Konsep Pendidikan Era Medsos: Analisis dimensi Hifdz Din Menurut Luqman al-Hakim dengan Pendekatan Maqasidi
DOI:
https://doi.org/10.24090/maghza.v7i1.6441Keywords:
Al-Qur'an Education, Luqman's Story, Hifzd Din, Social Media EraAbstract
Realitas perubahan zaman yang terus bergerak dinamis di beberapa negara, terutama di Indonesia, berdampak pada kemrosotan nilai-nilai moral cukup signifikan. Berbagai perubahan dan perkembangan zaman memperangaruhi gaya dan pola kehidupan manusia masa kini. Di Era medsos ini tidak hanya membawa dampak positif tetapi juga membawa dampak negatif. Melalui tulisan ini, penulis akan mencoba menganalisis lebih lanjut dimensi hidfz ad-din dalam kisah Luqman Al-Hakim dalam Qur’an surat Luqman ayat 13-19 serta bagaimana nilai-nilai pendidikan tersebut dapat diimplementasikan di era medsos saat ini. Untuk melakukan analisi tersebut, penulis akan menggunakan pendekatan tafsir maqashidi yang akan berusaha mengungkap dimensi-dimensi maqashid dan nilai-nilai qur’ani dalam Qur’an surat Luqman ayat 13-19. Pada penelitian ini penulis akan berusaha menyoroti kisah Luqman Al-Hakim menggunakan pendekatan tafsir maqashidi untuk menemukan maqashid di balik nasihat-nasihat Luqman al-Hakim kepada putranya. Penulis berhipotesa bahwa nasihat-nasihat Luqman al-Hakim mengandung prinsip-prinsip pendidikan yang penting diungkap serta dikembangkan sebagai tawaran model pendidikan untuk menghadapi era medsos seperti saat ini. Pada Qur’an surat Luqman ayat 13-19 penulis memahami nasehat-nasehat Luqman Al-Hakim penting diterapkan pada sistem pendidikan. Dari beberapa nasehat yang terkandung didalamnya ada 3 point besar yakni: Pendidikan aqidah, Pendidikan ibadah dan pendidikan akhlaq.Downloads
References
Tafsir Ibnu Katsir. Budiman, N. (2001). Pendidikan dalam Perspektif Al Qur’an. Madani Press. Fanhas, E. (2017). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Menurut Qs.Luqman: 13-19.” Pedagodi. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3a). Fanhas, Elfan. (2017). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Menurut QS.Luqman:
13-19. Pedagodi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3a). Hamdani, H. (1998). Filsafat Pendidikan Islam. Pustaka Setia. Hamka. (1982). Tafsir Al-Azhar. Vol. Xii. Putra Panjimas.
Hardiansyah. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Dan Sosial Bagi Anak DalamQs Luqman;
12-19. Edu Society Jurnal Pendidikan,Ilmu Sosial Dan Pengabdian KepadaMasyarakat, 1(2). Ibnu Katsir. (2004). Tafsir Ibnu Katsir (Vol. 6). Pustaka Imam As-Syafi’i. Jauhari, H. (2005). Fikih Pendidikan. Rosdakarya. Katsir, I. (2004). Tafsir Ibnu Katsir (Vol. 6). Pustaka Imam As-Syafi’’i. Kompas. (2021a). Gara Gara VideoTiktok Injak Rapor 5 Siswa Smp DikeluarkanDari
Sekolah. Https://Amp.Kompas.Com/Regional/Read/2018/02/04/18182571/Mahfud-Md-Sambangi-Keluarga-Guru-Yang-Tewas-Dianiaya-Muridnya
Kompas. (2021b). Mahfud Md Sambangi Keluarga Guru Yang Tewas Dianiaya Muridnya. Https://Amp.Kompas.Com/Regional/Read/2018/02/04/18182571/Mahfud-Md- Sambangi-Keluarga-Guru-Yang-Tewas-Dianiaya-Muridnya
Kuwado, F. H. (2016). Jejak Organisasi Gavatar di Indonesia. Kompas. Lestari, Sri. (2016). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan KonflikdalamKeluarga. Kencana. Mukodi, M. (2010). NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAMQ.S. LUQMAN: 12-19 TERHADAP KEPRIBADIAN ANAK. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(1), 287–300. Mustofa, G. E. (2015). Nilai Pendidikan Dalam Surat Luqman Ayat Ke 12 Sampai Ke-19Dalam Kitab Tafsir Al Misbah. 15(1). Nurrohmah, M. R., & dkk. (2020). Tujuan Pendidikan Perspektif Al Quran dan PendidikanBarat. Innovative Education Journal, 2(2). Nurwadjah, A. (2007). Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan “Hati Yang Semangat Hingga KisahLuqman. Marja. Prahara, E. Y. (2015). METODE TARGHIB WA TARHIB DALAMPENDIDIKANISLAM. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 157–169. https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i1.243
Prasetiawati, E. (2017). Konsep Pendidikan Anak Menurut Al-Qur’an PerspektifMuhammad Quraish Shihab. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1). Purwatiningsih. (2016). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Menurut Al-QuranKajianSurah Al-Luqman Ayat 13-18. Tadbir Muwahid, 5(2). https://doi.org/Https://Doi.Org/10.30997/Jtm.V5i2.331. Republika. (2021). Aksi Bullying Pelajar Di Kabupaten Bekasi Dipicu Saling EjekDi
Medsos. Https://Megapolitan.Kompas.Com/Read/2020/07/28/23322431/Aksi-Bullying-Pelajar-Di-Kabupaten-Bekasi-Dipicu-Saling-Ejek-Di-Medsos Rosyidin, D. (t.t.). Metode Hiwar. Sari Indah Puspita. (t.t.). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Pada Kisah LuqmanAl-Hakim. Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Mishbah Pesan,Kesan Dan Keserasian Al-Quran (Vol. 11). Lentera hati. Shihab M.Quraish. (2002). Tafsir Al-Mishbah pesan,kesan dan keserasian al-Quran(Vol. 11). Lentera Hati. Suardi, S., & dkk. (t.t.). Potensi Jurnal Kependidikan Islam. Syaodih, E. W. (1995). Psikologi Perkembangan. mandar Maju. Syarifin, A. (2018). Aspek Psikologi Dan Kesehatan Mental DalamPendidikanAqidahDan Ibadah Peserta Didik. Nuansa : Jurnal Studi Islam Dan Kemasyarakatan, 11(1). https://doi.org/Https://Doi.Org/10.29300/Nuansa.V11i1.1346. Yusuf, Syaifulloh. (2019). Konsep Pendidikan Akhlaq Syeikh Muhammad Syakir dalamMenjawab Tantangan Pendidikan di Era Digital. 2. Zubaidah, S. (t.t.). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Anak Usia Dini (KajianQuran Surat Luqman Ayat 17. Hamalatul Quran :Jurnal Ilmu-Ilmu Al Quran. Zulaikha, A. P. (2019). Kenakalan Terhadap Remaja Terkait Dengan Isu-IsuDalamManajemen Pendidikan. https://doi.org/Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/J3d42
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).