Minat Beli Produk Halal di Indonesia: Studi Pemetaan Sistematis

Authors

  • Dani Kusumastuti Kusumastuti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/mabsya.v2i2.3929

Keywords:

Produk halal, Minat beli, Religiusitas, Kesadaran halal, Label halal.

Abstract

Potensi pasar produk halal sangat besar di Indonesia. Agar dapat digarap optimal, produsen perlu memahami perilaku konsumen produk halal secara memadai. Studi ini dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran mengenai minat beli masyarakat Indonesia pada produk-produk halal dan memetakan faktor-faktor utama yang mendorong minat tersebut. Sumber data yang digunakan berupa hasil penelitian empiris terdahulu di berbagai wilayah dan daerah di Indonesia yang dikumpulkan melalui penelusuran berbantuan mesin pencari dan dibahas dengan teknik content analysis. Hasil studi menunjukkan bahwa minat beli masyarakat Indonesia pada produk-produk halal cukup tinggi, dimana faktor utama yang mempengaruhi adalah religiusitas,kesadaran halal dan label halal. Produsen di Indonesia perlu memperhatikan faktor-faktor tersebut dengan cara terus meningkatkan kualitas produknya dan mengajukan sertifikasi halal, serta bersama-sama elemen-elemen lain terlibat aktif membangun kesadaran halal dan religiusitas masyarakat. Penting untuk studi mendatang mengembangkan kajian minat beli pada sektor wisata halal dan logistik halal yang masih minim.

