Pencegahan Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini dalam Pendekatan Qur’anic Parenting

Penulis

  • Derysmono STAI Dirosat Islamiyah Al-Hikmah Jakarta
  • Achmad Yaman
  • Sunardi Bashri Iman
  • Isnan Ansory

DOI:

https://doi.org/10.24090/maghza.v10i1.12777

Kata Kunci:

Quranic parenting, kecanduan gadget, anak usia dini

Abstrak

Kecanduan gadget pada anak usia dini menjadi tantangan besar di era digital. Pendekatan Quranic Parenting menawarkan solusi berbasis nilai-nilai Al-Qur’an untuk mencegah kecanduan tersebut dengan mendekatkan anak kepada Al-Qur’an dan aktivitas yang lebih positif. Beberapa prinsip utama dalam pendekatan ini meliputi: (1) menanamkan sikap merasa diawasi oleh Allah (ihsan), (2) keteladanan dan kasih sayang dari orang tua, (3) manajemen waktu anak dan waktu berkualitas bersama orang tua, serta (4) pemanfaatan aplikasi pencegahan sebagai alat bantu dalam menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, anak dapat teralihkan dari penggunaan gadget yang berlebihan ke aktivitas yang lebih bermanfaat. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi implementasi Quranic Parenting dalam keluarga modern melalui studi empiris guna mengukur efektivitasnya secara lebih mendalam.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad, Z. (2014). Perlindungan Anak dalam Perspektif Islam. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 143. https://doi.org/10.15642/islamica.2009.4.1.143-153

Akhirudin, A. (2017). Urgensi Keteladanan Dalam Keluarga (Sebuah Refleksi Dakwah Rasulullah Pada Keluarganya). Kordinat: Jurnal Komunikasi antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(2), 349–366. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i2.6446

Ariston, Y., & Frahasini, F. (2018). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET BAGI PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK SEKOLAH DASAR. Journal of Educational Review and Research, 1(2), 86. https://doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1675

Ar-Razi, F. (1420). Mafatih Al-Ghaib (At-Tafsir Al-Kabir) (Vol. 25). Dar Ihya’ At-Turats Al-Arabi.

Aziz, W. (2007). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Penerbit Universitas Terbuka.

Azzahra, D. N., Mahfudha, G., Najla, S., & Norsyifa, M. (2023). Mendidik Anak Dengan Berbasis Quranic Parenting. 1.

Az-Zuhaili, W. (1418). Tafsir Al-Munir fi Al-’Aqidah wa Asy-Syari’ah wa Al-Manhaj. (2nd ed., Vol. 21). Dar Al-Fikr Al-Mu’ashir.

Derysmono, D. (2021). KONSEP PEMBINAAN ANAK DALAM SURAT LUQMAN MENURUT AL-RAZI PADA TAFSIR MAFÂTÎH AL-GHAIB. el-’Umdah, 3(2), 121–149. https://doi.org/10.20414/el-umdah.v3i2.2605

Elvina, E., Ritonga, M., & Lahmi, A. (2021). Islamic Parenting and Motivation from Parents and Its Influence on Children’s Ability to Read the Quran. Jurnal Tarbiyatuna, 12(2), 121–134. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v12i2.4996

Firdaus. (2022). Konsep Manajemen Waktu Dalam Surat Al ‘Ashr (Kajian Semiotika Al-Qur’an). JIQTA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(1).

Ghoni, A. (2024). Implementation of Ideal Parenting in the Qur’an for Students of. Ulumul Qur’an: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(1).

Hadlarât Hifni Bik Nasif. (t.th). Kitâb Qawâ’idu al-Lughah al-`Arabiyyah. Syirkah Maktabah wa Mathbaah.

Hastuti. (2012). Psikolog Perkembangan Anak. Tugu Publisher.

Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996

Hidayatullah, A. S., Najib, K. H., Nugroho, A. D., Sari, R. E., Putri, N. S., & Karjono, S. (2023). Penerapan Aplikasi Google Family Link sebagai Strategi Keluarga dalam Menghadapi Candu Gadget pada Anak. Society : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 71–80. https://doi.org/10.37802/society.v4i1.391

Howard, K. (1995). 100 ways to enhance values and morality in schools and youth settings. Massachusetts.

Ibnu Katsir, I. bin U. (1419). Tafsir Al-Qur’an Al-’Azhim (1st ed., Vol. 6). Dar Kutub Al-Ilmiyah.

Iin Yuniarni, & Derysmono, D. (2022). PENANGGULANGAN ORIENTASI LGBT PADA ANAK USIA BALIGH: (Kajian Psikologi dan Al-Quran). El-Umdah, 5(1), 77–96. https://doi.org/10.20414/elumdah.v5i1.5569

Jonathan, et.al. (2015). Perancangan Board Game Mengenai Bahaya Radiasi Gadget Terhadap Anak. Universitas Kristen Pertra Surabaya.

