Etika Berkomunikasi Dalam Menyikapi Berita Bohong di Media Sosial Perspektif Al-Quran Surat An-Nur

Authors

  • Ramdanil Mubarok STAI Sangatta Kutai Timur
  • Tutik Hamidah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.24090/maghza.v7i2.5189

Keywords:

etika, komunikasi, media sosial, berita bohong

Abstract

Fenomena media sosial dengan berbagai macam platformnya membuat masyarakat kesulitan dalam menyikapi berita di tengah arus tsunami informasi sehingga masyarakat kesulitan dalam mengidentifikasi suatu berita termasuk berita bohong atau tidak. Lalu bagaimana perspektif Al-Qur’an surat An-NÅ«r tentang berita bohong, dan bagaimana etika berkomunikasi dengan menggunakan media sosial dalam menyikapi berita bohong? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif berbentuk kata, ucapan maupun tulisan seseorang dijadikan objek pengamatan. Peneliti menggali data melalui buku referensi, jurnal, media online, dan beberapa argumen masyarakat berkaitan dengan etika berkomunikasi dalam menyikapi berita bohong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan.  Penggunaan penelitian kepustakaan dapat memecahkan masalah secara mendalam dan kritis terhadap bahan pustaka yang digunakan. Hasilnya adalah bahwa perspektif Al-Qur’an surat an-Nur ayat 11-16 tentang berita bohong antara lain : orang yang menyebarkan berita bohong mendapat azab, orang menerima berita hendaknya melakukan tabayyun, orang yang membawa berita hendaknya mempunyai empat orang saksi, orang yang menyebarkan berita harus mengetahui asal usul berita. Etika berkomunikasi di media sosial hendaknya menghindarkan diri dari menyebarkan berita bohong, selalu berprasangka baik, melakukan tabayyun terhadap suatu berita, menghindarkan diri dari perbuatan dusta sehingga terhindar dari dosa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M. Y., Tambak, S., & Syafitri, M. (2016). Etika Pergaulan Islami Santri Madrasah Aliyah (MA) di Pesantren Jabal Nur Kecamatan Kandis Kabupaten Siak. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(2), 206–226. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/al hikmah:jaip.2016.vol13(2).1524

Ahyad, M. R. M. (2018). Analisis Penyebaran Berita Hoax di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma. Diakses, 25.

Al-Ayyubi, M. Z. (2019). Etika Bermedia Sosial Dalam Menyikapi Pemberitaan Bohong (Hoax) Perspektif Hadis. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 19(2), 148. https://doi.org/10.14421/qh.2018.1902-02

Al-Suyuti, J. (2003). Lubab al-Nuqul Fi Asbab al-Nuzul. Beirut: Muassasah Al-Kutub Ats-Tsaqafiyah.

Al-Tabari, A. J. M. bin J. (2001). Jami’ al-Bayan An Ta’wil Ayat al-Qur’an (Vol. 17). Markaz al-Buhuts Wa Dirasat al-Arabiyah al-Islamiyah.

Al-Thabari, M. bin J. (2009). Tafsir Ath-Thabari. Jakarta: Pustaka Azzam.

Aminah, A., & Sari, N. (2019). Dampak Hoax di Media Sosial Facebook Terhadap Pemilih Pemula. Jurnal Komunikasi Global, 8(1), 51–61. https://doi.org/10.24815/jkg.v8i1.13565

As-Suyuthi, J., & Al-Mahalli, J. (2003). Tafsir jalalain. Surabaya: Imaratullah.

Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 917–929.

Azmi, N. A., Fathani, A. T., Sadayi, D. P., Fitriani, I., & Adiyaksa, M. R. (2021). Social Media Network Analysis (SNA): Identifikasi Komunikasi dan Penyebaran Informasi Melalui Media Sosial Twitter. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(4), 1422–1430. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30865/mib.v5i4.3257

Darussalam, M. (2019). Etika berkomunikasi perspektif hadis (dalam Kutub at-Tis’ah). Diroyah: Jurnal Ilmu Hadis, 4(1), 99–108.

Fitriansyah, F. (2020). Penggunaan Telegram Sebagai Media Komunikasi Dalam Pembelajaran Online. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 20(2), 111–117. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jc.v20i2.8935

Gumbiro, Y., & Saputro, E. P. (2018). Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Page Down Cloth Maker. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Gumgum, G., Justito, A., & Nunik, M. (2017). Literasi Media: Cerdas Menggunakan Media Sosial Dalam Menanggulangi Berita Palsu (Hoax) Oleh Siswa Sma. Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 35–40. https://doi.org/1410 - 5675

Hamka, B. (2001). Tafsir Al-azhar. Singapura: Pustaka Nasional Pte Ltd.

Haris, A. (2010). Etika Hamka; Konstruksi Etik Berbasis Rasional-Religius. LKIS PELANGI AKSARA.

Hendra, T., & Musliadi, P. (2019). Prinsip Dan Unsur-Unsur Komunikasi Dalam Prespektif Al-Quran. Wardah, 20(2), 12–31.