References

Afroul, ’Aini. (2019) ‘Analisis pengaruh labelisasi halal, kualitas layanan dan promosi terhadap minat beli konsumen (Studi Kasus pada Kosmetik Wardah di Salatiga)’.
Ahmad, N. A., Abaidah, T. N. T. and Yahya, M. H. A. (2013) ‘a Study on Halal Food Awareness Among Muslim Customers in Klang’, 4Th International Conference on Business and Economic Research Proceeding.
Ajzen, I. (1991) ‘The theory of planned behavior’, Organizational Behavior and Human Decision Processes. doi: 10.1016/0749-5978(91)90020-T.
Ajzen, I. and Fishbein, M. (1972) ‘Attitudes and normative beliefs as factors influencing behavioral intentions’, Journal of Personality and Social Psychology. doi: 10.1037/h0031930.
Alfiana, G. (2017) ‘Pengaruh knowledge, religiosity, word of mouth terhadap purchase intention di mediasi oleh attitude (kosmetik wardah)’, Skripsi.
Alfikri, S., Baga, L. M. and Suprehatin, S. (2019) ‘Consumer awareness and willingness to pay for halal certified of beef in Bogor area’, Journal of Halal Product and Research. doi: 10.20473/jhpr.vol.2-issue.2.51-59.
Alfurqon, P. (2018) ‘Pengaruh label halal, citra merek dan persepsi harga terhadap minat beli jco donuts’.
Alkatiri, F. A. et al. (2019) ‘Analisis pengaruh burger yang berlabel halal dan burger yang tidak berlabel halal terhadap minat beli masyarakat muslim di surakarta’.
Allport, G. W. and Ross, J. M. (1967) ‘Personal religious orientation and prejudice’, Journal of Personality and Social Psychology. doi: 10.1037/h0021212.
Ambali, A. R. and Bakar, A. N. (2014) ‘People’s Awareness on Halal Foods and Products: Potential Issues for Policy-makers’, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 121, pp. 3–25. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.01.1104.
Aminuddin (2018) ‘Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Minat Beli (Studi pada Konsumen Pizza Hut Kota Medan)’, Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma (JRAM), 5(2), pp. 34–40.
Apriyanto, W. D. and Heruwasto, I. (2019) ‘PENGARUH KEJELASAN LABELISASI HALAL DAN PERILAKU BERAGAMA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN : ANALISIS D UA MODEL ALTERNATIF’, Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam, 10(1), pp. 201–223.
Ariffin, S. K. et al. (2019) ‘INVESTIGATING THE FACTORS AFFECTING PURCHASE IN- TENTION OF MUSLIM WOMEN TOWARDS HALAL COSMETICS Introduction In Indonesia , 87 per cent of the population is Muslim . Indonesia is the coun- try with the largest number of Muslims in the world . It makes In’, 7, pp. 78–105.
Arinilhaq, N. (2017) ‘Purchase Intention on Halal Culinary Fast Foood in Yogyakarta’, Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 18(2). doi: 10.18196/jesp.18.2.4035.
Ariyanti, L. (2019) ‘Pengaruh Label Halal, Kepercayaan dan Price Discount terhadap Keputusan melalui Minat Beli di KFC Cabang Mall Semarang’, Skripsi.
Asfarina, Z. (2018) ‘Religiusitas, Kesadaran Halal dan Minat Beli Produk Halal (Studi Empirik Pada Pelanggan Makanan Halal Di Kabupaten Demak)’.
Asmarandani, P. L. (2017) ‘PENGARUH ATTITUDE, SUBJECTIVE NORMS, PERCEIVED BEHAVIORAL CONTROL, HALAL CERTIFICATION, RELIGIOUS BELIEF, CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE INTENTION (Studi pada Kosmetik Halal)’.
Asriyah, D. R. (2018) ‘PENGARUH CITRA MEREK DAN LABELISASI HALAL DENGAN MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MEREK WARDAH (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang)’, Skripsi.
Astutik, Y. (2019) ‘Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Wardah Kosmetik Di Surabaya Dengan Mediasi Sikap Merek’. STIE Perbanas Surabaya.
Atikah, N. J. (2017) ‘Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Intensi Pembelian Produk Makanan Halal pada Pasar Modern’.
Augustinah, F. and Dwijosusilo, K. (2018) ‘Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Wardah Beauty House Surabaya)’, Jurnal Sketsa Bisnis.
Balques, A., Noer, B. A. and Nuzulfah, V. (2017) ‘ANALISIS SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, DAN NIAT BELI PRODUK KOSMETIK HALAL PADA KONSUMEN MUSLIMAH DI SURABAYA’, Jurnal Sains dan Seni ITS, 6(2). doi: 10.12962/j23373520.v6i2.25472.
