Analisis Al-Dakhil Kisah Nabi Sulaiman dalam Tafsir Al-Iklil Karya Misbah Mustafa

Authors

  • Alif Hibatullah UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
  • Musyarrofah

DOI:

https://doi.org/10.24090/maghza.v8i1.7850

Keywords:

Kisah, Nabi Sulaiman, al-Dakhil, tafsir al-Iklil

Abstract

Tafsir al-Iklil fi Ma’ani al-Tanzil Karya Misbah Mustafa menafsirkan surat al-Naml ayat 16 dengan riwayat ahli kitab bahwa ada burung dara dan katak yang bertasbih kepada Allah, dalam surat al-Naml ayat 44 mengisahkan Nabi Sulaiman dan ratu Bilqis dengan kisah-kisah israiliyyat yang berlawanan dengan syariat Islam, ketika menafsirkan surat Saba’ ayat 13 yang mengatakan Nabi Sulaiman memerintahkan jin membuat patung para Nabi terdahulu dan ulama yang dipasang di masjid dengan tujuan agar masyarakat ingat dan semangat fokus beribadah. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan menghimpun berbagai sumber literasi sebagai bahan utama kajian. Untuk menilai al-Dakhil penafsiran tersebut digunakan dua langkah yakni mencari sumber tafsir dan analisis al-Dakhil. Untuk mencari sumber tafsir tersebut diselidiki dalam berbagai kitab tafsir, kemudian dinilai al-Dakhil dalam penafsiran tersebut dengan syariat Islam. Sumber penafsiran tafsir al-Iklil surat al-Naml ayat 16 adalah tafsir al-Sawi. Tidak ditemui dalil yang khusus membenarkan adanya burung dara dan katak yang bertasbih, penafsiran Misbah Mustafa dibenarkan dengan dalil semua makhluk bertasbih kepada Allah, baik yang di bumi maupun di langit. Sumber penafsiran tafsir al-Iklil surat al-Naml ayat 44 adalah tafsir al-Qurtubi dan tafsir al-Tabari, terdapat al-Dakhil penafsiran yang dilakukan Misbah Mustafa ketika menafsirkan ayat ini karena memakai riwayat israiliyyat yang berlawanan dengan ajaran Islam. Sumber penafsiran tafsir al-Iklil surat Saba’ ayat 13 adalah tafsir al-Qurtubi dan tafsir al-Tabari, dalam tafsirnya Misbah Mustafa menyalahi logika dan juga sejarah dalam Al-Qur’an, yakni telah dilarangnya patung sebagai media beribadah sejak zaman Nabi Nuh dan Nabi Ibrahim.

Downloads

Download data is not yet available.

References

‘Abadi, F. (1407). al-Qamus al-Muhit wa al-Qabus al-Wasit al-Jami’ li Ma Zahaba min Kalam al-’Arab Shamamit (2nd ed.). Mu’assasah al-Risalah.

Abidin, A. Z., Al-Khanafi, M. I. S., & Zulfikar, E. (2019). Tafsir Gender Jawa: Telaah Tafsir Al-Ikil fi Ma’ani Tanzil Karya Misbah Musthafa. Musawa: Jurnal Studi Gender Islam, 18(1).

Al-Asqalani, I. H. (2014). Fathu al-Bari. Pustaka Azam.

Al-Baghawi, M. al-H. bin M. (1990). Tafsi>r al-Bagawi Ma’a Lima al-Tanzil. Daru Tayyibah.

Al-Fadli, K. A. (2003). Speaking in God’s Name: Islamic Law, Authority and Women. One World.

Al-Mahalli}, J., & Al-Suyuti, J. (n.d.). Jalalain. Nuru al-Huda.

Al-Najjar, J. M. (2009). Usul al-Dakhil fi Tafsir Ayi al-Tanzil. Jami’ah al-Azhar.

Al-Qurtubi, A. ’Abdullah M. bin A. bin A. B. A.-A. (2006). Al-Jami’ liah}kam al-Qur’an wa al-Mubayyin Lima Tadammanahu Min as-Sunnah wa Ayi al-Furqan. Al-Risalah.

Al-Qurtubi, A. ’Abdullah M. bin A. bin A. B. A.-A. (2009). Tafsir Al-Qurthubi. Pustaka Azzam.

Al-Sawi, A. bin M. (2005). Hasyiah Al-Sawi ‘ala Tafsir al-Jalain Mudaiyyala Bilubab Al-Nuqul fi asbab Al-Nuzuli Lissuyuti. Daru Ibnu ’Assasah.

Al-Tabari. (1405). Tafsir al-Tabari (Jami’ al-Bayan ’an Ta’wil Ayil-Qur’an). Dar al-Fikr.

Alwy, S., & Arofah, N. N. (2016). Isu-isu Sosial Masyarakat dalam Tafsir (Kajian Analisis Wacana Tafsir Taj al-Muslim min Kalami Rabb al-’Alamin Karya K.H. Misbach Mustafa). Al-Itqan: Jurnal Studi Al-Qur’an, 2(1).

Amrullah, A. M. A. K. (1990). Tafsir Al-Azhar. Pustaka Nasional PTE LTD Singapura.

Ash-Shiddieqy, M. H. (2000). Tafsir Al-Quran Al-Majid An-Nuur. PT. Pustaka Riski Putra.

Azhar, F. A., Nuri, N., & Musyafiq, A. (2020). Kaidah Memahami Kisah Dalam Al-Quran Perspektif Mutawali al-Sya’rawi. Maghza: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 5(2). https://doi.org/10.24090/maghza.v5i2.4329

Aziz, M. A. (2017). Ilmu Dakwah. Kencana.

