, M. (2003). Glosari Al-Quran. Yogyakarta: Lasuardi.

Darmayanti, H. (2019). Kisah-Kisah dalam Al-Qur'an dalam Perspektif Pendidikan. Jurnal Edukatif, 58.

Djalal, A. (2000). Ulumul Qur'an. Surabaya: Dunia Ilmu.

Haris, A. (2018). Kajian Kisah-Kisah dalam al-Qur'an (Tinjauan Historis dalam Memahami al-Qur'an). Jurnal Penelitian dan Pemikiran Keislaman, 5.

Jariah, A. A. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Qashas Al-Qur'an (Studi Sintesis Kisah-Kisah Dalam Al-Qur'an). Action Research Literate, 2.

Khalafulloh. (1957). Al Fann al Qassasi fi Al-Quran al Karim. Kairo: An Nahdhoh al Musriyah.

Loeis, W. (2015). Dimensi Pendidikan dalam Kisah-Kisah Al-Qur’an. Turats, 9.

Mahalli, A. M. (1999). "Kisah-Kisah Pelipur Lara”, dalam Zaini Ahmad (ed), Spiritualitas Al-Qur'an dalam Membangun Kearifan Umat. Yogyakarta: UIII.

Majid, M. S. (2022). Kisah Dalam al-Qur'an Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan, 39.

Mucharomah, M. (2017). Kisah sebagai Metode Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Al-Qur'an. Edukasia Islamikal Jurnal Pendidikan Islam, 17.

Muchtar, H. J. (2005). Fikih Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Muslim, A. T. (2019). Menarasikan Kisah-Kisah Al-Qur’an Dalam Ruang Historis (Studi Pemikiran Karel Steenbrink Dalam The Jesus Verse Of The Qur’an). QOF, 12.

Mustakim, M. (2020). Spiritualisasi Pendidikan Qur'ani. Yogyakarta: Pasific Press.

Nugroho, I. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Kisah-Kisah yang Terkandung Ayat al-Qur'an. Jurnal Pendidikan Islam, 18.

Nurhayati. (2010). Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Uniga, 4.

Nurzaman, M. K. (2018). Studi Historis-Fungsional atas Kisah-Kisah dalam Alquran. Tajdid, 5.

Qadafy, M. Z. (2015). Sababun Nuzul dari Mikro hingga Makro: Sebuah Kajian Epistemologi. Yogyakarta: IN Azna Books.

Rahmawati. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Dengan Qashash Al-Qur'an. An. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 14.

Rinaldi, D.A. (2022). Pembentukan Karakter Anak Teladan Melalui Metode Kisah Nabi dan Rosul di Pengajian Al-Ibtida Desa Cidokom. Praktis: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5.

Rofiah, N. H. (2020). Kisah-Kisah dalam al-Qur'an dan Relevansinya dalam Pendidikan Anak Usia SD/MI. Universitas Ahmad Dahlan Repository, 03.

Rosita, M. (2016). Membentuk Karakter Siswa Melalui Metode Kisah Qur'ani. Fitrah, 56.

Shihab, M. Q. (2013). Kaidah Tafsir. Tangerang: Lentera Hati Group.

Sulaiman, M. M. (1994). AlQissat fi al-Qur'an al-Karim wa Sara Haulaha min Syabbahu war-Radd 'Alaiha. Mesir: Matba' al-Amanat.

Suwaid, M.I.A.H. (2004). Cara Nabi Mendidik Anak. Jakarta Timur: Al-I'tishom Cahaya Umat.

Tambak, S. (2016). Metode Bercerita Dalam Pembelajaram Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 27.

Umry, A. J. (1982). Dirasat fi Al-Quran wa al sunnat. Kairo: Dar Alma'arif.

Wijaya, A. (2009). , Arah Baru Studi Ulum al-Qur’an: Memburu Pesan Tuhan di Balik Fenomena Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijaya, A. (2016). Sejarah Kenabian dalam Perspektif Tafsir Nuzuli Muhammad Izzat Darwasah. Bandung: Mizan Pustaka.

Yati, A. M. (2015). Pengaruh Kisah-Kisah Israiliyyat Terhadap Materi Dakwah. Jurnal Al-Bayan, 3.

Zahrah, M. (1956). Qashash Min Al-Quran. Mesir: Dar AlKitab A'raby.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

(1)
Rohman, F.; Uyun, M. Mengeksplorasi Peran Kisah-Kisah Al-Qur’an Dalam Pengembangan Moral Anak. MZA 2024, 9, 60-74.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.