Hew, K. F. (2011). Students’ and teachers’ use of Facebook. Computers in Human Behavior, 27(2), 662–676. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2010.11.020

Ira Trisnawati, dan M. S. M. (2019). Etika Berkomunikasi Dalam Al-Qur’an (Kajian Dalam Surat AL-Ahzab Ayat 32 dan Ayat 70). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Iskandar, A. M. (2020). Interaksi dan Komunikasi Dosen dan Mahasiswa dalam Proses Pendidikan. Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 5(1), 49–61. https://doi.org/10.35673/ajdsk.v5i1.570

Ismatulloh, A. M. (2017). A.M. Ismatulloh Etika Berkomunikasi dalam al- Qur’an. Lentera, 1(2), 129–146.

Juditha, C. (2018). Hoax Communication Interactivity in Social Media and Anticipation (Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial serta Antisipasinya). Journal Pekommas, 3(1), 31. https://doi.org/10.30818/jpkm.2018.2030104

Kasir, I. (2004). Lubabut Tafsir Min Ibni Katsir (Terj. M. A). Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Kementerian Agama, R. (2012). Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Lembaga Percetakan Al-Qur’an (LPQ).

Kementerian Komunikasi dan Informasi RI. (2020). Ada 800.000 Situs Penyebar Hoax di Indonesia.

Majid, A. (2019). Fenomena Penyebaran Hoax dan Literasi Bermedia Sosial Lembaga Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia. Jurnal Komodifikasi, 8, 228–239.

Mardianto. (2019). Prasangka dan Ujaran Kebencian Siber: Peran Pola Komunikasi Daring dan Algoritma Media Sosial (Ruang Gema dan Gelembung Informasi ). Psikologi Sosial Di Era Revolusi Industri 4.0: Peluang Dan Tantangan, 74–85.

Marjuni, A. (2020). Peran Dan Fungsi Kode Etik Kepribadian Guru Dalam Pengembangan Pendidikan. Pendidikan Kreatif, 1(1).

Maulana, L. (2017). Kitab Suci dan Hoax: Pandangan Alquran dalam Menyikapi Berita Bohong. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 2(2), 209–222. https://doi.org/10.15575/jw.v2i2.1678

Miswardi, M., Nasfi, N., & Antoni, A. (2021). Etika, Moralitas Dan Penegak Hukum. Menara Ilmu, 15(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31869/mi.v15i2.2425

Mutiah, T., Albar, I., Fitriyanto, & A.Rafiq. (2019). Etika Komunikasi Dalam Menggunakan Media Sosial. Global Komunika, 1(1), 14–24. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/287201763.pdf

Nabilla, R. (2020). Whatsapp Grup sebagai Media Komunikasi Kuliah Online. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 193–202. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30596%2Finteraksi.v4i2.4595

Nuri Meilan, Kholid Al-Walid, S. (2017). Makna Al-Mutakabbir Dalam Al-Qur’an (Studi Kajian Sematik). Al-Bayan : Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(Juni), 37–44.

Nurrachmi, S., & Puspita, R. (2018). Etika Komunikasi Netizen Di Media Sosial (Studi Etnografi Virtual Terhadap Etika Berkomunikasi Netizen Dalam Menerima Berita dan Informasi Pada Halaman Facebook E100 Radio Suara Surabaya). Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1).

Octavia, S. A. (2020). Etika Profesi Guru. Yogyakarta: Deepublish.

Purba, B., Gaspersz, S., Bisyri, M., Putriana, A., Hastuti, P., Sianturi, E., … Djalil, N. A. (2020). Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Rahadi, D. R. (2017). Perilaku Pengguna dan Informasi Hoax di Media Sosial. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 58–70.

Ramedlon, R. (2021). Komunikasi Sebagai Pembentuk Nilai Dalam Dunia Pendidikan Perspektif Islam. DAWUH: Islamic Communication Journal, 2(2), 49–60.

Sari, A. F. (2020). Etika Komunikasi: Menanamkan Pemahaman Etika Komunikasi pada Mahasiswa. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 127–135. https://doi.org/https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.152

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati.

Syaifullah, I. (2018). Fenomena Hoax di Media Sosial dalam Pandangan Hermeneutika. Skripsi, 1–82.

Syathi, A. B. (1974). Istri-istri Rasulullah SAW. jilid 1 Terj. Jakarta: Bulan Bintang.

Tajiri, H. (2015). Etika dan Estetika Dakwah. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Wahyuningsih, S. (2022). Konsep Etika Dalam Islam. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 8(01).

Ya’qub, H. (1988). Etika Islam. Bandung: Diponegoro.

Zulfikar, E. (2019). Interpretasi Makna Riya’ dalam Al-Qur’an : Studi Kritis Perilaku Riya’ Dalam Kehidupan Sehari-hari. Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an Dan Tafsir, 3(2), 143–157. https://doi.org/10.15575/al-bayan.v3i2.3832

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

(1)
Mubarok, R.; Hamidah, T. Etika Berkomunikasi Dalam Menyikapi Berita Bohong Di Media Sosial Perspektif Al-Quran Surat An-Nur. MZA 2022, 7, 1-21.