Ilmu Hikmah: Dari Dogma Ke Paradigma (Interpretasi Ma’na-Cum-Maghza,Q.S. Al-Baqarah: 129)

Authors

  • Tesa Maulana UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri
  • Tarto UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri

DOI:

https://doi.org/10.24090/maghza.v7i2.7313

Keywords:

Hermeneutika, Ilmu Hikmah, Ma’na-Cum-Maghza, Q.S. AlBaqarah: 129

Abstract

Anggapan ilmu hikmah sebagai ilmu kesaktian atau ilmu perdukunan adalah akibat penyempitan makna dari kata hikmah yang sebenarnya luas. Penyempitan makna tersebut dipengaruhi oleh hasil terjemah dalam kamus besar bahasa Indonesia. Terlebih lagi jika dihubungkan dengan agama oleh masyarakat yang pada akhirnya menjadi sebuah dogma dalam memandang ilmu hikmah sebagai ilmu kesaktian. Padahal keluasan makna kata hikmah disebutkan salah satunya dalam Q.S. Al-Baqarah: 129 sebagai salah satu sumber ilmu bagi kehidupan manusia. Hikmah sebagai sebuah ilmu maka tentu saja cakupannya harus luas dan tidak terpaku oleh beberapa jenis ilmu saja seperti ilmu spiritual dan sejenisnya. Oleh karena itu anggapan terkait ilmu hikmah sebagaimana disebutkan di atas harus dikonstruksi ulang dan diperluas. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk merekonstruksi pandangan terhadap ilmu hikmah yang sempit (sebuah dogma) menjadi lebih luas (sebagai paradigma). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan hermeneutika ma’na-cum-maghza untuk menemukan makna, signifikansi serta implikasi ayat terkait ilmu hikmah. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ilmu hikmah bukan hanya sebuah ilmu kesaktian atau ilmu perdukunan saja, tetapi segala jenis ilmu yang dapat membawa manfaat untuk kehidupan, bahkan ilmu tambal ban dapat dikatakan juga sebagai ilmu hikmah. Karena secara ma’na dan maghza, maksud Q.S. Al-Baqarah: 129 adalah anjuran agar manusia terus membangun peradaban di dunia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abduh, M., & Rasyid Rida, M. (1367). Tafsir al-Manar: Tafsir al-Qur’an al-Azim (Vol. 1). Dar al-Manar.

al-Mahalli, J. al-Din, & al-Suyuti, J. al-Din. (2001). Tafsir al-Jalalain (3 ed.). Dar Ibn Katsir.

Al-Ashfahany, A.-R. (502). Al-Mufradat fi Gharib al-Qur’an. Dar al-Marefah.

Ali ash-Shabuni, M. (1981). Shafwah at-Tafasir (Vol. 1). Dar al-Qur’an al-Karim.

Al-Wasith. (2011). Majma’ al-Lughah al-’Arabiyyah. Maktabah al-Syuruq al-Dauliyyah.

Alwi, H. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Ath-Thabari. (1994). Jami’ul Bayan ’An Ta’wil Al-Qur’an (Vol. 1). Muassasah ArRisalah.

Fadhlurrahman, M. B., Munawir, Wardah, R. S., & Mundzir, M. (2022). Rekonstruksi Dakwah di Media Online: Kontekstualisasi Makna Hikmah dalam Q.S. An-Nahl: 125 Aplikasi Pendekatan Ma’na-Cum-Maghza. Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, 7.

Hamka. (t.t.). Tafsir Al-Azhar (Vol. 5). Pustaka Nasional.

Hamka. (1989). Tafsir Al-Azhar (Vol. 1). Pustaka Nasional.

Hasan, F. (2020). Hikmah dalam Tafsir Ibnu Katsir. Skripsi IAIN Bengkulu.

Ibnu al-Hasan, A. (1988). Al-Munjid fi al-Lughah. al-Qahirah.

Ibnu Katsir. (2010). Tafsir Al-Qur’an Al-’Azhim Lil Ibnu Katsir (Vol. 1). Dar Ibn AlJauzi.

Ibnu Manzur. (2014). Lisan al-Arab (Vol. 16). Dar Islamiyyah.

Iswarini, T. (2020). Metode Dakwah Bil Hikmah Sebagai Proses Pembentukan Karakter Remaja Di Desa Gunung Raya Kecamatan Marga Sekampung Lampung Timur. Skripsi IAIN Metro.

Musthafa Hammad, F. R. (2016). Konsep Ilmu, Hikmah dan Tarbiah. Universitas Ibnu Khaldun Bogor.

Perdana, A. (t.t.). Ilmu Hikmah: Antara Karamah & Kedok Perdukunan.

Quraish Shihab, M. (2002). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an (Vol. 1). Lentera Hati.

Ritonga, W. (2019). Penafsiran Kata Al-Hikmah dalam Al-Qur’an (Suatu Kajian Tematik dalam Tafsir Al-Misbah). Skripsi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Suryaningsih, I. (2020). Ilmu Hikmah dalam Pandangan Masyarakat Bojonegara (Studi di Kampung Pengarengan Desa Pengarengan Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang Banten). Skripsi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Syamsuddin, S. (2017). Hermeneutika Dan Pengembangan Ulumul Qur’an (Revisi dan Perluasan). Nawasea Press.

Syamsuddin, S. (2020). Pendekatan Ma’na-Cum-Maghza Atas Al-Qur’an Dan Hadits: Menjawab Problematika Sosial Keagamaan Di Era Kontemporer. Ladang Kata.

Tim Pelaksana Pentashihan Al-Qur’an. (2010). Mushaf Al-Azhar Al-Qur’an dan Terjemah (Vol. 1). Jabal Ar-Raudhoh Al-Jannah.

Wahyudin, A. (2020). Kajian Epistimologi Terhadap Ilmu Hikmah dan Penyimpangan Prakteknya dalam Masyarakat (Studi pada Wirid Hizb Asror di Pesantren Nurul Hikmah Bojonegara Serang-Banten). Tesis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

(1)
Tesa Maulana; Tarto. Ilmu Hikmah: Dari Dogma Ke Paradigma (Interpretasi Ma’na-Cum-Maghza,Q.S. Al-Baqarah: 129). MZA 2022, 7, 156-172.