Reading Quraish Shihab's Oral Exegesis About glorifying Women In Social Media

Authors

  • M. Riyan Hidayat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Ahmad Murtaza MZ Sunan Kalijaga Islamic State University Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24090/maghza.v7i1.5923

Keywords:

Glorifying Women, Quraish Shihab, Oral Exegesis

Abstract

Abstract This paper will explain the oral interpretation of Quraish Shihab about glorifying women on social media on the Shihab N Shihab program which is monitored by one of his daughters, Najwa Shihab. The description will explain in the form of a descriptive analysis approach. The data is collected from recorded social media documentation and literature studies. Meanwhile, the theory that will be used in this research is the theory of oral exegesis, which was initiated by Andreas Gorke. The author concludes that the oral practice developed by Quraish Shihab has two faces, namely the context in the Qur'an and the hadith, while the second is the context outside the text of the Qur'an and hadith which is more social in society. Keywords: Glorifying Women, Quraish Shihab, Oral Exegesis   Abstrak Tulisan ini akan menjelaskan tafsir oral dari Quraish Shihab tentang memuliakan perempuan di media sosial pada program Shihab N Shihab yang dimonitori oleh salah satu putri nya Najwa Shihab. Uraian akan menjelaskan dalam bentuk pendekatan deskriptif analisis. Datanya dikumpulkan dari dokumentasi rekaman media sosial dan studi pustaka. Sedangkan teori yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah teori tafsir oral (oral exsegesis) yang digagas oleh Andreas Gorke. Penulis menyimpulkan bahwa praktek oral yang dibangun oleh Quraish Shihab dua wajah yakni Konteks di dalam al-Qur’an dan hadis sedangkan yang kedua konteks diluar teks al-Qur’an dan hadis yang lebih mengarah pada sosial bermasyarakat. Kata kunci: Memuliakan Perempuan, Quraish Shihab, Tafsir Oral  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agesna, Widya. 2018. “Kedudukan Pemimpin Perempuan Dalam Perspektif HukumIslam.” Al Imarah : Jurnal Pemerintahan Dan Politik Islam 3(1): 122. Al-Bukhari, Imam. 2021. “Shahih Bukhari.” carihadis.com. https://carihadis.com/Bulughul_Maram_Arab/496. Aristoteles. 2018. RETORIKA Seni Berbicara. ed. Terjemahan W. Rhys Roberts. Yogyakarta: BASABASI. Badiatul Raziqin, dkk. 2009. 101 Jejak Tokoh Islam Indonesia. Yogyakarta: e- Nusantara. Gorke, Andreas. 2014. “Redefining the Borders of Tafsir: Oral Exegesis, Lay Exegesisand Religional Particlutaries.” Journal of Qur’anic Studies 18(3): 361–78. Gusmian, Islah. 2013. Khazanah Tafsir Indonesia Dari Hermeneutika Hingga Ideologi. Yogyakarta: LKiS. HK, Nawir, Aan Parhani, Muhammad Alwi HS, and Fahruddin Fahruddin. 2020. “Keadilan Berpoligami: Tinjauan Kritis Penafsiran M. Quraish Shihab TerhadapQS. Al-Nisā/4: 3.” Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian: 15. Howard M. Federspiel. 1996. Kajian Al-Qur’an Di Indonesia Dari Mahmud YunusHingga Quraish Shihab. ed. Ter Tajul Arifin. Bandung: Mizan. M. Dawam Rahardjo. 2002. Ensiklopedi Al-Qur’an: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep- Konsep Kunci. Jakarta: Paramadina. M. Quraish Shihab. 2006. Menabur Pesan Ilahi; Al-Qur’an Dan Dinamika KehidupanMasyarakat. Jakarta: Lentera Hati. ———. 2011. “Profil Quraish Shihab.” https://quraishshihab.com/profil-mqs/. ———. 2020. Islam Yang Saya Fahami Keragaman Itu Rahmat. CetakamKe. Tanggerang: Lentera Hati. Moch Cholik Chamid Muttakin. 2001. Konsep Poligami Perspektif Al-Qur’an (Studi
