Revolusi Kajian Tafsir: Pengamatan Kritis terhadap Surat Muhammad Ayat 9 dalam Konteks Akun Instagram @Quranreview
DOI:
https://doi.org/10.24090/maghza.v8i2.7496Keywords:
Tafsir Visual, @Quranreview, InstagramAbstract
Tafsir al-Quran pada umumnya disajikan secara tekstual di dalam kitab-kitab tafsir yang ditulis oleh para Mufassir, dari era klasik sampai era kontemporer. Peran internet pada zaman ini sangatlah penting, akun instagram @Quranreview hadir sebagai kreator yang selalu mengaitkan trend dengan ayat-ayat al-Quran yang dinilai memiliki korelasi dengan trend tersebut. @Quranreview seringkali mengaitkan teks judul dengan trend ataupun konteks trend dengan ayat-ayat al-Quran. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adanya penelitian guna untuk melihat keabsahan korelasi antara trend dan konten tafsir yang disajikan oleh akun @Quranreview tersebut dan sebagai usaha untuk memancing minat para ahli untuk memberi perhatian terhadap eksistensi dari tafsir visual yang bertebaran di media sosial. Tafsir al-Quran yang selama ini hanya tercantum didalam kitab-kitab dapat divisualisasikan dengan menarik, sehingga tafsir al-Quran dapat dipahami secara mudah dan dengan penyebaran tafsir visual di media sosial, dapat menarik minat masyarakat awam untuk memahami makna-makna yang terkandung di dalam al-Quran secara sederhana, menarik, dan mudah.Downloads
References
Afifah, N. (2021). Dakwah Kontekstual Pada Instagram @ @Quranreview Terhadap Minat Belajar AlQuran. Undergraduate Thesis: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Al-Banna, M. R., & Hilmi, M. I. (2022). Analisis atas Respon Netizen pada Postingan Akun @@Quranreview di Instagram. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.15575/jis.v2i1.15770
As-Suyuthi, J. (2008). Al-Itqan Fi Ulumil Qur’an (T. E. Indiva (ed.); 2008th ed.). Indiva Pustaka.
Ash-Shabuni, M. A. (1981). Shafwatut Tafasir (Jilid 3). Darul Quran Al-Karim.
Ath-Thabari. (1994). Jaami’ul Bayan ’an Ta’wilil Qur’an (Jilid 7). Muassasah Ar-Risalah.
Bashori, A. I. (2019). Pergeseran Tafsir Tahliliy Menuju Tafsir ‘Ijmaliy. Kaca (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, 9(1), 105–122. https://doi.org/10.36781/kaca.v9i1.3007
Damar, A. M. (2022). Remake Video Klip Noah Menghapus Jejakmu Jadi Trending Topic di Twitter. https://www.liputan6.com/tekno/read/4866168/remake-video-klip-noah-menghapus-jejakmu-jadi-trending-topic-di-twitter
Hamka. (1989). Tafsir Al-Azhar (Jilid 1). Pustaka Nasional PTE LTD.
Hananindya Karina Sari Pratiwi, A. A. (2022). Strategi Pembuatan Konten Kreatif Instagram Yaumi Indonesia Sebagai Sarana Dakwah. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(8.5.2017), 10029–10054. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders
Jannah, R. (2021). Tafsir Al-Qur’an Media Sosial: Studi Model Tafsir Pada Akun Instagram @Quranriview. Undergraduate Thesis: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Katsir, I. (1998). Tafsir Al-Quran Al-Adzhim (1st ed.). Darul Kutub Al-Ilmiyah.
Maesaroh, M., & Sari, R. R. (2018). Instagram Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa. Multaqa Nasional Bahasa Arab, 1(1), 1–11. https://munasbauai.com/index.php/mnba/article/view/38/15
Miski, M., & Hamdan, A. (2019). Alqur’an Dan Hadith Dalam Wacana Delegitimasi Nasionalisme Di Media Online Islam. Al-A’raf : Jurnal Pemikiran Islam Dan Filsafat, 16(1), 25. https://doi.org/10.22515/ajpif.v16i1.1644
Muhammad bin Shalih asy-Syawi. (n.d.). Surat Muhammad Ayat 9 Nafahat Al-Makkiyah. Tafsirweb. Retrieved December 4, 2022, from https://tafsirweb.com/9645-surat-muhammad-ayat-9.html
Studios, M. (n.d.). Peterpan-Menghapus Jejakmu. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=Qk8C5dDz3LU
Syamilah, M. (n.d.-a). Al-Mufrodat Fi Gharib Al-Quran. https://shamela.ws/book/23636/198#p13
Troboslivestock. (2021). Manajemen Nutrisi Pakan Kuda. Troboslivestock. http://troboslivestock.com/detail-berita/2021/02/01/8/13970/manajemen-nutrisi-pakan-kuda
Z, H. P. (2021). Komudifikasi Hadis Hijrah Fest (Studi Kasus Instagram Hijrah Fest). Tesis, 1–184.
Zahro’, N. (2017). TAFSIR VISUAL Kajian Resepsi atas Tafsir dan Ilustrasi dalam Tafsir Juz ‘Amma for Kids. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 16(1), 123–143. https://doi.org/10.14421/qh.2015.1601-07
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Addien Nastiar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).