Promo Makanan Gratis dengan Membaca Surah Al-Kahfi Setiap Hari Jumat (Resepsi atas Akun Media Sosial Preksu)

Authors

  • Dwi Elok Fardah UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.24090/maghza.v7i2.4420

Keywords:

Promo makanan, Surah al-Kahf, resepsi al-quran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti resepsi fungsional mengenai promo makanan gratis dengan membaca surah al-Kahfi atas akun media sosial salah satu restauran di Yogyakarta yang bernama Ayam Geprek dan Susu, atau yang biasa disebut PREKSU. Wawancara menjadi salah satu metode pengambilan data yang diutamakan dalam penelitian ini, karena penelitian ini merupakan studi kasus mengenai penggunaan surah al-Kahfi sebagai syarat mendapatkan promo makanan gratis. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat kecenderungan resepsi narasumber yang telah diwawancarai mengenai promo makanan tersebut, adalah promo ini menjadi ajang untuk mencari makanan gratis; memotivasi pengunjung untuk membaca surah al-Kahfi; menjadi salah satu jalan sedekah pemilik restauran; dan kecenderungan ketidaksepakatan surah al-kahfi digunakan sebagai media promo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Agus Subhan. 2018. “Khataman Qur’an Berjamaah Secara Online Berbasis Instant Messaging Server.” NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications) 2 (1). https://doi.org/10.36564/njca.v2i2.32.

Arsriani, Ida Ayu Inten, dan Gede Sri Darma. 2013. “Peran Media Sosial Online Dan Komunitas Terhadap Keputusan Nasabah Bank” 10 (2): 4.

Atmadja, Nengah Bawa, dan Luh Putu Sri Ariyani. 2018. Sosiologi Media Perspektif Teori Kritis. 1 ed. Ra jawali Press.

Ekawati, Ni Wayan. 2012. “Jejaring Sosial/Facebook Sebagai Media E-Pengecer” 17 (2): 6.

Fadlillah, Nilna. 2017. “Resepsi Terhadap Alquran Dalam Riwayat Hadis” 3 (2): 28.

Fathurrosyid, Fathurrosyid. 2016. “Tipologi Ideologi Resepsi Al Quran di Kalangan Masyarakat Sumenep Madura.” EL HARAKAH (TERAKREDITASI) 17 (2): 218–39.

Irsad, Muhammad. 2019. “Resepsi Eksegesis Umat Islam Terhadap Budaya Sedekah (studi Living Hadits Di Masjid Sulthoni Wotgaleh, Sleman, Yogyakarta).” Sosial Budaya 16 (1): 74. https://doi.org/10.24014/sb.v16i1.6918.

Jannah, Miftahul. 2017. “Musabaqah Tilawah Al-Qur’an Di Indonesia (festivalisasi Al-Qur’an Sebagai Bentuk Resepsi Estetis).” Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin 15 (2): 87. https://doi.org/10.18592/jiiu.v15i2.1291.

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran: Pendekatan Praktis. Graha Ilmu.

Lukman, Fadhli. t.t. “Epistemologi Intuitif dalam Resepsi Estetis H.B. Jassin terhadap Al-Qur’an,” 19.

Maimun, Oleh Muhammad. t.t. “Resepsi Al-Quran Dalam Film Kalam-Kalam Langit: Suatu Analisis Kiritis-Transformatif,” 21.

Mudin, Miski. 2019. Islam Virtual Diskursus Hadis Otoritas dan Dinamika Keberislaman di Media Sosial. Bildung.

Muhammad, Wildan Imaduddin. 2017. “Facebook Sebagai Media Baru Tafsir AlQur’ân Di Indonesia.” Maghza: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 2 (2):69–80.

Rahman, Miftahur. 2018. “Resepsi terhadap Ayat Al-Kursī dalam Literatur Keislaman.” MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 3 (2): 134–47.https://doi.org/10.24090/maghza.v3i2.2127.

Rusni, Ariza. 2017. “Penggunaan Media Online Whatsapp Dalam Aktivitas Komunitas One Day One Juz (odoj) Dalam Meningkatkan Minat Tilawah Odojer Di Kota Pekanbaru,” 15.

Santosa, Made Hery. t.t. “Pemanfaatan Blog (jurnal Online) Dalam Pembelajaran Menulis,” 34.

Shihab, Moh Quraish. 2005. Tafsir al-Mishbāh: pesan, kesan, dan keserasian alQur’an. Cet. 6. Ciputat, Jakarta: Lentera Hati.

Subaidah, Siti. 2019. “Tradisi Pembacaan al-Qur’an (Surah al-Kahfi, ar-Rahman, as-Sajadah) di Yayasan al-Ashiriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School Desa Waru Jaya Kecamatan Parung Kabupaten ogor.”

Sukrillah, Ahmad, Ike Atikah Ratnamulyani, dan Ali Alamsyah Kusumadinata. 2018. “Pemanfaatan Media Sosial Melalui Whatsapp Group Fei Sebagai Sarana Komunikasi.” JURNAL KOMUNIKATIO 3 (2). https://doi.org/10.30997/jk.v3i2.919.

Sulaeman, Otong. t.t. “Estetika Resepsi Dan Intertekstualitas: Perspektif Ilmu Sastra Terhadap Tafsir Al-Qur’an,” 16.

Syahbi, Awwalia. 2019. “Fadhilah Surah al-Kahfi dalam Pandangan Masyarakat Desa Bandar Setia.”

Syamsuddin, Sahiron. 1994. Islam Tradisi dan Peradaban. Bandung.

Yuliandari, Sintia, dan Eko Wahjudi. t.t. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa,” 9.

Zuhri, Saifuddin, dan Subkhani Kusuma Dewi. 2018. Living Hadis: Praktik, Resepsi, Teks, dan Transmisi. Q-Media.

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

(1)
Fardah, D. E. Promo Makanan Gratis Dengan Membaca Surah Al-Kahfi Setiap Hari Jumat (Resepsi Atas Akun Media Sosial Preksu). MZA 2022, 7, 140-155.