Konsep Makar (Tipu Daya) Tuhan Prespektif Semantik Toshiko Izutsu

Authors

  • Anita Ulyati Azizah Universitas Islam Negri Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • M Safwan Mabrur UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/maghza.v7i2.6980

Keywords:

Makar, Konsep, Semantik, Toshihiko, Izutsu

Abstract

Artikel ini membahasa terkait term makar dalam Al-Qur’an dengan analisis kebahsaan yaitu pendekatan semantic Toshihiko Izutsu. Pemahaman terhadap makar pada saat ini hanya menitik beratkan pada konotasi negative dan hanya terjadi di dunia politik karena kekuasaan, namun pada hakikatnya makar sering terjadi karena rasa dengki dan siapa saja dapat melakukan makar. Makar dalam Al-Qur’an tidak hanya bersifat negative, hal ini diperkuat dengan adanya Tuhan sebagai pelaku makar. Maka, peneliti mencoba mengungkap pemahaman terhadap makar yang terkandung dalam Al-Qur’an dengan melakukan kajian teoritis dan kajian historis terhadap term makar. Dalam penelitian ini, peneliti membuktikan bahwa makar merupakan perbuatan tipu daya muslihat, makar dalam Al-Qur’an tidak hanya berkonotasi negatif, namun juga postif dengan pengecualian Tuhan sebagai pelaku makar untuk membuktikan kekuasaan Nya. Penelitian ini juga membuktikan bahwa pelaku makar tidak hanya dilakukan di dunia politik, namun juga di masyarakat sekitar. Bentuk makar dalam Al-Qur’an di antaranya Al Kinayah, Al Bghyu, Al Kaid, Al Mihal, Al Khida’, Al ‘Itimar, Al Dakhl yang memiliki kemiripan makna, namun karakter yang berbeda, seperti term Al Mihal yang hanya boleh dinisbahkan kepada Allah yang memiliki kekuatan, daya upaya merencanakan tipu daya dengan keahlian unggul. Pembuktian Selanjunya yaitu, makar dalam Al-Qur’an memiliki konteks yang berbeda, di antaranya sebagai adzab, hukuman, pertolongan, perlindungan, pembunuhan, peperangan, penipuan, dan ingkar terhadap ayat-ayat Allah.  Maka, konsep pada penelitian ini adalah makar merupakan perbuatan yang harus dihindari karena dapat merusak keharmonisan, namun makar setiap makar yang dilakukan oleh Tuhan akan selalu bersifat baik untuk makhluk Nya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Ja’far Muhammad bin Jarir Ath-Thabari, Besus Hidayat Amin, Ahsan Askan, and Mukhlis b Mukti. 2007. Tafsir Ath-Thabari. Jakarta: Pustaka Azzam.

Adawiyah, Rabiatul. 2019. “Makar Dalam Prespektif Al-Qur’an (Kajian TafsirTematik),” 87.

Al Alusiy al Baghdadi, Shihabuddin Al Sayyid Mahmud. 1994. Ruh al Ma’ani Fi Tafsir Al-Qur’an al ’Adzim Wa al Sab’i al Mathani. Beirut: Dar al Fikr.

Al Baghwy, Al Imam Muhyi As Sunnah Abi Muhammad Al Husain Bin Mas’ud. 1409. Tafsir Al Baghwy (Ma’alim At Tanzil). Vol. 2. Arab Saudi: Dar Thoyyibah.

Al Harrany, Taqiyyu al Din Ahmad Ibn Taimiyah. 1426. Majmu’at al Fatawa. Cet. III. Vol. 14. Mansurah: Dar al Wafa.

Al Jurjani, Al Syarif Ali Bin Muhammad. 2012. Kitab Al Ta’rif. Beirut: Dar Al Kutub Al Ilmiyah. http://catalog.uinsby.ac.id//index.php?p=show_detail&id=81653.

Alam, Chaidir. 2020. “Penafsiran Sayyid Qutb Tentang Ayat-Ayat Makar,” 51.

Alfathah, Suryana. 2020. “Penafsiran Ali Al-Shabuni terhadap ayat-ayat Al-Qur’an yang mengandung kata makar dalam tafsir Shafwah Al-Tafasir.” Diploma, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/38053/.

Al-Wahidiy, Imam Abi Hasan ’Ali bin Ahmad. 1991. “Asbabunuzulul Qur’an.” Darul Kitab ’AIamiyyah.

“Arti Kata Semantik - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online.” n.d. Accessed September 28, 2022. https://kbbi.web.id/semantik.

Ash Shabuni, Muhammad Ali. 1999. Shafwah At Tafsir. Ed.2. Jakarta: Darul Kitab Islamiyah.

Baqi, Muhammad Fuad Abdul. 2007. Al Mu’jamul Mufahras Lialfaadzi Al Qur’an Al Kariim. Darel Hadiid.

