Pencegahan Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini dalam Pendekatan Qur’anic Parenting
DOI:
https://doi.org/10.24090/maghza.v10i1.12777Kata Kunci:
Quranic parenting, kecanduan gadget, anak usia diniAbstrak
Kecanduan gadget pada anak usia dini menjadi tantangan besar di era digital. Pendekatan Quranic Parenting menawarkan solusi berbasis nilai-nilai Al-Qur’an untuk mencegah kecanduan tersebut dengan mendekatkan anak kepada Al-Qur’an dan aktivitas yang lebih positif. Beberapa prinsip utama dalam pendekatan ini meliputi: (1) menanamkan sikap merasa diawasi oleh Allah (ihsan), (2) keteladanan dan kasih sayang dari orang tua, (3) manajemen waktu anak dan waktu berkualitas bersama orang tua, serta (4) pemanfaatan aplikasi pencegahan sebagai alat bantu dalam menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, anak dapat teralihkan dari penggunaan gadget yang berlebihan ke aktivitas yang lebih bermanfaat. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi implementasi Quranic Parenting dalam keluarga modern melalui studi empiris guna mengukur efektivitasnya secara lebih mendalam.Unduhan
Referensi
Ahmad, Z. (2014). Perlindungan Anak dalam Perspektif Islam. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 143. https://doi.org/10.15642/islamica.2009.4.1.143-153
Akhirudin, A. (2017). Urgensi Keteladanan Dalam Keluarga (Sebuah Refleksi Dakwah Rasulullah Pada Keluarganya). Kordinat: Jurnal Komunikasi antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(2), 349–366. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i2.6446
Ariston, Y., & Frahasini, F. (2018). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET BAGI PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK SEKOLAH DASAR. Journal of Educational Review and Research, 1(2), 86. https://doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1675
Ar-Razi, F. (1420). Mafatih Al-Ghaib (At-Tafsir Al-Kabir) (Vol. 25). Dar Ihya’ At-Turats Al-Arabi.
Aziz, W. (2007). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Penerbit Universitas Terbuka.
Azzahra, D. N., Mahfudha, G., Najla, S., & Norsyifa, M. (2023). Mendidik Anak Dengan Berbasis Quranic Parenting. 1.
Az-Zuhaili, W. (1418). Tafsir Al-Munir fi Al-’Aqidah wa Asy-Syari’ah wa Al-Manhaj. (2nd ed., Vol. 21). Dar Al-Fikr Al-Mu’ashir.
Derysmono, D. (2021). KONSEP PEMBINAAN ANAK DALAM SURAT LUQMAN MENURUT AL-RAZI PADA TAFSIR MAFÂTÎH AL-GHAIB. el-’Umdah, 3(2), 121–149. https://doi.org/10.20414/el-umdah.v3i2.2605
Elvina, E., Ritonga, M., & Lahmi, A. (2021). Islamic Parenting and Motivation from Parents and Its Influence on Children’s Ability to Read the Quran. Jurnal Tarbiyatuna, 12(2), 121–134. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v12i2.4996
Firdaus. (2022). Konsep Manajemen Waktu Dalam Surat Al ‘Ashr (Kajian Semiotika Al-Qur’an). JIQTA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(1).
Ghoni, A. (2024). Implementation of Ideal Parenting in the Qur’an for Students of. Ulumul Qur’an: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(1).
Hadlarât Hifni Bik Nasif. (t.th). Kitâb Qawâ’idu al-Lughah al-`Arabiyyah. Syirkah Maktabah wa Mathbaah.
Hastuti. (2012). Psikolog Perkembangan Anak. Tugu Publisher.
Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996
Hidayatullah, A. S., Najib, K. H., Nugroho, A. D., Sari, R. E., Putri, N. S., & Karjono, S. (2023). Penerapan Aplikasi Google Family Link sebagai Strategi Keluarga dalam Menghadapi Candu Gadget pada Anak. Society : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 71–80. https://doi.org/10.37802/society.v4i1.391
Howard, K. (1995). 100 ways to enhance values and morality in schools and youth settings. Massachusetts.
Ibnu Katsir, I. bin U. (1419). Tafsir Al-Qur’an Al-’Azhim (1st ed., Vol. 6). Dar Kutub Al-Ilmiyah.
Iin Yuniarni, & Derysmono, D. (2022). PENANGGULANGAN ORIENTASI LGBT PADA ANAK USIA BALIGH: (Kajian Psikologi dan Al-Quran). El-Umdah, 5(1), 77–96. https://doi.org/10.20414/elumdah.v5i1.5569
Jonathan, et.al. (2015). Perancangan Board Game Mengenai Bahaya Radiasi Gadget Terhadap Anak. Universitas Kristen Pertra Surabaya.