Komparasi Pemikiran Ar- Razi & M Quraish Shihab). Skripsi. Tulungagung: IAINTulungagung. Najwa Shihab Channel. 2020. “Shihab N Shihab ‘Memuliakan Perempuan.’”https://www.youtube.com/watch?v=d6oUq2XtJ5s. Perempuan, Komnas. 2010. Stop Sudah! Kesaksian Perempuan Papua KorbanKekerasan & Pelanggaran Ham Perempuan Papua, 2009-2010. 2010th ed. KomnasPerempuan Papua. ———. 2021. “Perempuan Dalam Himpitan Pandemi : Lonjakan KekerasanSeksual,Kekerasan Siber,Perkawinan Anak,Dan Keterbatasan PenangananDitengah Covid-19.” Journal of Chemical Informatfile:///Users/ghinahana/Downloads/10964-27747-1-PB.pdfion andModeling 138(9): 134. Rohmah, Siti Ngainnur. 2020. “Pemuliaan Islam Terhadap KaumWanita DalamPerspektif Alquran Dan Hukum Positif.” SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i
7(4). Rozi, Choirul, and Akhmad Farroh Hasan. 2020. “Pemuliaan Pendidikan WanitaMenuju Masyarakat Modern (Study Kasus ”PMII” Pramian, Sreseh, SampangMadura).” Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya 26(2):
120–32. Saidul Amin. 2015. Filsafat Feminisme (Studi Kritis Terhadap Gerakan PembahuruanPerempuan Di Dunia Barat Dan Islam). Pekanbaru: CV Mulia Indah Kemala. Saiful Amin Ghafur. 2008. Profil Para Mufassir Al-Qur’an. eds. Pustaka InsanandMadani. Yogyakarta. Subaeda. 2019. Kedudukan Perempuan Dalam Al-Qur’An (Suatu Kajian Tahlili DalamQ.S . Al-Nisa: 124. Makassar: Skripsi Uin Alauddin Makassar. Syarifuddin, Achmad. 2017. “Peran Strategis Kaum Perempuan DalamMewujudkanMasyarakat Religi.” An Nisa’a 12(1): 21–32. Tetty Yukesti. 2015. 51 Perempuan Pencerah Dunia. Jakarta: PT Elex MediaKomputindo. Tono, Sidik. 1996. “Wanita Dalam Pandangan Mufassir Dan Perkembangan Sosial
Budaya Wanita.” Al-Mawardi Edisi V, A: 29. Wardiyah, Jannatul. 2021. “Al-Qur’an Bertutur Tentang Perempuan MelacakKedudukan Perempuan Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Pendidikan Guru2(1). Widyastuti, Pravitri Retno. 2021. “Kasus Oknum Satpol PP Gowa Pukul Ibu Hamil
Berbuntut Panjang, Korban Dilaporkan Ke Polisi.” Tribunnews.com. https://www.tribunnews.com/regional/2021/07/23/kasus-oknum-satpol-pp-gowa- pukul-ibu-hamil-berbuntut-panjang-korban-dilaporkan-ke-polisi. Agesna, Widya. 2018. “Kedudukan Pemimpin Perempuan Dalam Perspektif HukumIslam.” Al Imarah : Jurnal Pemerintahan Dan Politik Islam 3(1): 122. Al-Bukhari, Imam. 2021. “Shahih Bukhari.” carihadis.com. https://carihadis.com/Bulughul_Maram_Arab/496. Aristoteles. 2018. Retorika Seni Berbicara. ed. Terjemahan W. Rhys Roberts. Yogyakarta: Basabasi. Badiatul Raziqin, dkk. 2009. 101 Jejak Tokoh Islam Indonesia. Yogyakarta: e- Nusantara. Gorke, Andreas. 2014. “Redefining the Borders of Tafsir: Oral Exegesis, Lay Exegesisand Religional Particlutaries.” Journal of Qur’anic Studies 18(3): 361–78. Gusmian, Islah. 2013. Khazanah Tafsir Indonesia Dari Hermeneutika Hingga Ideologi. Yogyakarta: LKiS.
