Pendayagunaan Dana Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baitussalam Purwokerto untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Banyumas

Authors

  • Annis Fadillah UIN Prof. K. H. Saefuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/mabsya.v5i2.6941

Keywords:

Pendayagunaan, Zakat Infak Dan Sedekah (ZIS) Pemberdayaan Ekonomi

Abstract

Kemiskinan merupakan permasalahan pokok yang telah lama ada di Indonesia, tidak terkecuali di Kabupaten Banyumas. Sebagai salah satu lembaga resmi pengelola dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) di Kabupaten Banyumas, UPZ Baitussalam Purwokerto memiliki andil dalam upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Banyumas. Hal ini diwujudkan dengan pemberian modal usaha bagi masyarakat. Modal usaha diberikan UPZ Baitussalam Purwokerto berasal dana dari zakat, infak dan sedekah (ZIS) yang mereka kelola. Dengan modal usaha ini diharapkan dapat meringankan beban penerima manfaat dari kekurangan modal yang dihadapai. Jika usaha milik penerima manfaat dapat berkembang dengan baik, maka ekonomi milik penerima manfaat akan semakin baik dan menguat, sehingga kesejahteraan masyarakat miskin dapat tercapai. Dengan masyarakat yang sejahtera maka angka kemiskinan akan menurun. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Selain itu analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa UPZ Baitussalam Purwokerto telah melakukan upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat menggunakan pemberian modal usaha yang telah dilakukan. Dengan ini masyarakat merasa terbantu, dan usaha yang dimilikinya terus berkembang dengan baik. Sehingga masyarakat menjadi berdaya dan mandiri dari faktor ekonomi miliknya.

References

Afrina, Dita. 2018. “Manajemen Zakat di Indonesia Sebagai Pemberdayaan Ekonomi Umat”. EkBis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 2, No. 2.

Ahmad, Raja Adzrin R, et al. 2015. “Assessing the Satisfaction Level of Zakat Recipients Towards Zakat Management”. Journal Procedia Economics and Finance No. 31

Akbar, Rizky. 2020. “Strategi Pengumpulan dan Pendistribusian Zakat, Infak. Sedekah di Lembaga Amil Zakat Zakat Nasional Yatim Mandiri Cabang Medan”, Skripsi. Medan: UIN Sumatera Utara.

Amir, Amri. 2015. Ekonomi dan Keuangan Islam. Jambi: Penerbit Pustaka Muda.

Amir, Nani Hamdani. 2017. “Pengelolaan Dana Infak dan Sedekah Dari Orang Tua Siswa Pada Sekolah Al-Fityan (Studi Yayasan Al-Fityan School Cabang Gowa)”, Skripsi. Makassar: UIN Alauddin Makassar.

Arumningtyas, et al. (2018). “Dampak Penyaluran Dana Infak Sebagai Modal Usaha dalam Pemberdayaan Ekonomi Anggota (Studi Kasus Pada Program Komunitas Usaha Mandiri Yayasan Dana Sosial Al-Falah Surabaya)”. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan Vol. 5 No. 2.

Chapra, M. Umer. 1996. “Monetery Management in an Islamic Economy”. Journal Islamic Economic Studies Vol. 4 No. 1.

Dahlan, Ahmad. 2019. Buku Saku Perzakatan. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Departemen Agama RI. 2008. Zakat Ketentuan dan Permasalahannya. Jakarta: Direktorat Pemberdayaan Zakat Departemen Agama RI.

Departemen Agama RI. 2009. Pedoman Pemberdayaan Fakir Miskin. Jakarta: Direktorat Pemberdayaan Zakat Departemen Agama RI.

Diansyah, Miftah Marta, dan Zaki, Irham. 2020. “Dampak Pendayagunaan Infak Shadaqah oleh Pengurus Cabang Muhammadiyah Krembangan dalam Program Pemberdayaan Masyarakat Eks Lokalisasi di Kota Surabaya”. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan Vol. 7 No. 10.

El Yanda, T. Akbar Utama, dan Faizah, Siti Inayatul. 2020. “Dampak Pendayagunaan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) dalam Pemberdayaan Ekonomi Dhuafa di Kota Surabaya”. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan Vol. 7 No. 5.

Riyadi, Fuad. 2015. “Kontrofersi Zakat Profesi Perspektif Ulama Kontemporer”. Jurnal ZISWAF Vol. 2 No. 1.

Fathoni, M. Anwar, dan Rohim, Ade Nur. 2019. “Peran Pesantren dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat di Indonesia. Jurnal Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics (CIMAE) Vol. 2.

Fujyono, A. 2009. Optimalisasi ZIS dalam Pengentasan Kemiskinan. Jurnal of Islamic Business and Economics Vol. 2 No. 1.