Kawakib, Yusuf, & Syuhud, H. (2021). Sadd Al-Dzarî’ah Sebagai Dalil Hukum Islam (Studi Komparatif Ibnu Al-Qayyim Al-Jauziyah Dan Ibnu Hazm). Al-Bayan: Jurnal Ilmu al-Qur’an Dan Hadist, 4(1).
Madyawati, L., Nurjannah, N., & Che Mustafa, M. (2023). Integration between the Western and Islamic Parenting Models: Content Analysis in A Literature Review. Jurnal Tarbiyatuna, 14(2), 192–214. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v14i2.10584
Muslim. (t.th). Kitab Shahih Muslim. In Kitab Shahih Muslim (Vol. 7). Dar Ihya’ al-Turath al-‘arabyHadis.
Musolin, M. (2019). Sadd Adz-Dzarâi’: Konsep dan Aplikasi Manajemen Pendidikan Islam. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 71–84. https://doi.org/10.14421/manageria.2019.41-05
Mustaqim, A. (2009). Qur’anic Parenting: Kiat Sukses Mendidik Anak Cara Al Qur’an. Lintang Hayuning Bawana.
Mustaqim, A. (2013). Berbagai Penyebutan Anak dalam Al-Qur’an: Implikasi Maknanya dalam Konteks Qura’anic Parenting. Jurnal Lektur Keagamaan, 13(1), 265–292.
Prabowo, M. A. (2024). EKSPLORASI NILAI-NILAI PARENTING DALAM SURAH LUQMAN AYAT 12-19 SEBAGAI FONDASI PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK (PERSPEKTIF QURAISH SHIHAB DALAM TAFSIR AL-MISBAH). 6(1).
Rahmi, R. (2015). TOKOH AYAH DALAM AL-QURAN DAN KETERLIBATANNYA DALAM PEMBINAAN ANAK. Kafa`ah: Journal of Gender Studies, 5(2), 202. https://doi.org/10.15548/jk.v5i2.108
Ramli, A., Ali, N. B., & Ahmad, H. (2017). Quranic Parenting; a Study of Maryam’s Upbringing Story from Surah Ali Imran: 33-37. Sains Insani, 2(2), 49–54. https://doi.org/10.33102/sainsinsani.vol2no2.36
Rohman, F., & Uyun, M. (2024). Mengeksplorasi Peran Kisah-Kisah Al-Qur’an dalam Pengembangan Moral Anak. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 9(1). https://doi.org/10.24090/maghza.v9i1.9803
Rubini, R., & Setyawan, C. E. (2021). Quranic Parenting: The Concept of Parenting in Islamic Perspective. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 9(1), 31–43. https://doi.org/10.26555/al-misbah.v9i1.1948
Shihab, Q. (n.d.). Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an (Vol. 11). Lentera Hati.
Sisbintari, K. D., & Setiawati, F. A. (2021). Digital Parenting sebagai Upaya Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1562–1575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1781
Sugiarti, Y., & Andyanto, H. (2022). Pembatasan Penggunaan Gadget Terhadap Anak Dibawah Umur Oleh Orang Tua. Jurnal Jendela Hukum, 9(1), 81–92. https://doi.org/10.24929/fh.v9i1.2051
Sylvie Puspita, Aryani, H. P., Puspita, E., & Naim, S. (2022). ANALISIS FAKTOR KECANDUAN GADGET PADA ANAK PRASEKOLAH. JURNAL PENELITIAN KEPERAWATAN, 8(2), 115–121. https://doi.org/10.32660/jpk.v8i2.612
Utama, F. P., Sari, J. P., & Bismantolo, P. (n.d.). PENINGKATAN KAPASITAS ORANG TUA DALAM MENGAWASI AKTIVITAS ANAK MENGGUNAKAN GAWAI BERBASIS ANDROID DENGAN GOOGLE FAMILY LINK.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7.
Yusuf, M. (2024). Peran Psikologi Islami Dalam Menangani Kecanduan Gadget Pada Anak. 5(1).
Zulfikri, Z., & Faizah, I. (2023). Sadd al-Dzari’ah sebagai Media dalam Penyelesaian Perkara Kontemporer. The Indonesian Journal of Islamic Law and Civil Law, 4(2), 169–185. https://doi.org/10.51675/jaksya.v4i2.474
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Derysmono, Achmad Yaman, Sunardi Bashri Iman, Isnan Ansory

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).