Kawakib, Yusuf, & Syuhud, H. (2021). Sadd Al-Dzarî’ah Sebagai Dalil Hukum Islam (Studi Komparatif Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyah Dan Ibnu Hazm). Al-Bayan: Jurnal Ilmu al-Qur’an Dan Hadist, 4(1).

Madyawati, L., Nurjannah, N., & Che Mustafa, M. (2023). Integration between the Western and Islamic Parenting Models: Content Analysis in A Literature Review. Jurnal Tarbiyatuna, 14(2), 192–214. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v14i2.10584

Muslim. (t.th). Kitab Shahih Muslim. In Kitab Shahih Muslim (Vol. 7). Dar Ihya’ al-Turath al-‘arabyHadis.

Musolin, M. (2019). Sadd Adz-Dzarâi’: Konsep dan Aplikasi Manajemen Pendidikan Islam. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 71–84. https://doi.org/10.14421/manageria.2019.41-05

Mustaqim, A. (2009). Qur’anic Parenting: Kiat Sukses Mendidik Anak Cara Al Qur’an. Lintang Hayuning Bawana.

Mustaqim, A. (2013). Berbagai Penyebutan Anak dalam Al-Qur’an: Implikasi Maknanya dalam Konteks Qura’anic Parenting. Jurnal Lektur Keagamaan, 13(1), 265–292.

Prabowo, M. A. (2024). EKSPLORASI NILAI-NILAI PARENTING DALAM SURAH LUQMAN AYAT 12-19 SEBAGAI FONDASI PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK (PERSPEKTIF QURAISH SHIHAB DALAM TAFSIR AL-MISBAH). 6(1).

Rahmi, R. (2015). TOKOH AYAH DALAM AL-QURAN DAN KETERLIBATANNYA DALAM PEMBINAAN ANAK. Kafa`ah: Journal of Gender Studies, 5(2), 202. https://doi.org/10.15548/jk.v5i2.108

Ramli, A., Ali, N. B., & Ahmad, H. (2017). Quranic Parenting; a Study of Maryam’s Upbringing Story from Surah Ali Imran: 33-37. Sains Insani, 2(2), 49–54. https://doi.org/10.33102/sainsinsani.vol2no2.36

Rohman, F., & Uyun, M. (2024). Mengeksplorasi Peran Kisah-Kisah Al-Qur’an dalam Pengembangan Moral Anak. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 9(1). https://doi.org/10.24090/maghza.v9i1.9803

Rubini, R., & Setyawan, C. E. (2021). Quranic Parenting: The Concept of Parenting in Islamic Perspective. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 9(1), 31–43. https://doi.org/10.26555/al-misbah.v9i1.1948

Shihab, Q. (n.d.). Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an (Vol. 11). Lentera Hati.

Sisbintari, K. D., & Setiawati, F. A. (2021). Digital Parenting sebagai Upaya Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1562–1575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1781

Sugiarti, Y., & Andyanto, H. (2022). Pembatasan Penggunaan Gadget Terhadap Anak Dibawah Umur Oleh Orang Tua. Jurnal Jendela Hukum, 9(1), 81–92. https://doi.org/10.24929/fh.v9i1.2051

Sylvie Puspita, Aryani, H. P., Puspita, E., & Naim, S. (2022). ANALISIS FAKTOR KECANDUAN GADGET PADA ANAK PRASEKOLAH. JURNAL PENELITIAN KEPERAWATAN, 8(2), 115–121. https://doi.org/10.32660/jpk.v8i2.612

Utama, F. P., Sari, J. P., & Bismantolo, P. (n.d.). PENINGKATAN KAPASITAS ORANG TUA DALAM MENGAWASI AKTIVITAS ANAK MENGGUNAKAN GAWAI BERBASIS ANDROID DENGAN GOOGLE FAMILY LINK.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7.

Yusuf, M. (2024). Peran Psikologi Islami Dalam Menangani Kecanduan Gadget Pada Anak. 5(1).

Zulfikri, Z., & Faizah, I. (2023). Sadd al-Dzari’ah sebagai Media dalam Penyelesaian Perkara Kontemporer. The Indonesian Journal of Islamic Law and Civil Law, 4(2), 169–185. https://doi.org/10.51675/jaksya.v4i2.474

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

(1)
Derysmono; Yaman, A.; Bashri Iman, S.; Ansory, I. Pencegahan Kecanduan Gadget Pada Anak Usia Dini Dalam Pendekatan Qur’anic Parenting. MZA 2025, 10, 123-137.