Ilmu Hikmah: Dari Dogma Ke Paradigma (Interpretasi Ma’na-Cum-Maghza,Q.S. Al-Baqarah: 129)
DOI:
https://doi.org/10.24090/maghza.v7i2.7313Keywords:
Hermeneutika, Ilmu Hikmah, Ma’na-Cum-Maghza, Q.S. AlBaqarah: 129Abstract
Anggapan ilmu hikmah sebagai ilmu kesaktian atau ilmu perdukunan adalah akibat penyempitan makna dari kata hikmah yang sebenarnya luas. Penyempitan makna tersebut dipengaruhi oleh hasil terjemah dalam kamus besar bahasa Indonesia. Terlebih lagi jika dihubungkan dengan agama oleh masyarakat yang pada akhirnya menjadi sebuah dogma dalam memandang ilmu hikmah sebagai ilmu kesaktian. Padahal keluasan makna kata hikmah disebutkan salah satunya dalam Q.S. Al-Baqarah: 129 sebagai salah satu sumber ilmu bagi kehidupan manusia. Hikmah sebagai sebuah ilmu maka tentu saja cakupannya harus luas dan tidak terpaku oleh beberapa jenis ilmu saja seperti ilmu spiritual dan sejenisnya. Oleh karena itu anggapan terkait ilmu hikmah sebagaimana disebutkan di atas harus dikonstruksi ulang dan diperluas. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk merekonstruksi pandangan terhadap ilmu hikmah yang sempit (sebuah dogma) menjadi lebih luas (sebagai paradigma). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan hermeneutika ma’na-cum-maghza untuk menemukan makna, signifikansi serta implikasi ayat terkait ilmu hikmah. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ilmu hikmah bukan hanya sebuah ilmu kesaktian atau ilmu perdukunan saja, tetapi segala jenis ilmu yang dapat membawa manfaat untuk kehidupan, bahkan ilmu tambal ban dapat dikatakan juga sebagai ilmu hikmah. Karena secara ma’na dan maghza, maksud Q.S. Al-Baqarah: 129 adalah anjuran agar manusia terus membangun peradaban di dunia.Downloads
References
Abduh, M., & Rasyid Rida, M. (1367). Tafsir al-Manar: Tafsir al-Qur’an al-Azim (Vol. 1). Dar al-Manar.
al-Mahalli, J. al-Din, & al-Suyuti, J. al-Din. (2001). Tafsir al-Jalalain (3 ed.). Dar Ibn Katsir.
Al-Ashfahany, A.-R. (502). Al-Mufradat fi Gharib al-Qur’an. Dar al-Marefah.
Ali ash-Shabuni, M. (1981). Shafwah at-Tafasir (Vol. 1). Dar al-Qur’an al-Karim.
Al-Wasith. (2011). Majma’ al-Lughah al-’Arabiyyah. Maktabah al-Syuruq al-Dauliyyah.
Alwi, H. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Ath-Thabari. (1994). Jami’ul Bayan ’An Ta’wil Al-Qur’an (Vol. 1). Muassasah ArRisalah.
Fadhlurrahman, M. B., Munawir, Wardah, R. S., & Mundzir, M. (2022). Rekonstruksi Dakwah di Media Online: Kontekstualisasi Makna Hikmah dalam Q.S. An-Nahl: 125 Aplikasi Pendekatan Ma’na-Cum-Maghza. Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, 7.
Hamka. (t.t.). Tafsir Al-Azhar (Vol. 5). Pustaka Nasional.
Hamka. (1989). Tafsir Al-Azhar (Vol. 1). Pustaka Nasional.
Hasan, F. (2020). Hikmah dalam Tafsir Ibnu Katsir. Skripsi IAIN Bengkulu.
Ibnu al-Hasan, A. (1988). Al-Munjid fi al-Lughah. al-Qahirah.
Ibnu Katsir. (2010). Tafsir Al-Qur’an Al-’Azhim Lil Ibnu Katsir (Vol. 1). Dar Ibn AlJauzi.
Ibnu Manzur. (2014). Lisan al-Arab (Vol. 16). Dar Islamiyyah.
Iswarini, T. (2020). Metode Dakwah Bil Hikmah Sebagai Proses Pembentukan Karakter Remaja Di Desa Gunung Raya Kecamatan Marga Sekampung Lampung Timur. Skripsi IAIN Metro.
Musthafa Hammad, F. R. (2016). Konsep Ilmu, Hikmah dan Tarbiah. Universitas Ibnu Khaldun Bogor.
Perdana, A. (t.t.). Ilmu Hikmah: Antara Karamah & Kedok Perdukunan.
Quraish Shihab, M. (2002). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an (Vol. 1). Lentera Hati.
Ritonga, W. (2019). Penafsiran Kata Al-Hikmah dalam Al-Qur’an (Suatu Kajian Tematik dalam Tafsir Al-Misbah). Skripsi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Suryaningsih, I. (2020). Ilmu Hikmah dalam Pandangan Masyarakat Bojonegara (Studi di Kampung Pengarengan Desa Pengarengan Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang Banten). Skripsi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Syamsuddin, S. (2017). Hermeneutika Dan Pengembangan Ulumul Qur’an (Revisi dan Perluasan). Nawasea Press.
Syamsuddin, S. (2020). Pendekatan Ma’na-Cum-Maghza Atas Al-Qur’an Dan Hadits: Menjawab Problematika Sosial Keagamaan Di Era Kontemporer. Ladang Kata.
Tim Pelaksana Pentashihan Al-Qur’an. (2010). Mushaf Al-Azhar Al-Qur’an dan Terjemah (Vol. 1). Jabal Ar-Raudhoh Al-Jannah.
Wahyudin, A. (2020). Kajian Epistimologi Terhadap Ilmu Hikmah dan Penyimpangan Prakteknya dalam Masyarakat (Studi pada Wirid Hizb Asror di Pesantren Nurul Hikmah Bojonegara Serang-Banten). Tesis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tesa Maulana, Tarto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).