Teknik Komunikasi dalam Surah Yūsuf (Studi Analisis Tafsir Surah Yūsuf Ayat 78-79 Perspektif Ilmu Komunikasi)

Authors

  • Imam Mukhlis Universitas Islam Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24090/maghza.v8i2.9545

Keywords:

Teknik Komunikasi, Tafsir Surat Yusuf

Abstract

Surah Yusuf adalah surah ke 12 dalam mushaf rasm Utsmani, ia berjumlah 112 ayat. Surah ini menyajikan kisah Nabi Yusuf AS. Kisah Nabi Yusuf dalam surah ini banyak dinarasikan dalam bentuk praktik komunikasi antar tokoh yang terlibat di dalamnya. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui teknik komunikasi yang digunakan dalam dialog (praktik komunikasi) antara saudara-saudara tiri Nabi Yusuf dengan al-Aziz (Nabi Yusuf AS) terkait negosiasi untuk melepaskan Bunyamin dari hukuman yang berlaku saat itu. Peristiwa tersebut diabadikan dalam bentuk narasi dalam Alquran surah Yu>suf ayat 78-79. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka atau library reseach. Setelah melakukan analisis, penulis menyimpulkan bahwa dalam praktik komunikasi antara saudara-saudara tiri Nabi Yusuf dengan al-Aziz (Nabi Yusuf AS) di surah Yusuf ayat 78-79 menggunakan dua teknik komunikasi berbeda. Pada surah Yusuf ayat 78 ditemukan adanya penggunaan pesan persuasif dengan menerapkan tiga teknik komunikasi persuasif sekaligus yaitu, teknik persuasif “say it with flower”, teknik persuasif “The swap technique” dan “teknik tataan”. Ketiga teknik tersebut dipakai oleh saudara-saudara tiri Nabi Yusuf AS. Sedangkan di ayat selanjutnya (Yusuf ayat 79) ditemukan adanya teknik komunikasi informatif yang mana teknik tersebut dipakai oleh al-Aziz (Nabi Yusuf AS) untuk mengirim feedback dari pesan yang diterimanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

El-Adawiyah, S. (2020). Human Relation, Jakarta Timur: Edu Pustaka.

Arsyad, Rangga K. P., Endang E. dan Annisa W. (2018). “Studi Teknik Komunikasi Informatif dalam Kegiatan Orientasi Penyuluh Agama Terhadap Calon Pengantin oleh Badan DKP3A di Samarinda”, Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 6, No. 3.

D., Maryana. (2016). “Analisis Teknik Komunikasi Informatif BPJS Kesehatan Dalam Memberikan Pelayanan Pada Pengguna Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSUD A.W Sjahranie Samarinda”, Jurnal UMMUl, Vol. 4, No.1.

Effendy, O. U. (2020). “Dinamika Komunikasi”, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Effendy, O. U. (2009). Human Relations dan Public Relations, Bandung: CV Mandar Maju.

Effendy, O. U. (2003) Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung: Citra Aditya Bakti, 2003.

Gumelar, Herdiyana dan Gumgum. (2020). Psikologi Komunikasi dan Persuasi, Bogor: In Media.

Hamka, B. (1999). Tafsir Al-Azhar Jilid 5, Singapura: Pustaka Nasional PTE LTD Singapura.

Hardini, Isriani. Dewi P. (2012). “Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep dan Implementasi)”, Yogyakarta: Familia.

Haris, Siti R. & Phil, I. (2020). Komunikasi Dalam Organisasi (Teori dan Aplikasi), Gorontalo: UNG Press.

Hendri, E. (2019). Komunikasi Persuasif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hotimah, Ida, M., Husnul. (2016). “Pengaruh Human Relations Terhadap Peningkatan Kinerja PNS di Kantor Kecamatan Panti Kabupaten Jember”, Jurnal Majalah Ilmiah DIAN ILMU, Vol. 16, No. 1.

Ibnu, K. (2014) “Tafsir Ibnu Katsir”, Terj. Abdul Goffar, Jakarta: Pustaka Imam asy-Syafi’i.

Mewengkang, Lidia, L., Meity D. H., & Norma, N. (2015). “Peranan Human Relations Terhadap Motivasi Kerja Pegawai di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Utara”, e-Jurnal Acta Diurna, Vol. 4, No. 3.

Mulyana, D. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: Rosda Karya.

Nasor, M. (1993). Public Relations, Bandar Lampung: Gunung Pesagi.

Nurudin. (2017). Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer, Jakarta: Rajawali Press.

Nurdin, Ali dkk. (2013). Pengantar Ilmu Komunikasi, Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press.

Prastya, Pius, A., Danu. (2009). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Arkola.

Penyusun,T. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa.

Quthb, S. (2000). Tafsir Fi> Zhilalil Qur’an: Di Bawah Naungan Al-Qur’an Jilid 6, Terj. As’ad Yasin, Jakarta: Gema Insani Press.

Al-Qurtubi, A. A. M. B. A. (2007). Tafsir Al-Jami’ li Ahka>m Al-Qura>n Jilid 9, Terj. Fathurrahman, Jakarta: Pustaka Azzam.

Ritonga, H. (2019). Psikologi Komunikasi, Medan: Perdana Publishing.

Rosiana, K. (2017). “Teknik Komunikasi Koersif Dinas Kesejahteraan Sosial Dalam Menanggulangi Gelandangan dan Pengemis di Kota Samarinda”, eJournal Ilmu Komunikasi, Vol. 5, No. 4.

Shihab, M. Q. (2005). Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an Volume 6, Jakarta: Lentera Hati.

Suryana, Soleh, S., Asep. (2018). Komunikasi Persuasif, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Al-T{abari, A., J., M., B., J. (1994). Tafsi>r Al-T{abari Jami’ Al-Baya>n ‘An Ta’wi>l Al-Qur’a>n Mujallad 7, Beirut: Muassasah al-Risalah.

Yusuf, M. F. (2021). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi, Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Al-Zuhaili, W. (2013). Tafsir Al-Munir: Akidah, Syariah dan Manhaj Jilid 6, Terj. Abdul Hayyi al-Katani, dkk, Jakarta: Gema Insani.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

(1)
Mukhlis, I. Teknik Komunikasi Dalam Surah Yūsuf (Studi Analisis Tafsir Surah Yūsuf Ayat 78-79 Perspektif Ilmu Komunikasi). MZA 2023, 8, 207-222.