Optimalisasi Peran Digital Banking Bank Syariah Indonesia Terhadap Perkembangan Industri Halal

Authors

  • Maruf Hidayat UIN Saizu Purwokerto
  • Asky Humeriatunnisa UIN Saizu Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/mabsya.v5i2.9984

Keywords:

Digital banking, Industri halal, BSI Mobile, UMKM

Abstract

Bank merupakan lembaga penghubung keuangan untuk mengumpulkan dan menyalurkan dana kepada masyarakat. Salah satu bank syariah yang menggunakan digital banking adalah Bank Syariah Indonesia (BSI). BSI sendiri di tahun pertama sejak merger pada Februari 2021 menorehkan kinerja positif, dengan perolehan laba bersih mencapai Rp3,03 triliun naik 38,42% secara year on year (YoY). Masalah dalam penelitian ini adalah UMKM di Banyumas masih mempunyai berbagai kendala diantaranya akses teknologi informasi, masih lemahnya jaringan usaha, struktur permodalan yang masih menjadi pekerjaan rumah dan dukungan dari lembaga keuangan. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field resarch), Penelitian ini dengan mengunakan pendekatan kualitatif pada studi kasus, berarti peneliti dengan cermat, teliti dan mendalam mengetahui bagaimana peran digital banking Bank Syariah Indonesia terhadap industri halal khususnya bagi UMKM di Banyumas. Subyek penelitiannya yaitu pegawai BSI KCP Karang Kobar serta pelaku UMKM di Purwokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran digital banking BSI yaitu terus mendorong inklusi keuangan melalui aplikasi BSI Mobile, BSI juga meningkatkan pelayanan melalui QRIS untuk memudahkan para UMKM dengan melakukan sosialisasi ke warung-warung setiap minggu, pembukaan rekening 1000 masjid yang bekerja sama dengan Kemenag untuk memfasilitasi pembukaan rekening di masjid-masjid. Adapun pemahaman para pelaku UMKM terkait dengan digital banking yaitu melalui transaksi melalui QRIS dalam BSI mobile adanya faktor persepsi manfaat yang dirasakan para pelaku UMKM secara umum lebih mudah, simple dan sudah optimal dalam melakukan transaksi pembayaran tetapi masih terdapat kendala yaitu dari sinyal yang tidak stabil.

References

Adinugraha, H. H., Sartika, M., & Ulama’i, A. H. A. (2019). Halal lifestyle di Indonesia. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2), 57–81.

Ahyar, M. K. (2019). Analisis Pengaruh Inklusi Perbankan Syariah terhadap Pembiayaan UMKM Sektor Halal di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 5, 1.

Alimusa, L. O. (2020). Manajemen Perbankan Syariah Suatu Kajian Ideologis Dan Teoritis. Deepublish.

Antonio, M. S. (2001). Bank syariah: Dari teori ke praktik. Gema Insani.

Aripin, N. T., Fatwa, N., & Hannase, M. (2022). Layanan Digital Bank Syariah Sebagai Faktor Pendorong Indeks Literasi Dan Inklusi Keuangan Syariah. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(1), 29–45.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2022). https://apjii.or.id/berita/detail/apjii-di-indonesia-digital-outloook-2022_857

Badan Pusat Statistik. (2018). https://www.bps.go.id/

Bakar, A., & Pratami, A. (2021). Analisis fiqih industri halal. Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan, 11(1), 1–13.

Bonang, D. (2017). Pengaruh Layanan E-Banking Terhadap Sikap Nasabah Bank Syariah Di Kota Mataram. Iqtishaduna, 8(2), 159–171.

Dinnakerkop UKM Kab. Banyumas. (t.t.). Studi kelayakan Usaha. Diambil 17 September 2022, dari https://dinkop-umkm.jatengprov.go.id/news/view/387

Ditjen Dukcapil Kemendagri. (2022). https://dukcapil.kemendagri.go.id/

Dwiyanto, A. (2021). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. UGM PRESS.

Frederik, W. A. (2012). Analisis Yuridis terhadap Peranan Bank Syariah dalam Kegiatan Perbankan di Indonesia. Jurnal Hukum Ius Quia Iustum, 19(4), 548–565.

Griffin, R. (2003). Manajemen, edisi 7, jilid 1. Erlangga.