Baroto, W. I. (2019) ‘MInat Beli Konsumen terhadap Produk Kosmetik Bersertifikat Halal’.
Basri, Y. Z. and Kurniawati, F. (2019) ‘Effect of Religiosity and Halal Awareness on Purchase Intention Moderated by Halal Certification’, KnE Social Sciences, 2019, pp. 592–607. doi: 10.18502/kss.v3i26.5403.
Budiman, R. (2019) ‘Factors Influencing Purchase Intention of Halal Products in Pontianak City’, Indonesian Journal of Halal Research, 1(2), pp. 46–48. doi: 10.15575/ijhar.v1i2.4440.
Clarita, N. M. A., Zimbalist, S. B. and Setiowati, R. (2020) ‘Factors impacting customer attitude toward buying halal cosmetics in Jabodetabek’, The Winners, 21(1), pp. 7–14. doi: 10.21512/tw.v21i1.5873.
Divianjella, M. (2018) ‘Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan Terhadap Sikap dan Niat Menggunakan Produk Kosmetik Halal’.
Diyani, E. (2018) ‘ANALISIS PENGARUH LABELHALAL DAN BRAND TRUST TERHADAP MINAT BELI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (PADA BANDENG PRESTO IBU DARMONO SEMARANG)’.
Efendi, R. and Bahrun, K. (2020) ‘Faktor-Faktor Niat Membeli Makanan Berlabel Halal pada Mahasiswa Muslim Yogyakarta’, 6(01), pp. 70–79.
Faturohman, I. (2019) ‘Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli terhadap Makanan Halal. Studi pada Konsumen Muslim di Indonesia’, Jurnal Adminstrasi Niaga, 10(1), pp. 882–893.
Fauzia, diah retno sufi, Pangestu, E. and Bafadhal, A. S. (2019) ‘Pengaruh religiusitas, sertifikasi halal, bahan produk terhadap minat beli dan keputusan pembelian’, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 66(1), pp. 37–46.
Fikri, A. N. (2019) ‘Analisis Pengaruh Halal Brand Personality terhadap Purchase Intention dengan Brand Trust sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Hotel Syariah, Sofyan-Inn,Jakarta)’, Journal of Chemical Information and Modeling. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
Fishbein, M. and Ajzen, I. (1975a) ‘Chapter 8: Prediction of Behavior’, Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research.
Fishbein, M. and Ajzen, I. (1975b) ‘Strategies of Change: Active Participation’, Belief, attitude, intention, and behavior: An introduction to theory and research.
Fitriani, N. A. (2018) ‘Analisis Theory of Planned Behavior terhadap Niat Niat Beli Makanan Berlabel Halal pada Konsumen Nonmuslim di Soloraya’.
Hafisa, D. Y. (2018) ‘Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Halal “Wardah”( Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia )’, Skripsi.
Handayani, H. (2019) ‘Pengaruh model keterkaitan Halal Awareness, Halal Certification, Product Quality, Marketing Promotion dan Brand terhadap Purchase Intention Kosmetik Halal di kota Payakumbuh’.
Handriana, T., Yulianti, P. and Romadlon, S. K. (2019) ‘Antecedents of Consumer Behavior Intention’, 1(2), pp. 1–8.
Hatta, M. (2018) ‘Faktor yang Mempengaruhi Niat Beli Makanan dengan Memperhatikan Label Halal MUI di Yogyakarta’, Skripsi.
Icek Ajzen (2005) ‘Ajzeni-2005-attitudes-personality-and-behaviour-2nd-ed-open-university-press.pdf’, International Journal of Strategic Innovative Marketing.
Indana, Z. (2017) ‘Pengaruh persepsi label halal terhadap minat beli dan keputusan pembelian pada produk Wardah Cosmetic: Studi pada mahasiswi fakultas ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang’, in Skripsi.
Istikhomah, R. (2017) ‘Pengaruh label halal kosmetik terhadap minat beli mahasiswi Fakultas Syari’ah dan Ekonmi Islam UIN Mataram.’, Skripsi.
Janah, M. . (2018) ‘Pengaruh Kesadaran Halal dan Sertifikasi Halal terhadap Minat Beli Produk Mi Samyang (Studi pada Masyarakat Muslim di Kecamatan Kebumen)’, Skripsi. Available at: http://www.gomuslim.co.id.
Khadijah, S. and Wulandari, O. A. (2020) ‘Islamic Branding Restoran Korea terhadap Minat Beli Konsumen’.
Khomariyah, N. (2017) ‘Pengaruh Kesadaran Halal, Islamic Branding dan Product Ingridients terhadap Minat Beli Produk Luwak White Koffie (Studi pada Masyarakat Desa Putatsewu, Jatitengah, Sukodono, Sragen)’.
