Konsep Pendidikan Era Medsos: Analisis dimensi Hifdz Din Menurut Luqman al-Hakim dengan Pendekatan Maqasidi

Authors

  • Siti Fahimah Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah

DOI:

https://doi.org/10.24090/maghza.v7i1.6441

Keywords:

Al-Qur'an Education, Luqman's Story, Hifzd Din, Social Media Era

Abstract

Realitas perubahan zaman yang terus bergerak dinamis di beberapa negara, terutama di Indonesia, berdampak pada kemrosotan nilai-nilai moral cukup signifikan. Berbagai perubahan dan perkembangan zaman memperangaruhi gaya dan pola kehidupan manusia masa kini. Di Era medsos ini tidak hanya membawa dampak positif tetapi juga membawa dampak negatif. Melalui tulisan ini, penulis akan mencoba menganalisis lebih lanjut dimensi hidfz ad-din dalam kisah Luqman Al-Hakim dalam Qur’an surat Luqman ayat 13-19 serta bagaimana nilai-nilai pendidikan tersebut dapat diimplementasikan di era medsos saat ini. Untuk melakukan analisi tersebut, penulis akan menggunakan pendekatan tafsir maqashidi yang akan berusaha mengungkap dimensi-dimensi maqashid dan nilai-nilai qur’ani dalam Qur’an surat Luqman ayat 13-19. Pada penelitian ini penulis akan berusaha menyoroti kisah Luqman Al-Hakim menggunakan pendekatan tafsir maqashidi untuk menemukan maqashid di balik nasihat-nasihat Luqman al-Hakim kepada putranya. Penulis berhipotesa bahwa nasihat-nasihat Luqman al-Hakim mengandung prinsip-prinsip pendidikan yang penting diungkap serta dikembangkan sebagai tawaran model pendidikan untuk menghadapi era medsos seperti saat ini. Pada Qur’an surat Luqman ayat 13-19 penulis memahami nasehat-nasehat Luqman Al-Hakim penting diterapkan pada sistem pendidikan. Dari beberapa nasehat yang terkandung didalamnya ada 3 point besar yakni: Pendidikan aqidah, Pendidikan ibadah dan pendidikan akhlaq.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Susanti. (2017). Bliboiterapi untuk Pengasuhan Membangun Karakter Anakdengan Kisah. Noura Publishing. al-fikra, Tabrani. (2019). Metode Amtsal Dalam Pembelajaran Menurut Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Ilmiyah Keislaman, 18(1). Al-Ghazali, M. B. M. (t.t.). Ihya’ Ulum Ad-Din Vol. 3. Dar Al-Ma’rifah. Al-Syeikh, A. B. M. bin A. bi I. (t.t.). Maktabah SyamillahTafsir Ibnu Katsir jilid 6. Al-Wahidi, I. A. hasan A. (1999). Asbabun Nuzul Al Quran. Dar Al-Kitab Al-alamiyah. Arrista, D. (2011). Uswatun Hasanah Dalam Al-Qur’an. Bolotio, R. (t.t.). Dasar-Dasar Pendidikan Islam Dalam Surat Luqman Ayat 12-19 Menurut
Tafsir Ibnu Katsir. Budiman, N. (2001). Pendidikan dalam Perspektif Al Qur’an. Madani Press. Fanhas, E. (2017). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Menurut Qs.Luqman: 13-19.” Pedagodi. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3a). Fanhas, Elfan. (2017). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Menurut QS.Luqman:
13-19. Pedagodi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3a). Hamdani, H. (1998). Filsafat Pendidikan Islam. Pustaka Setia. Hamka. (1982). Tafsir Al-Azhar. Vol. Xii. Putra Panjimas.
Hardiansyah. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Dan Sosial Bagi Anak DalamQs Luqman;
12-19. Edu Society Jurnal Pendidikan,Ilmu Sosial Dan Pengabdian KepadaMasyarakat, 1(2). Ibnu Katsir. (2004). Tafsir Ibnu Katsir (Vol. 6). Pustaka Imam As-Syafi’i. Jauhari, H. (2005). Fikih Pendidikan. Rosdakarya. Katsir, I. (2004). Tafsir Ibnu Katsir (Vol. 6). Pustaka Imam As-Syafi’’i. Kompas. (2021a). Gara Gara VideoTiktok Injak Rapor 5 Siswa Smp DikeluarkanDari