Baidowi, A. (2015). Aspek Lokalitas Tafsir Al-Iklil fi Ma’ani Al-Tanzil Karya KH Misbah Mustafa. Nun, 1(1).

Baidowi, A. (2020). Tafsir Al-Qur’an di Nusantara. Ladang Kata.

Dahlan, M. M. (2011). Sejarah Perkembangan Islam Di Indonesia Era Reformasi. Indonesia Jurnal Adabiyah, 11(1), 53–64.

Fayed, A. W. (1978). Al-Dakhil fi Tafsir Alquran Alkarim. Maktaba’ah Hasan.

Gusmian, I. (2016). K.H Misbah Ibn Zainul Musthafa (1916-1994 M): Pemikir dan Penulis Teks Keagamaan dari Pesantren. Lektur: Jurnal Keagamaan, 14(1), 115–134.

Hamza, S. (2015). Terjemah Alquran dari Masa ke Masa. Suhuf, 27(1).

Huda, A. Z. (2005). Mutiara Pesantren Perjalanan KH. Bisri Mustafa. LKiS.

Ibrahim, & Syu’aib. (2008). Metodologi Kritik Tafsir: al-Dakhil fi al-Tafsīr. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati.

Kathir, I. (2015). Kisah Para Nabi: Sejarah Lengkap Kehidupan Para Nabi Sejak Adam Hingga Isa. Qisthi Press.

Khalifah, I. (n.d.). al-Dakhil fi al-Tafsir. Dar al-Bayan.

Khusna, A. M. (2019). Kisah Nabi Sulaiman dalam Al-Qur’an (Analisis Stilistika). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ma’arif, L., & Prasetiawati, E. (2020). Analisis Isra’iliyyat Dalam Tafsir Hasyiah Al-Sawi Karya Ahmad Bin Muhammad Sawi Al-Maliki. Al-Quds: Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 4(1). https://doi.org/10.29240/alquds.v4i1.1374

Mahfudin, M. (2021). Muhammad dan Orisinalitas Al-Quran dalam Pandangan Abraham Geiger. Maghza: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 6(1), 135–150. https://doi.org/10.24090/maghza.v6i1.4547

Manzur, I. (1414). Lisan al-’Arab (3rd ed.). Dar al-Shadir.

Mattawang, S. (2017). Wawasan Al-Qur’an Tentang Kepemimpinan Nabi Sulaiman (Suatu Kajian Maudhu’i). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Maulana, A., Hurrahmi, M., & Oki, A. (2021). Kekhasan Pemikiran Misbah Musthofa Dalam Tafsir Al- Iklil Fi Ma ’ ani Al-Tanzil Dan Contoh Teks Penafsirannya. Zad Al-Mufassirun, 3(2), 268–294.

Mustafa, M. bin Z. (n.d.). Al-Iklil fi Ma’ani Tanzil. Al-Ihsan.

Nadhir, M. (2009). Memberdayakan Orang Miskin Melalui Kelompok Swadaya Masyarakat. YAPSEM.

Nur, A. (2020). Muatan Aplikatif Tafsir Bi al-Ma’tsur dan Bi Al-Ra’yi (Telaah Kitab Tafsir Thahir Ibnu ’Asyur dan M. Quraish Shihab. Kalimedia.

Perbamis, T. (2016). Keluarga Besar K.H Misbah Musthofa. Al-Balagh.

Rohman, M. A. J. (2021). Kontroversi Penggunaan Tafsir bi al-Ra’yi dan bi al- ‘Ilmi dalam Interpretasi Ayat Al-Qur’an. An-Nahdlah, 7(2).

Rozaq, M. fathur. (2019). Kultur Ilmu Alquran di Jawa: Studi Kitab Al-Murshid Al-Wajiz fi ’Ilm Alquran Al-’Aziz. Mutawatir: Jurnal Keilmuwan Tafsir Hadis, 9(2).

Shadily, J. M. E. H. (1997). Kamus Inggris Indonesia (27th ed.). Gramedia.

Shadily, J. M. E. H. (2005). Kamus Inggris Indonesia (26th ed.). Gramedia.

Shahbah, M. A. (n.d.). Al-Israiliyyat wa al-Maudu’at fi Kitab al-Tafsir. Maktabah al-Sunnah.

Shihab, M. Q. (2005). Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan Keserasian Al-Qur’an. Lentera hati.

Supriyanto. (2016). Kajian Al-Qur’an dalam Tradisi Pesantren: Telaah atas Tafsir Al-Iklil fi Ma’ani Tanzil. Tsaqafah, 12(2).

Syafril, & Khairudin, F. (2019). Diskursus Metode al-Ra’yu dalam Penafsiran Al-Qur’an. Syahada, 7(2).

Syamsu, M. (1999). Sejarah Perkembangan Islam Di Indonesia Era Reformasi. Lentera Basritama.

Taufiq, W., & Suryana, A. (2020). Penafsiran Ayat-ayat Israiliyyat dalam Al-Qur’an dan Tafsirnya. Prodi S2 Studi Agama Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Ulinnuha, M. (2019). Metode Kritik Ad-Dakhil fit-Tafsir: Cara Mendeteksi Adanya Infiltrasi dan Kontaminasi dalam Penafsiran Alquran. Qaf.

Warson, A. (1997). Kamus al-Munawir. Pustaka Progresif.

Yunus, M. (1990). Kamus (Arab-Indonesia). Hida Karya Agung.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

(1)
Alif Hibatullah; Musyarrofah. Analisis Al-Dakhil Kisah Nabi Sulaiman Dalam Tafsir Al-Iklil Karya Misbah Mustafa. MZA 2023, 8, 119-144.