Komite Nasional Keuangan Syariah (2018) ‘Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024’, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, pp. 1–443.
Kotler, P. and Armstrong, G. (2013) ‘Principles in Marketing Chapter 1’, in Principles of Marketing.
Kotler, P. and Keller, K. L. (2016) MarkKotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Global Edition (Vol. 15E). https://doi.org/10.1080/08911760903022556eting Management, Global Edition. doi: 10.1080/08911760903022556.
Kumalasari, R. (2019) ‘PENGARUH HARGA DAN LABEL HALAL TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK HERBAL PENAWAR ALWAHIDA INDONESIA (HPAI) (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Barokah Ponorogo)’.
Legowati, D. A. and Ul Albab, F. N. (2019) ‘Pengaruh Attitude, Sertifikasi Halal, Promosi dan Brand terhadap Purchase Intention di Restoran Bersertifikasi Halal’, Ihtifaz: Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking, 2(1), p. 39. doi: 10.12928/ijiefb.v2i1.787.
Lestari, Y. D. et al. (2018) ‘Intention towards halal logistics: A case study of Indonesian consumers’, Journal for Global Business Advancement, 11(1), pp. 22–40. doi: 10.1504/JGBA.2018.093184.
Lidiawati, V. and Suryani, T. (2020) ‘Understanding The Influence of Ingredients , Halal Logo and Religiosity on the Consumer Purchase Intention at Kober Mie Setan Gresik’, International Journal of Multicultural and Multireligious, pp. 294–307.
Madevi, F., Yulianto, E. and Samira, B. A. (2019) ‘PENGARUH PERSEPSI LABEL HALAL TERHADAP CITRA MEREK DAN MINAT BELI (Survei Online Pada Pengikut Akun Instagram @safiindonesia)’, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).
Mahesa, F. K. (2018) ‘Pengaruh Halal Awareness, Celebrity Endorser dan Electronic Word of Mouth terhadap Purchase Intention pada Kosmetik Merek Wardah (Studi pada Muslimah Generasi Millennial di Kota Padang)’.
Mardiani, L. D. (2019) ‘Pengaruh Identitas Muslim, Sertifikat Halal dan Kesadaran Halal terhadap Minat Beli (Studi Pada Konsumen KFC di Surakarta)’.
Michael Lipka and Conrad Hackett (2017) ‘Why Muslims are the world’s fastest-growing religious group’, Pew Research Center.
Mirawati (2019) ‘Pengaruh label halal, citra merek, dan keberagamaan terhadap minat beli konsumen produk kosmetik halal dengan preferensi sebagai variabel intervening’.
Mohd Yusof, Y. L. and Wan Jusoh, W. J. (2014) ‘Islamic Branding: The Understanding and Perception’, Procedia - Social and Behavioral Sciences. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.04.022.
Morwitz, V. (2014) ‘Consumers’ purchase intentions and their behavior’, Foundations and Trends in Marketing. doi: 10.1561/1700000036.
Muslimah, A. N., Hamdani, H. I. and Irfani, F. (2018) ‘Pengaruh Brand Image Dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Pelanggan (Studi Kasus Superkue Bogor)’, 1(1), pp. 41–57.
Nag, O. Sen (2019) ‘Muslim population by country’, World Atlas.
Napitasari, A. (2018) ‘Analisis Minat Beli Konsumen Pada Restoran Bersertifikat Halal MUI di Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2018 (Studi Kasus: Konsumen Waroeng Steak and Shake, Gudeg Yu Djum, Bakso Betesda 74)’, Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(5), pp. 488–500.
Nisa, L. K. (2019) ‘Analisis MInat Beli Makanan Halal Berbasis Pengetahuan Halal dan Religiusitas dengan SIkap Konsumen sebagai Mediasi’.
Nofianti, K. A. and Rofiqoh, S. N. I. (2019) ‘THE HALAL AWARENESS AND HALAL LABELS: DO THEY DETERMINE PURCHASE INTENTION? (STUDY ON SME’s BUSINESS PRACTITIONERS IN GRESIK)’, Journal of Halal Product and Research. doi: 10.20473/jhpr.vol.2-issue.1.16-24.
Notodisurjo, P. S., Syah, T. Y. R. and Anindita, R. (2019) ‘the Effect of Religiosity Moderation To Halal Logo on Increasing Muslim Purchase Intention in Jakarta’, Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 89(5), pp. 140–147. doi: 10.18551/rjoas.2019-05.17.
Novagusda, F. N. and Deriawan, . (2019) ‘Pengaruh Pemberian Label Halal, Citra Merek dan Kualitas Multivitamin terhadap Minat Pembelian Konsumen dengan Tingkat Kepercayaan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Produk Redoxon di Jabodetabek)’, JIMEA-JURNAL INOVASI MANAJEMEN EKONOMI DAN AKUNTANSI, 1(3), pp. 344–359.