Sekolah. Https://Amp.Kompas.Com/Regional/Read/2018/02/04/18182571/Mahfud-Md-Sambangi-Keluarga-Guru-Yang-Tewas-Dianiaya-Muridnya
Kompas. (2021b). Mahfud Md Sambangi Keluarga Guru Yang Tewas Dianiaya Muridnya. Https://Amp.Kompas.Com/Regional/Read/2018/02/04/18182571/Mahfud-Md- Sambangi-Keluarga-Guru-Yang-Tewas-Dianiaya-Muridnya
Kuwado, F. H. (2016). Jejak Organisasi Gavatar di Indonesia. Kompas. Lestari, Sri. (2016). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan KonflikdalamKeluarga. Kencana. Mukodi, M. (2010). NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAMQ.S. LUQMAN: 12-19 TERHADAP KEPRIBADIAN ANAK. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(1), 287–300. Mustofa, G. E. (2015). Nilai Pendidikan Dalam Surat Luqman Ayat Ke 12 Sampai Ke-19Dalam Kitab Tafsir Al Misbah. 15(1). Nurrohmah, M. R., & dkk. (2020). Tujuan Pendidikan Perspektif Al Quran dan PendidikanBarat. Innovative Education Journal, 2(2). Nurwadjah, A. (2007). Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan “Hati Yang Semangat Hingga KisahLuqman. Marja. Prahara, E. Y. (2015). METODE TARGHIB WA TARHIB DALAMPENDIDIKANISLAM. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 157–169. https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i1.243
Prasetiawati, E. (2017). Konsep Pendidikan Anak Menurut Al-Qur’an PerspektifMuhammad Quraish Shihab. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1). Purwatiningsih. (2016). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Menurut Al-QuranKajianSurah Al-Luqman Ayat 13-18. Tadbir Muwahid, 5(2). https://doi.org/Https://Doi.Org/10.30997/Jtm.V5i2.331. Republika. (2021). Aksi Bullying Pelajar Di Kabupaten Bekasi Dipicu Saling EjekDi
Medsos. Https://Megapolitan.Kompas.Com/Read/2020/07/28/23322431/Aksi-Bullying-Pelajar-Di-Kabupaten-Bekasi-Dipicu-Saling-Ejek-Di-Medsos Rosyidin, D. (t.t.). Metode Hiwar. Sari Indah Puspita. (t.t.). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Pada Kisah LuqmanAl-Hakim. Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Mishbah Pesan,Kesan Dan Keserasian Al-Quran (Vol. 11). Lentera hati. Shihab M.Quraish. (2002). Tafsir Al-Mishbah pesan,kesan dan keserasian al-Quran(Vol. 11). Lentera Hati. Suardi, S., & dkk. (t.t.). Potensi Jurnal Kependidikan Islam. Syaodih, E. W. (1995). Psikologi Perkembangan. mandar Maju. Syarifin, A. (2018). Aspek Psikologi Dan Kesehatan Mental DalamPendidikanAqidahDan Ibadah Peserta Didik. Nuansa : Jurnal Studi Islam Dan Kemasyarakatan, 11(1). https://doi.org/Https://Doi.Org/10.29300/Nuansa.V11i1.1346. Yusuf, Syaifulloh. (2019). Konsep Pendidikan Akhlaq Syeikh Muhammad Syakir dalamMenjawab Tantangan Pendidikan di Era Digital. 2. Zubaidah, S. (t.t.). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Anak Usia Dini (KajianQuran Surat Luqman Ayat 17. Hamalatul Quran :Jurnal Ilmu-Ilmu Al Quran. Zulaikha, A. P. (2019). Kenakalan Terhadap Remaja Terkait Dengan Isu-IsuDalamManajemen Pendidikan. https://doi.org/Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/J3d42

Downloads

Published

2022-08-05

How to Cite

(1)
Fahimah, S. Konsep Pendidikan Era Medsos: Analisis Dimensi Hifdz Din Menurut Luqman Al-Hakim Dengan Pendekatan Maqasidi. MZA 2022, 7, 80-102.