HK, Nawir, Aan Parhani, Muhammad Alwi HS, and Fahruddin Fahruddin. 2020. “Keadilan Berpoligami: Tinjauan Kritis Penafsiran M. Quraish Shihab TerhadapQS. Al-Nisā/4: 3.” Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian: 15. Howard M. Federspiel. 1996. Kajian Al-Qur’an Di Indonesia Dari Mahmud YunusHingga Quraish Shihab. ed. Ter Tajul Arifin. Bandung: Mizan. M. Dawam Rahardjo. 2002. Ensiklopedi Al-Qur’an: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep- Konsep Kunci. Jakarta: Paramadina. M. Quraish Shihab. 2006. Menabur Pesan Ilahi; Al-Qur’an Dan Dinamika KehidupanMasyarakat. Jakarta: Lentera Hati. ———. 2011. “Profil Quraish Shihab.” https://quraishshihab.com/profil-mqs/. ———. 2020. Islam Yang Saya Fahami Keragaman Itu Rahmat. CetakamKe. Tanggerang: Lentera Hati. Moch Cholik Chamid Muttakin. 2001. Konsep Poligami Perspektif Al-Qur’an (Studi
Komparasi Pemikiran Ar- Razi & M Quraish Shihab). Skripsi. Tulungagung: IAINTulungagung. Najwa Shihab Channel. 2020. “Shihab N Shihab ‘Memuliakan Perempuan.’”https://www.youtube.com/watch?v=d6oUq2XtJ5s. Perempuan, Komnas. 2010. Stop Sudah! Kesaksian Perempuan Papua KorbanKekerasan & Pelanggaran Ham Perempuan Papua, 2009-2010. 2010th ed. KomnasPerempuan Papua. ———. 2021. “Perempuan Dalam Himpitan Pandemi : Lonjakan KekerasanSeksual,Kekerasan Siber,Perkawinan Anak,Dan Keterbatasan PenangananDitengah Covid-19.” Journal of Chemical
Informatfile:///Users/ghinahana/Downloads/10964-27747-1-PB.pdfion andModeling 138(9): 134. Rohmah, Siti Ngainnur. 2020. “Pemuliaan Islam Terhadap KaumWanita DalamPerspektif Alquran Dan Hukum Positif.” Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i
7(4). Rozi, Choirul, and Akhmad Farroh Hasan. 2020. “Pemuliaan Pendidikan WanitaMenuju Masyarakat Modern (Study Kasus ”PMII” Pramian, Sreseh, SampangMadura).” Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya 26(2):
120–32. Saidul Amin. 2015. Filsafat Feminisme (Studi Kritis Terhadap Gerakan PembahuruanPerempuan Di Dunia Barat Dan Islam). Pekanbaru: CV Mulia Indah Kemala. Saiful Amin Ghafur. 2008. Profil Para Mufassir Al-Qur’an. eds. Pustaka InsanandMadani. Yogyakarta. SUBAEDA. 2019. Kedudukan Perempuan Dalam Al-Qur’An (Suatu Kajian Tahlili
Dalam Q.S . Al-Nisa: 124. Makassar: Skripsi Uin Alauddin Makassar. Syarifuddin, Achmad. 2017. “Peran Strategis Kaum Perempuan DalamMewujudkanMasyarakat Religi.” An Nisa’a 12(1): 21–32.
Tetty Yukesti. 2015. 51 Perempuan Pencerah Dunia. Jakarta: PT Elex MediaKomputindo. Tono, Sidik. 1996. “Wanita Dalam Pandangan Mufassir Dan Perkembangan Sosial
Budaya Wanita.” Al-Mawardi Edisi V, A: 29. Wardiyah, Jannatul. 2021. “Al-Qur’an Bertutur Tentang Perempuan MelacakKedudukan Perempuan Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Pendidikan Guru2(1). Widyastuti, Pravitri Retno. 2021. “Kasus Oknum Satpol PP Gowa Pukul Ibu Hamil
Berbuntut Panjang, Korban Dilaporkan Ke Polisi.” Tribunnews.com. https://www.tribunnews.com/regional/2021/07/23/kasus-oknum-satpol-pp-gowa- pukul-ibu-hamil-berbuntut-panjang-korban-dilaporkan-ke-polisi.

Downloads

Published

2022-08-05

How to Cite

(1)
Hidayat, M. R.; MZ, A. M. Reading Quraish Shihab’s Oral Exegesis About Glorifying Women In Social Media. MZA 2022, 7, 65-79.