Nugraha, R., Mawardi, M. and Bafadhal, A. (2017) ‘PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Survei Pada Mahasiswa Muslim Konsumen Mie Samyang Berlogo Halal Korean Muslim Federation Di Kota Malang)’, Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 50(5), pp. 113–120.
Nugroho, A. R. and Irena, A. (2017) The Impact of Marketing Mix, Consumer’s Characteristics, and Psychological Factors to Consumer’s Purchase Intention on Brand ‘W’ in Surabaya, iBuss Management.
Nurcahyo, A. and Hudrasyah, H. (2017) ‘The Influenceof Halal Awareness, Halal Certification, ans Personal Societal Purchase Intention’, Journal of Business and Management, 6(1), pp. 21–31. doi: 10.4314/jfas.v9i5s.55.
Nurhasah, S., Munandar, J. M. and Syamsun, M. (2018) ‘Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan Olahan Halal pada Konsumen’, Jurnal Manajemen dan Organisasi, 8(3), p. 250. doi: 10.29244/jmo.v8i3.22069.
Nurhasanah, S. and Hariyani, H. F. (2018) ‘Halal Purchase Intention on Processed Food’, Tazkia Islamic Finance and Business Review, 11(2), pp. 187–209. doi: 10.30993/tifbr.v11i2.142.
Nurhayati, T. and Hendar, H. (2019) ‘Personal intrinsic religiosity and product knowledge on halal product purchase intention: Role of halal product awareness’, Journal of Islamic Marketing, 11(3), pp. 603–620. doi: 10.1108/JIMA-11-2018-0220.
Nuzulfah, V. et al. (2019) ‘The Effect of Different Argument Quality and Religious Symbol to The Muslim Consumers’ Attitude and Intention Toward Halal Food Products’, 101(Iconies 2018), pp. 272–277. doi: 10.2991/iconies-18.2019.53.
Octaviawati, D. S. (2018) ‘Kesadaran Halal, Keyakinan Agama, dan Persepsi Pribadi terhadap Niat Pembelian Produk Halal’.
Pambudi, B. G. (2018) ‘Pengaruh Kesadaran Halal dan Sertifikasi Halal terhadap Minat Beli Produk Mie Instan (Studi pada Pemuda Muslim Bandarlampung)’, Skripsi.
Permatasari, Y. (2018) ‘PENGARUH PERSEPSI KUALITAS PRODUK DAN LABEL HALAL TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA KOSMETIK SARIAYU MARTHA TILAAR’.
Pratama, A. R. (2019) ‘Penentu Niat Beli Makanan Cepat Saji pada Muslim Milenial: Peran Religiosity sebagai Moderasi’, Skripsi.
Prayetno Eko Bambang and Nurchalil (2018) ‘Pengaruh perilaku religius terhadap niat pembelian ( buying intention ) produk kosmetik berlabel halal di kota banda aceh (studi pada mahasiswa/i pemakai kosmetik merk wardah di kota banda aceh)’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(3), pp. 102–112.
Putri, I. R. (2019) ‘Pengaruh Pencantuman Label Halal Terhadap Minat Beli Mie Samyang Pada Mahasiswa Fakultas Agama Islam UMSU’.
Putri, M. J. and Rimadias, S. (2019) ‘Analisis aspek penentu niat konsumen dalam membeli produk halal di indonesia (telaah pada mie ramen jepang halal)’, Prosiding Seminar Akuntansi Nasional, Vol 2, No(No.1).
Putri, T. U. and Abdinagoro, S. B. (2018) ‘Response to a New Wave in Digital marketing: Does beauty blogger involvement the most influencing factor in halal cosmetic purchase intention’, International Journal of Supply Chain Management, 7(6), pp. 446–452.
Rahma, E. S. (2007) ‘Analisis Pengaruh KUalitas Layanan dan Citra Merek terhadap Minat Beli dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Telepon Seluler Merek Sony Ericson di Kota Semarang)’. doi: 10.14710/jspi.v6i3.261-276.
Ramadhani, E. (2018) ‘Pengaruh Sertifikasi Halal Kesadaran Halal, dan Orientasi Bahan Kosmetik terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah pada Masyarakat Kota Padang - Ramadhani.pdf’.
Ramdhani, Y. (2017) ‘Studi tentang Kesadaran dan Kepercayaan Halal pada Sikap dalam Meningkatkan Minat Beli Produk Kosmetik Halal di Kel. Wanakerta Kec. Sindang Jaya Kab. Tangerang’.
Rasma, Y. (2019) ‘ANALISIS KOMPARATIF LABELISASI HALAL PADA KOSMETIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI MASYARAKAT DI KEC. SYIAH KUALA DAN KEC. KUTA ALAM’.
Ratnasari, D. (2019) ‘Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Labelisasi Halal terhadap Minat Beli Konsumen (Pusat Oleh-oleh Kampoeng Kopi Banaran/ Banaran 9 Mart)’, Skripsi.
