Peluang Dan Tantangan Halal Hospitality

Authors

  • Mahfiyah Universitas Islam Jember
  • Ach Faqih Supandi Universitas Islam Jember http://orcid.org/0000-0002-4870-9196
  • Muhammad Abdul Basir Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.24090/mabsya.v4i2.6975

Keywords:

Community Economic, Economic Empowerment and through Ecotourism

Abstract

Di tengah hangatnya isu halal, banyak pengusaha yang mulai mengkonsep usahanya sesuai dengan nilai-nilai syariah seperti perbankan syariah, asuransi syariah, investasi syariah, restoran syariah, hotel syariah, pariwisata halal dan lainnya. Dan salah satu aspek industri yang sedang berkembang di Indonesia dengan konsep syariah selain makanan dan wisata adalah hotel. Metode penelitian kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini menghasilkan data tertulis yang bersifat deskriptif dan menyertakan informasi dari instansi terkait dalam subjek penelitian. Penelitian ini terutama mengandalkan penelitian kepustakaan. Konsep hotel syariah atau halal hospitality di Indonesia sudah disesuaikan dengan syariat Islam dan Fatwa DSN-MUI 108/DSN-MUI/X/2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah dan Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia No.2 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Usaha Hotel Syariah

References

Ahmat, Nur Hidayah Che et.al. 2015. Dubai. Syariah Compliant Hotel: The Concept And Practices. Journal of Tourism, Hospitality & Culinary Arts

Antonio, Syafii. 2012. Marketing syariah. Jakarta: Gema Insani

Basamalah, Anwar. 2011. Hadirnya Kemasan Syariah dalam Bisnis Perhotelan di Tanah Air.

Boediman, Eko Putra. 2017. Halal Lifestyle in Marketing Commucation of Tourism and Hospitality.

Dahlan,Abdul Azis 1996. Ensiklopedi Hukum Islam. Jakarta: Ikhtiar Baru van Hoeve, 1996

DSN-MUI. 2016. Fatwa Dewan Syari’ah Nasional Nomor 108/DSN-MUI/X/2016 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah.

Esposito, John L. 2002. Ensiklopedi Oxford, Dunia Islam Modern, terj. Eva YN, Bandung: Mizan

Henderson, J. C. 2010. Sharia-Compliant Hotels: Tourism And Hospitality Research

M Mowforth, dan I Munt. Tourism And Sustainability: Development, Globalisation And New Tourism In The Third World. (Routledge)

Muhammad, Z. 2009. Al Jawhara: Promoting Islamic Hospitality And Halal Tourism.

Pratiwi, Eko Kurniasih. 2016. Analisis Manajemen Hotel Adilla Syariah Yogyakarta (Tinjauan Fatwa Dsn Mui No: 108/Dsn-Mui/X/2016). Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang

Rajagopal, S., Ramanan, S., Visvanathan, R., & Satapathy, S. 2011. Halal certification: Implication for marketers in UAE. Journal of Islamic Marketing

Razalli, Mohd Rizal. 2013. A Framework of Halal Certification Practices for Hotel Industry.

Rizal, Mohd dkk. Developing a Model for Islamic Hotels: Evaluating Oppurtunities and Challenges.

Rosenberg, P.,dan Choufany, H. M. 2009. Spiritual Lodging the Sharia Compliant Hotel Concept. HVS Global Hospitality Services.

Sabri,Fahruddi Ali. 2012. Perkembangan Hotel Syari’ah Di Indonesia; Mengonsep Pariwisata Islami.

Samori,Zakiah. 2013. Towards The Formation Of Shariah Compliant Hotel In Malaysia: An Exploratory Study On Its Opportunities And Challenges. The 2013 WEI International Academic Conference Proceedings.

Sofyan, Riyanto. 2011. Bisnis Syariah Mengapa Tidak?. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiarto, Endar dan Sri Sulartiningrum. 1996. Pengantar Akomodasi Dan Restauran. Jakarta:Gramedia

Sutanto. 2005. Hotel Proprietors Act dalam Manajemen Penyelenggara Hotel. Jakarta: Salemba Empat

Ulfa, Maria. 2012. Analisis Pe.nerapan Prinsip Syari’ah di Hotel Arini Syari’ah Surakarta. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiya Surakarta

Widyarini. 2013. Pengelolaan Hotel Syariah di Yogyakarta. EKBISI; Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. VIII, No. 1, Desember

Yakoop, Azizul Yadi at.al. 2016. Modeling travellers’ behaviorals intensions for halal hospitality: A Case of an Emerging Islamic Tourism Hub.

Yusuf, Shamim. 2009. The real sense of Shariah hospitality concept in World Halal Forum. 2009. Kuala Lumpur.Malaysia

Zailani, S., Omar, A., & Kopong, S. 2011. An exploratory study on the factors influencing the non-compliance to Halal among hoteliers in Malaysia. International Business Management, 5(1), 1-12.

Zakiullah dkk. 2014. Appliying Islamic Principles of Halal and Haram to The Field of Pharmaceutical Science.

Downloads

Published

2022-11-10

How to Cite

Mahfiyah, Supandi, A. F., & Muhammad Abdul Basir. (2022). Peluang Dan Tantangan Halal Hospitality. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 4(2), 156–171. https://doi.org/10.24090/mabsya.v4i2.6975