Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu Telkomsel (Studi Kasus Mahasiswa di Lampung)

Authors

  • Marliana Handata Saputri Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Didik Kurniawan UIN Raden Intan Lampung
  • Mazna Mazna UIN Raden Intan Lampung
  • Vicky F Sanjaya UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.24090/mabsya.v3i1.4320

Keywords:

kualitas produk, harga, kualitas layanan, loyalitas pelanggan

Abstract

Tujuan dilakukan penelitianini untukmengetahui bagaimana pengaruh dari suatu harga, kualitas produk, dan juga kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan.Dengan menggunakan metode penelitian desain survei secara crossectional. Dalam penelitian ini sampel merupakan Mahasiswa di Lampung dengan jumlah 100 responden. Dengan menggunakan uji statistik dilakukan Structurel Equation Modelling berbasi PLS. dengan melakukan uji validitas menggunakan nilai faktor loading, sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan nilai cronbach’c alpha, composite reliability dan Average Variance Extracted (AVE). Setelah semua hasil item indikator yang digunakan dalam penelitian ini valid dan reliabel, kemudian dilakukan uji hipotesis. Dari ketiga hipotesis yang diajukan seluruhnya terdukung, namun untuk hipotesis pertama tidak signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya menjaga kualitas produk dan layanan yang baik, agar mendapatkan penilaian konsumen yang baik, selain itu penting juga untuk menjaga kualitas produk agar konsumen tetap loyal terhadap produk

References

Basith, A. 2014. “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Survei Pada Pelanggan DeâPans Pancake and Waffle Di Kota Malang).†Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.

Basith, Abdul, Srikandi Kumadji, and Kadarisman Hidayat. 2014. “KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN ( Survei Pada Pelanggan De ’ Pans Pancake and Waffle Di Kota Malang ).†Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 11 (1): 1–8.

Firdaus, F., and A. Dewi. 2015. “EVALUASI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA BPJS DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL.†Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit.

Kotler. 2018. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Cinta Air Hitam Langkat.†Journal of Chemical Information and Modeling.

Kotler, Amstrong. 2013. Lokasi, Harga, Dan Kualitas Pelayanan. JurnallEMBAAA A.

Made Purwa Aditya, Ni Made Wulandari Kusumadewi. 2017. “Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia ABSTRAK Pariwisata Merupakan Kegiatan Yang Secara Langsung Menyentuh Dan Melibatkan Masyarakat , Sehingga Meberikan Banyak Manfaat Terhadap Masyarakat Setempat Dan Sekitarnya . Bah†6 (9): 5061–87.

Oliver, J. 2019. “PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS PADA DON’S WARNET).†Hilos Tensados.

Sari, Herviana Vidya Purnama, and Anik Lestari Andjarwati. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Biskuit Oreo Di Carrefour Surabaya).†Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) 6 (1): 1–9.

Tjiptono. 2017. “Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan & Kepuasan.†Young Consumers.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, Dan Penelitiab. 1.

Trianah,Lilik, Diah Pranitasari, and Siti Zahrani Marichs. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan.†Jurnal STEI Ekonomi. https://doi.org/10.36406/jemi.v26i01.201.

Wibowo, Aditya Eka. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Smartphone Xiaomi Di Kota Magelang.†Skripsi.

Xhema, Jonida, Hasan Metin, and Peter Groumpos. 2018. “Switching-Costs, Corporate Image and Product Quality Effect on Customer Loyalty: Kosovo Retail Market.†IFAC-PapersOnLine. https://doi.org/10.1016/j.ifacol.2018.11.303.

Aziz, F. A. (2020). Menakar Kesyariahan Fintech Syariah di Indonesia. Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam, 14(1), 1-18

Aziz, J. A. (2011). Reformulasi konsep najis ala Ahmad Hassan (1887-1958). Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam, 5(1), 39-52.

Aziz, J. A. (2012). Transformasi Akad Muamalah Klasik dalam Produk Perbankan Syariah. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 12(1), 21-41.

Aziz, J. A. (2014). Transformasi Akad Bay'al-Murabahah dari Konsep Fikih ke Produk Bank (Analisis Kritis Perspektif Fikih Muamalah). Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam, 8(2), 247-266.

Aziz, J. A. (2015). Pemikiran Politik Islam Muhammad ‘Abid Al-Jabiri: Telaah terhadap Buku al-‘Aql al-Siyasi al-‘Arabi: Muhaddidatuh wa Tajalliyatuh. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 39(1).

Aziz, J. A. (2017). Islamic Banking in Global Economic Context (Critical Studies of Operational System and Performance of Islamic Banking). AL-IHKAM: Jurnal Hukum & Pranata Sosial, 12(2), 343-361.

Aziz, J. A. (2017). Dekonstruksi Paragdimatik Pengembangan Zakat: Analisis Kritis Pemikiran Yusuf al-Qaradawi. Ijtihad Jurnal Wacana Hukum Islam dan Kemanusiaan, 17(2), 191-215.

Dahlan, A. (2014). Two Tier Mudarabah di Bank Syariah: Transformasi Fikih dalam Bisnis. Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam, 8(1), 95–108.

Warsito, C. (2015). The Image of Financial Institution as Islamic Bank In Mediation Service Quality and Customer Satisfaction on Customer Loyalty in Purwokerto. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 7(2), 217-228.

Hadi, R. (2016). Pola Kerukunan Umat Beragama di Banyumas. Jurnal Kebudayaan Islam, 14(1), 65-78.

Setyawati, S. M., & Raharja, M. C. (2018). Trust dimensions model in creating loyalty stage for service consumers of Sharia rural banking.

Downloads

Published

2021-03-29

How to Cite

Saputri, M. H., Kurniawan, D., Mazna, M., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu Telkomsel (Studi Kasus Mahasiswa di Lampung). Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.24090/mabsya.v3i1.4320