SCIENTIFIC MIRACLE IN THE FIELD OF GEOLOGY (Earth Dynamics in the Verses of the Qur'an)
DOI:
https://doi.org/10.24090/maghza.v9i2.12450Keywords:
Mukjizat, Al-Qur’an, GeologiAbstract
Al-Qur’an merupakan mukjizat terbesar yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad 14 abad yang yang lalu. Meski wujudnya tidak ḥissiyyah (fisik) seperti mukjizat lainnya, namun al-Qur'an mempunyai ciri dan metode tersendiri yang tidak dimiliki mukjizat lainnya. Al-Qur’an adalah kalam Allah Swt yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad memiliki kekuatan yang luar biasa yang tidak dapat ditandingi oleh manusia untuk membuat seperti al-Qur’an bahkan satu ayat sekalipun. Selain itu, al-Qur’an merupakan kemukjizatan ‘aqliyyah, maka cara mengetahui sisi kemukjizatannya harus diselami dengan istidlāl (dikaji dan dipelajari) sehingga terus up to date hingga akhir zaman. Artikel ini fokus pada kemukjizatan ilmiah di dalam al-Qur’an dalam bidang geologi, meliputi proses penciptaan bumi, hamparan bumi, gunung sebagai pasak, pergerakan gunung dan pergerakan benua, dan gempa bumi. Artikel ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), pendekatan penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah analisis isi kualitatif deskriptif dengan metode pendekatan tafsir tematik (Maudhū’i). Kemukjizatan ilmiah al-Qur’an dan relevansinya dengan ilmu pengetahuan modern telah berhasil membuktikan kebenaran al-Qur’an. Sehingga ayat-ayat di dalamnya dapat memberikan informasi penting tentang kehidupan manusia.Downloads
References
Abdul Baqi, M. F. (2007). Mu’jam al-Mufahros Li Alfadzi al-Qur’an. Durus al-Hadis.
Abdullah, F. (2024). Jauhar al-Itqān Fī ‘Ulūm al-Qur’an (Vol. 2). Trussmedia Grafika.
Abdullah, R. (2018). Benarkah Bumi itu Datar. Pustaka al-Kautsar.
Abū ‘Āshī, M. S. (2024). Al-Mustashfā Fī Ulūm Al-Qur’an. Dār al-Harām Li al-Nasyr wa al-Tauzī’.
Al-Ashfahāniy, A. A.-Q. (n.d.). Al-Mufradāt li Alfādh Al-Qur’an. Dār Al-Qalam.
Al-Daqq, S. N. (2017). الإعجاز العلمي في القرآن . www.alukah.net. http://www.alukah.net/sharia/0/114148/ الإعجاز العلمي في القرآن - - - /
Al-Ghazali, I. (2019). Jawahirul Qur’an. Qof Media Kreative.
Al-Mahallī, J. al-Dīn, & Al-Suyūthī, J. al-Dīn. (2013). Tafsir Jalālain. Dār al-Alamiyyah.
Alrazak. (2011). The New Cosmic Theory: The Universal Compartments and The Universal Vital factor. Nature and Science, 9, No. 2. http://www.dx.doi.org/10.7537/marsnsj090211.06
Al-Suyūthī, J. al-Dīn. (2017). Al-Itqān Fī Ulūm Al-Qur’an: Vol. II. Syirkāh al-Quds.
Al-Zarqani, M. A. ’Adzim. (2019). Manahil Irfan fii Ulum Al-Qur’an: Vol. II.
Al-Zindani, A. al-Majid. (2022). Ta’shil al-I’jaz al’Ilmi fi al-Qur’an wa al-Sunnah. Al-Maktabah al-‘Ashriyyah.
An-Najjar, Z. (2006). Pembuktian Sains dalam Sunah: Vol. I. Sinar Grafika.
Atmosfer Bumi. (2024). In Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Atmosfer_Bumi&oldid=25737631
Bahri, S. (2023). Metodologi Penelitian Al-Qur’an dan Tafsir. Bandar Publishing.
Brono, H. (2023). Ekspedisi Ferdinand Magellan untuk Membuktikan Bumi Bulat. Koran Jakarta. https://koran-jakarta.com/ekspedisi-ferdinand-magellan-untuk-membuktikan-bumi-bulat?page=all
El-Naggar, Z. (2006). Scientific Signs in the Qur’an: Geological Perspectives Cairo: Dar Al-Tauhid. Dar Al-Tauhid.
Guth, A. H. (1997). The Inflationary Universe: The Quest for a New Theory of Cosmic Origins.
Isostasi. (2023). In Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Isostasi&oldid=24888003
Jauhari, T. (n.d.). Al-Jawahir fi Tafsir al-Qur’an al-Karīm (Vol. 25).
Kearey, P., Klepeis, K. A., & Vine, F. J. (2009). Global tectonics (3rd ed). Wiley-Blackwell.
LPM. (2022). Qur’an Kemenag. https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/2?from=23&to=23
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia.
Ma’luf, L. (1975). Al-Munjid fi Al-Lughat. Dar Al-Masyriq.
Montgomery, K. (2015). The Role of Mountains in Plate Tectonics. discussion on the geological role of mountains.
Muhammad, S. (2020). Mountains in the Qur’an: A Geophysical Analysis. Geoscience Studies Publising.
Mulyaden, A. (2021). Kajian Semiotika Roland Barthes terhadap Simbol Perempuan dalam Al-Qur’an. Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.15575/hanifiya.v4i2.13540
Mu’minin, M. N., Walhadi, D., & Kurniawati, W. (2023). Pemahaman Pembelajaran Mendalam tentang Tata Surya: Eksplorasi Planetisimal dan Benda Langit lainnya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 1(2), 185–194. https://doi.org/10.62017/jpmi.v1i2.327
Ningtyas, D. P., & Risina, D. F. (2018). Pengembangan Permainan Sirkuit Mitigasi Bencana Gempa Bumi Untuk Meningkatkat Self Awareness Anak Usia Dini. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i2.198
Rahman, A. (2021). Earthquakes in the Qur’an and Their Spiritual Implications. Faith and Science Publications.
Salsabillah, Q., & Prastowo, T. (2022). Analisis Relasi Momen Seismik dan Magnitudo Momen Untuk Variasi Kedalaman Sumber Gempa Tektonik (Shallow, Intermediate, and Deep Sources): Keywords: moment magnitude, seismic moment, M_w- M_o empirical relation, varying depths. Inovasi Fisika Indonesia, 11(1), 8–16. https://doi.org/10.26740/ifi.v11n1.p8-16
Shihab, M. Q. (2014). Mukjizat Al-Qur’an dan Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiah dan Pemberitaan Gaib (Cet.2). Mizan.
Sholeh, A. R. (2005). Pendidikan Agama dan Pengembangan untuk Bangsa. PT. Raja Grafindo Persada.
Sungkawa, D. (2007). Dampak Gempa Bumi Terhadap Lingkungan Hidup. Jurnal Geografi Gea, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/gea.v7i1.1706
Tayyib, I. (2010). Keajaiban Sains Islam Mengungkap Hakikat Isi Al-Qur’an dan Hadist dengan Logika Dan Ilmu Pengetahuan. Pinus Book Publisher.
Yani, A. (2018). Integrating Islamic Values in Science Education: A Study on Qur’anic Geology. Islamic Science Press.
Zuhdi, M. (2019). Buku Ajar Pengantar Geologi. Duta Pustaka Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Faisal Abdullah Abdullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).