Halimi, H. Fuad. 2013. Bersyukur Dengan Zakat. Jakarta: PT. Adfaale Prima Cipta.

Hendri, Nedi, dan Suyanto. 2015. “Analisis Model-Model Pendayagunaan Dana Zakat dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin Kota di Provinsi Lampung”. Jurnal Akuisisi Vol. 11 No. 2.

https://worldpopulationrevisew.com/country-rankings/muslim-population-by-country diakses pada 21 Oktober 2021, pukul 09.16 WIB.

https://www-idxchannel-com.cdn.ampproject.org/v/s/www.idxchannel.com/amp/syariah/realisasi-baru-217-persen-wapres-implementasi-zakat-2021-perlu-ditingkatkan?amp_js_v=a6&_gsa=1&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D#aoh=16399603233803&csi=1&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&_tf=Dari%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%2Fwww.idxchannel.com%2Fsyariah%2Frealisasi-baru-217-persen-wapres-implementasi-zakat-2021-perlu-ditingkatkan diakses pada 20 Desember 2021, pukul 07.37 WIB.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, https://www.kbbi.web.id/ diakses pada 22 Desember 2021, pukul 09.10 WIB.

Kasdi, Abdurrohman. 2016. “Filantropi Islam untuk Pemberdayaan Ekonomi Umat (Model Pemberdayaan ZISWAF di BMT se-Kabupaten Demak)”. Jurnal Istishadia Vol. 9 No.2.

Kholiq, Abdul. 2012. “Pendayagunaan Zakat, Infak, dan Sedekah Untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Miskin di Kota Semarang”. Jurnal Riptek Vol. 6 No. 1.

Maisaroh, Putri Risky, dan Herianingrum, Sri. 2019. “Pendayagunaan Dana Zakat, Infak, dan Shadaqah Melalui Pemberdayaan Petani pada Lembaga Amil Zakat Al-Azhar Surabaya”. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan Vol. 6 No. 12.

Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Penerbit Zifatama Publisher.

Miles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualutatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moloeng, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Muin, Rahmawati. 2011. Manajemen Zakat. Makassar: Alauddin University Press.

Mujib, Abdul. 2017. “Ekonomi Islam Global dalam Ranah Fiqh”. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol. 2 No. 2.

Mukaromah, Miftachul. 2019. “Peran Komunitas Yatim Care dalam Pemberdayaan Anak Yatim di Panti Asuhan Baitul Falah Tlogomulyo Semarang”, Skripsi. Semarang: UIN Walisongo Semarang.

Nafiah, Lailiyatun. 2015. “Pengaruh Pendayagunaan Zakat Produktif Terhadap Kesejahteraan Mustahiq Pada Program Ternak Bergulir BAZNAS Kabupaten Gresik”. Jurnal el-Qist Vol. 05 No. 01.

Patton, Michael Quinn. 1987. Qualitative Evaluation Methods. Beverly Hills: Sage Publications.

Permono, Sjechul Hadi. 1992. Pendayagunaan Zakat dalam Rangka Pembangunan Nasional. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Rahman, Azman Ab, et al. 2012. “Zakat Intitution in Malaysia: Problems and Issues”. Journal GJAT Vol. 02 Issues 1.

Ramandhanu, A, dan Widiastuti, T. 2016. “Model Pemberdayaan Ekonomi Mualaf oleh Lembaga Amil Zakat: Studi Kasus LAZ BMH pada Mualaf Suku Tengger”. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan Vol. 4 No. 4.

Rasyid, H. Sulaiman. 2010. Fiqh Islam. Bansung: Sinar Baru Algesindo.

Ruslan. 2014. Ayat-Ayat Ekonomi (Makna Global dan Komentar). Yogyakarta: IAIN Antasari Press.

Sholeh, Shinhaji dkk. 2010. Pengantar Study Islam. Surabaya: Sunan Ampel Press.

Siyoto, Sindu, dan Sodik, M. Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiono. 2007. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitaif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumaryadi, I Nyoman. 2013. Sosiologi Pemerintahan dari Perspektif Pelayanan, Pemberdayaan, Interaksi, dan Sistem Kepemimpinan Pemerintahan Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Surliyanti, Elza. 2021. “Manajemen Zakat, Infak, Sedekah dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Yatim pada Lembaga Yatim Mandiri Bandar Lampung”, Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan.

Downloads

Published

2023-12-05

How to Cite

Fadillah, A. (2023). Pendayagunaan Dana Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baitussalam Purwokerto untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Banyumas. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 5(2), 215–242. https://doi.org/10.24090/mabsya.v5i2.6941