Republik Indonesia (2014) Undang – Undang Republik Indonesia U No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, Undang – Undang Republik Indonesia. doi: 10.1007/s13398-014-0173-7.2.
Rohmah, A. N. (2019) ‘Pengaruh Halal Awareness Dan Halal Certification Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal’, Pengaruh Halal Awareness Dan Halal Certification Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal, pp. 1–89.
Rohmatun, K. I. and Dewi, C. K. (2017) ‘Pengaruh Pengetahuan Dan Religiusitas Terhadap Niat Beli Pada Kosmetik Halal Melalui Sikap’, Journal Ecodemica.
Romadlon, K. S. (2017) ‘Faktor-faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention Konsumen pada Produk Makanan Halal’.
Rosida, R. (2018) ‘FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSI PEMBELIAN KOSMETIK HALAL’, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business), 4(2), p. 129. doi: 10.20473/jebis.v4i2.10501.
Ruangkanjanases, A. R. and Sermsaksopon, T. S. (2019) ‘Predicting Purchase Intention toward Halal Packaged Food from Non-Muslim Manufacturers: A Comparative Study of Muslim in Thailand and Indonesia’, International Journal of Organizational Business Excellence, 2(1), pp. 33–41. doi: 10.21512/ijbx.v2i1.339.
Salsabilla, A. R. (2019) ‘Intensi Berkunjung Muslim Milenial ke Destinasi Wisata Halal Lombok: Analisis Destination Image, Travel Motivation, Religiusitas dan Islamic Attributes of Destination’. doi: 10.1155/2010/706872.
Saribanon, E. et al. (2020) ‘Consumer’s purchase intention on halal detergent in Jakarta’, in Advances in Business, Management and Entrepreneurship. doi: 10.1201/9780429295348-10.
Septevany, S. M. (2018) ‘PENGARUH POSITIONING DAN LABEL HALAL TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MUSLIMAH PADA KOSMETIK LIP CREAM WARDAH (Studi Penelitian Pada Supermarket Pamela 1 di Jalan Kusumanegara No. 141 Umbulharjo, Yogyakarta)’.
Setiawan, S. and Mauluddi, H. A. (2019) ‘Perilaku Konsumen dalam Membeli Produk Halal di Kota Bandung’, At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam, 5(2), pp. 232–246.
Setiawati, L. M., Chairy, C. and Syahrivar, J. (2019) ‘Factors Affecting the Intention to Buy Halal Food by the Millennial Generation: The Mediating Role of Attitude’, DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 14(2), p. 175. doi: 10.19166/derema.v14i2.1738.
Setyaningsih, E. D. and Marwansyah, S. (2019) ‘The Effect of Halal Certification and Halal Awareness through Interest in Decisions on Buying Halal Food Products’, Syi`ar Iqtishadi : Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 3(1), p. 65. doi: 10.35448/jiec.v3i1.5515.
Setyowati, R. (2019) ‘Pengaruh Kesadran Halal, Norma Subyektif, dan Perceived Behavioral Control, Terhadap Minat Beli Produk Dunkin’ Donuts Di Kota Solo’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
Shabrina, D. I. (2017) ‘Religiusitas dan intensi membeli obat berlabel halal pada mahasiswa muslim di universitas islam indonesia skripsi’.
Singgih, S. A. W. (2018) ‘The Influences of Knowledge and Religiousity on Attitude Towards Purchase Intention of Halal Food Products in Greater Jakarta’.
Soleha, I., Arifin, R. and Rahmad, A. (2017) ‘Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Label Halal Terhadap Minat Pembelian Ulang Produk Kosmetik Zoya Malang’, e – Jurnal Riset ManajemenPRODI MANAJEMEN Fakultas, 000(2), pp. 166–176. Available at: www.fe.unisma.ac.id.
Sopyansyah, R. (2018) ‘Analisis Persepsi Konsumen terhadap Label Halal dan Minat Beli Kosmetik ZOYA: Survei pada Hijabers Community Bandung’, Skripsi.
Sriminarti, N. and Nora, L. (2018) ‘The Role of Product Knowledge and Attitudes toward Purchasing Intentions: The Moderating Effect of Religiosity on Halal Cosmetics’, KnE Social Sciences, 3(10), p. 518. doi: 10.18502/kss.v3i10.3153.
Sudarti, K. and Lazuardi, R. D. (2018) ‘Kontribusi Pengetahuan Produk Halal, Religiusitas dan Sikap dalam Pembentukan Niat Beli’, Majalah Ilmiah SOLUSI, 16(3), p. 55.