Ghoffar, terj. M. Abdul. 2006. Lubabu at Tafsir min Ibn Katsir. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Hamidy, Zainuddin, and Fachruddin, dkk. 1961. Terjemah Hadist Shahih Bukhari (Al Imam Al Bukhari) Jilid I, II, III & IV. Cet. 4. Jakarta: Widjaja/Klang Book Centre.

Hamka, Haji Abdul Malik Abdul Karim Amrullah. 1999. Tafsir Al Azhar. Vol. 2. Singapura: Pustaka Nasional PTE LTD.

Hanbal, Ahmad bin Muhammad bin. 2014. Musnad Imam Ahmad. s.l.: Pustaka Azzam.

Hasyim, Muhammad Syarif. 2014. “Wawasan Al-Qur’an tentang al-Makr (Telaah Tematik atas Ayat-ayat al-Makr dalam Al-Qur’an).” Doctoral, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. https://repositori.uin-alauddin.ac.id/688/.

———. 2021. Al-Qur’an Berbicara Tentang Makar. Pertama. Sulawesi Tengah: Penerbit Pesantren Anwarul Qur’an.

Inayah, Siti Nuril. 2011. “Penafsiran Hamka Tentang Ayat-Ayat Yang Mengandung Lafadz Makar(Studi Atas Tafsir Al-Azhar),” November. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/1702.

Izutsu, Toshihiko. 1997. Relasi Tuhan dan manusia: pendekatan semantik terhadap Al-Qur’an. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Izutsu, Toshihiko, and Agus Fahri Husein. 1993. Konsep-konsep etika religius dalam Qur’an. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Kemendikbud. n.d. KBBI Offline (version 1.51.exe).

M. Quraish Shihab. 2002. Tafsir Al-Mishbah (Pesan, Kesan, Dan Keserasian Al-Qur’an). Vol. 15. Lentera Hati.

Madkur et al, Ibrahim. 2004. Al-Mu’jam Al-Waseet. المعجم الوسيط | Madkur I. et al. | Download. Mesir-Arabiyah: Maktabah Asyuruq Ad Dauliyah. https://id.id1lib.org/book/3277344/9d1fa3.

Mandzur, Ibn. 1955. Lisan Al ’Arab. Vol. 3. Beirut: Dar Shadir.

Muhammad Mashum Bin ’Ali. n.d. Al Amtsilatu at Tafshiriyyah. Surabaya: Salim Bin Sa’id Bin Nabhan.

Munawwir, Ahmad Warson. 1997. Al-Munawwir: kamus Arab-Indonesia.

Nahwu Kilat Perpaduan Antara Teori dan Praktik Ringkas & Jelas. 2008. 1st ed. Bandung: Nuansa Aulia.

Sahiron Syamsudin, Heri. 2017. Hermeneutika Dan Pengembangan Ulumul Qur’an. Cet. II. Yogyakarta: Pesantren Nawesea Press.

Sayyid Quthb. 2003. Tafsir Fi Zhilalil Qur’an Dibawah Naungan al-Qur’an. Cet. 1. Jakarta: Gema Insani Press.

Shaleh, Qamaruddin, and Dahlan. 1999. Asbabun Nuzul (Latar Belakang Historis Turunnya Ayat-Ayat Al-Qur’an). XX. Bandung: cv. Diponegoro Bandung.

Shihab, M. Quraish, and Muhammad Quraish Shihab. 2012. Tafsir Al Misbah (Surah Yûsuf, Surah ar-Raʿd, Surah Ibrâhîm, Surah al-Hijr, Surah an-Nahl). Cetakan V. Tafsîr Al-Mishbâẖ : Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qurʾan / M. Quraish Shihab 6. Jakarta: Lentera Haiti.

Shihab, Moh Quraish. 2005. Tafsir Al-Mishbāh: Pesan, Kesan, Dan Keserasian al-Qur’an. Cet. 6. Ciputat, Jakarta: Lentera Hati.

Tohir, Ahmad. 2020. Ayat-ayat siasat dan relevansinya dalam kehidupan bermasyarakat (Kajian Tafsir Tematik) | PERPUSTAKAAN IAIMNU METRO LAMPUNG. IAIM NU METRO : Metro Lampung. //www.iaimnumetrolampung.ac.id/library/index.php?p=show_detail&id=35010&keywords=.

Umar, Muhammad al Razy Fakhr al Din ibn ’Alamah Dhiya al Din. 1990. At Tafsir Kabir Mafatih Al Ghaib. Beirut: Dar Al Kutub Al Ilmiyah.

Zakaria, Abi Husein Ahmad bin Faris. 1972. Mu’jam Maqayis al Lughah. Kairo: Syirkah Maktabah Musthafa al Babi. http://catalog.uinsby.ac.id//index.php?p=show_detail&id=76865.

Zuhaily, Wahbah. 2007. Tafsir al-munir. Petaling Jaya, Selangor: Intel Multimedia and Publication.

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

(1)
Ulyati Azizah, A.; Safwan Mabrur, M. Konsep Makar (Tipu Daya) Tuhan Prespektif Semantik Toshiko Izutsu. MZA 2022, 7, 22-46.