Gunardi, H. (2022). Digital Banking Terus Dikembangkan, BSI Kebanjiran Penghargaan di Tahun 2022—Berita dan Economic & Market Insight | Bank Syariah Indonesia. https://www.bankbsi.co.id/news-update/berita/digital-banking-terus-dikembangkan-bsi-kebanjiran-penghargaan-di-tahun-2022

Harfandi, H. (2018). Peranan Bank Syariah Sebagai Investment Intermediary Dalam Meningkatkan Kesejahteran Masyarakat. ALHURRIYAH: Jurnal Hukum Islam, 11(1), 53–64.

Haryono, B. S., Sumartono, Zauhar, S., & Supriyono, B. (2012). Capacity Building. Universitas Brawijaya Press.

Hidayah, A. N., & Kartini, I. A. (2017). Peranan Bank Syariah dalam Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat Tentang Kemanfaatan Produk dan Jasa Perbankan Syariah. Kosmik Hukum, 16(1).

Hisam, A., Mahfud, M., Rohmat, W., Widadatul, U., & Muharir, M. (2021). The Potential Of Halal Food On The Economy Of The Community In The Era Of Industrial Revolution 4.0. Indonesia Journal of Halal, 3(2), 112–128.

Husain, S. A. (2021). Optimalisasi Peran Bank Syariah dalam Mengembangkan Industri Halal di Indonesia Melalui Sinergi Kelembagaan. JES (Jurnal Ekonomi Syariah), 6(2), 172–186.

Irany Sidharta, F. (2017). Optimalisasi Peran Perbankan Syariah Dalam Mengembangkan Industri Halal Busana Muslim di Lampung. Jurnal Distribusi, Vol. 5, No. 2.

M.A, A. S. (2017). Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Prenada Media.

Mamun, S., & Ningsih, T. H. (2021). Implementasi Strategi Layanan Teknologi Digital Banking dan Service Quality dalam Perspektif Nasabah pada Perbankan Syariah (Study kasus pada Bank Syariah Mandiri KCP Tomang). Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 6(02), 223–233.

Marlina, A., & Bimo, W. A. (2018). Digitalisasasi Bank Terhadap Peningkatan Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Bank. Inovator, 7(1), 14–34.

Martono, N. (2012). Sosiologi Perubahan Sosial: Perspektif Klasik, Modern, Posmodern, dan Poskolonial (Sampel halaman). RajaGrafindo Persada Jakarta.

Nasrullah, A. (2018). Analisis Potensi Industri Halal Bagi Pelaku Usaha Di Indonesia. At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Muamalah, 6(1), 50–78.

PeRSADA. (2022). PeRSADA. Portal Satu Data. https://satudata.dinkop-umkm.jatengprov.go.id/data/umkm-kabkota

Prayitno, M. A., & Fadly, W. (2022). Pelatihan Pemanfaatan dan Pendampingan Pembuatan QRIS (QR Code Indonesian Stnasabahrd) Sebagai Media Digitalisasi ZIS di Desa Glinggang Kabupaten Ponorogo. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 543.

Razali, R., Syahputra, A., & Ulfah, A. K. (2021). Industri Halal di Aceh: Strategi dan Perkembangan. Jurnal Al-Qardh, 6(1), 17–29.

Ridwan, M. (2019). Nilai Filosofi Halal Dalam Ekonomi Syariah. Profit: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.33650/profit.v3i1.537

Rini, H. Z. (2017). Peran Perbankan Syariah terhadap Eksistensi UMKM Industri Rumah Tangga Batik Laweyan. 1(1).

Ritonga, N., & Sinaga, R. V. I. (2021). Peran Perbankan Syariah terhadap UMKM Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KC Medan). AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 6(2), 238. https://doi.org/10.30829/ajei.v6i2.10007

Saputri, O. B. (2020). Pemetaan Potensi Indonesia Sebagai Pusat Industri Halal Dunia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 5(2).

Sari, D. P. (2013). Telisik Perlakuan Teori Entitas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 4(2), 188–197.

Setiawan, I. W. A., & Mahyuni, L. P. (2020). QRIS di mata UMKM: Eksplorasi persepsi dan intensi UMKM menggunakan QRIS. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10(9), 921–946.

Shabri, H. (2022). Transformasi Digital Industri Perbankan Syariah Indonesia. El-Kahfi| Journal of Islamic Economics, 3(02), 1–7.

Sidek, T., & Ahmad, R. (2017). Aplikasi al-Istihalah dalam Industri Halal Semasa Menurut Perspektif Maqasid al-Shariah. International Journal of Humanities Technology and Civilization, 2(1).