Sudrajat, A. (2018) ‘Analisa Pengaruh Pencantuman Merek, Kemasan, Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Makanan Cepat Saji Waralaba Internasional Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi’, Skripsi.
Sukmasari, K. (2018) ‘Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Produk Makanan Restoran Solaria di Surabaya’.
Syamsuri, M. (2020) ‘Pengaruh Religiusitas dan Kesadaran Halal terhadap Sikap dan Niat Pembelian Produk Halal Non-pangan’.
Trifiyanto, K. (2018) ‘Masa Depan Produk Lokal: Analisis Pengaruh Etnosentris Konsumen, Disain KEmasan, dan Persepsi Labelisasi Halal terhadap Minat Pembelian Produk Lokal (Studi pada Produk Lokal Lanting khas Kebumen) Kabul Trifiyanto’, Jurnal Fokus Bisnis, 17(02), pp. 15–24. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
Tursino. (2019) ‘Analisis Pengaruh Religiusitas Intrinsik, Religiusitas Ekstrinsik, Pengetahuan Produk Halal terhadap Minat Pembelian Melalui Sikap terhadap Produk Halal sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Konsumen Produk Halal)’.
Utami, S. (2017) ‘Pengaruh persepsi kualitas, harga, dan islamic branding terhadap minat beli produk kosmetik halal’, Skripsi.
Vegirawati, T., Yusnaini, Y. and Ningsih, E. K. (2019) ‘CUSTOMER ATTITUDES AND INTENTION TOWARDS SHARIA COMPLIANT HOTEL’, Journal of Islamic Monetary Economics and Finance. doi: 10.21098/jimf.v5i3.1075.
Vristiyana, V. M. (2019) ‘PENGARUH RELIGIUSITAS DAN PENGETAHUAN PRODUK HALAL TERHADAP PENILAIAN PRODUK HALAL DAN MINAT PEMBELIAN PRODUK HALAL (Studi Kasus Pada Industri Makanan’, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(1), p. 85. doi: 10.30659/ekobis.20.1.85-100.
Wang, J., Gao, Z. and Shen, M. (2018) ‘Recognition of consumers’ characteristics of purchasing farm produce with safety certificates and their influencing factors’, International Journal of Environmental Research and Public Health. doi: 10.3390/ijerph15122879.
Warshaw, P. R. and Davis, F. D. (1985) ‘Disentangling behavioral intention and behavioral expectation’, Journal of Experimental Social Psychology. doi: 10.1016/0022-1031(85)90017-4.
Waskito, D. (2019) ‘Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Halal’, Uny, 1, pp. 1–12. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
Wibawa, E. P. (2018) ‘PENGARUH LABEL HALAL DAN IKLAN TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN DAN IMPLIKASINYA PADA MINAT BELI MAHASISWA STKIP SUBANG Studi pada produk Deterjen Total Almeera)’.
Widyanto, H. A. and Irfanur, M. K. (2019) ‘Faith-Based Marketing: Antecedents of Purchase Intention for Halal-Certified Personal Care Products’, Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 3(2), p. 421. doi: 10.24912/jmieb.v3i2.7338.
Wijaya, T. (2019) ‘The Effects of Consumer Knowledge and Religiosity on Halal Cosmetics Buying Intention with Consumer ’ s Attitude as the Mediation Variable’, Sumerianz Journal of Business Management and Marketing, 2(11), pp. 130–135.
Yoga, I. (2019) ‘Halal Emotional Attachment on Repurchase Intention’, Shirkah: Journal of Economics and Business, 3(1). doi: 10.22515/shirkah.v3i1.206.
Yudika, J. T. (2018) ‘Pengaruh Sikap dan Norma Subyektif terhadap Minat Membeli Makanan Ringan Berlabel Halal (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis IAIN Surakarta)’. Available at: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/id/eprint/2981.
Yulita Amalia, R. and Fauziah, S. (2019) ‘PERILAKU KONSUMEN MILENIAL MUSLIM PADA RESTO BERSERTIFIKAT HALAL DI INDONESIA: IMPLEMENTASI TEORI PERILAKU TERENCANA AJZEN’, JEBA (Journal of Economics and Business Aseanomics), 3(2). doi: 10.33476/jeba.v3i2.960.
Yuliyzar, I. and Devi, E. S. (2020) ‘Peningkatan Minat Beli Konsumen Melalui Daya Tarik Iklan Dan Label Halal Produk Lipcream Emina Pada Universitas Muhammadiyah Tangerang’, Dynamic Management Journal, Vol 4(1), pp. 1–17.
Yusuf, R. (2017) ‘PENGARUH LABEL HALAL SUNSILK HIJAB TERHADAP MINAT BELI PEREMPUAN MUSLIM JAKARTA BARAT’.

Downloads

Published

2020-11-23

How to Cite

Kusumastuti, D. K. (2020). Minat Beli Produk Halal di Indonesia: Studi Pemetaan Sistematis. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 2(2), 27–50. https://doi.org/10.24090/mabsya.v2i2.3929