Silalahi, P. R., Tambunan, K., & Batubara, T. R. (2022). Dampak Penggunaan QRIS Terhadap Kepuasan Konsumen Sebagai Alat Transaksi. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 122–128.

Siringoringo, H. (2005). Pemrograman linear. Graha Ilmu.

Soeoroso, A. (1972). Sosiologi 1. Yudhistira Ghalia Indonesia.

Sugiatni, E. (2022). Fungsi Dan Peranan Bank Syariah Dan Lembaga Keuangan Non-Bank.

Sulistiani, S. L. (2019). Analisis maqashid syariah dalam pengembangan hukum industri halal di Indonesia. Law and Justice, 3(2), 91–97.

Sumantri, B. A., & Permana, E. P. (2017). Manajemen koperasi dan UMKM perkembangan, teori, dan praktek.

Tartila, M. (2022). Strategi Industri Perbankan Syariah dalam Menghadapi Era Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 3310–3316.

Tim Prima Pena. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Terbaru (Ed. 1 Cet. 1). Surabaya Gitamedia Press.

Triyanti, D., Kaban, R. F., & Iqbal, M. (2021). Peran Layanan Mobile Banking dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 51–62.

Vebiana, V. (2018). Perbankan digital, pengalaman pelanggan, dan kinerja keuangan bank syariah. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 9, 747–751.

WAHJONO, S. I. (2022). Implementasi Teori Motivasi Di Umkm.

Yazid, A. A., Rofiq, A., & Ismail, M. (2022). Transformasi Digital Dan Industri Halal Pada UMKM Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Istiqro, 8(2), 215–224.

Aziz, F. A. (2020). Menakar Kesyariahan Fintech Syariah di Indonesia. Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam, 14 (1), 1-18.

Aziz, F. A. & Irfangi A. (2021). Analysis of Profit-Sharing Knowledge and Bank Interest on Understanding of Sharia Banking Operational Management and Its Implications for Saving Students in Sharia Banking. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 18 (3), 525-538.

Aziz, F. A., Irfangi, A., Dharin, A. (2022). The Role of Information Technology and Supply Chain Collaboration in Enhancing Innovation. International Journal of Construction Supply Chain Management, 12 (2), 143-156.

Aziz, F. A., Utami, H. T., Wanojaleni, K. (2022). Socio-Economic Factors, Islamic Financial Literacy and Personal Financial Management in University Lecturers in Indonesia. Baltic Journal of Law & Politics, 15 (2), 22-31.

Aziz, F. & Utami, H. T. (2019). The Influence of the Use of Accounting Information and Information Technology on the Success of Business Performance (A Survey on Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) of Superior Products in Banyumas Regency), KnE Social Sciences.

Aziz, J. A., & Uswatusolihah, U. (2022). The Dichotomy Between Tabarru’and Mu’âwaḍah Contracts: Perspective of Indonesian Law of Obligation. Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam, 16 (1), 103-114.

Syah, T. A., Kharismasyah, A. Y., Darmawan, A., & Aziz, J. A. (2021). Macro variables and bank peculiar variable on profitability: empirical study of islamic banking in Indonesia. International Journal of Information, Business and Management, 13(1), 79-92.

Aziz, J. A., & Uswatusolihah, U. (2022). The Dichotomy Between Tabarru’and Mu’âwaḍah Contracts: Perspective of Indonesian Law of Obligation. Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam, 16(1), 103-114.

Dahlan, A., & Wildan, M. (2022). Analisis Ekonomi Politik Terhadap Kebijakan Pemerintahan Jokowi Pada Sektor Kawasan Industri Halal (KIH) dan Perbankan Syariah. el-Jizya: Jurnal Ekonomi Islam, 10(2).

Warsito, C. (2024). Performance of Cultural Tourism: Mediating Role of Perceived Destination Quality. Quality-Access to Success, 25(198).

Sulasih, S., Suroso, A., Novandari, W., & Suliyanto, S. (2022). The role of digital technology in people-centered development: the basic needs approach in the Kampung Marketer Program. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 9(6), 493-502.

Downloads

Published

2023-12-06

How to Cite

Hidayat, M., & Asky Humeriatunnisa. (2023). Optimalisasi Peran Digital Banking Bank Syariah Indonesia Terhadap Perkembangan Industri Halal. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 5(2), 243–264. https://doi.org/10.24090/mabsya.v5i2.9984