Pemanfaatan Media Baru sebagai Media Bisnis

Authors

  • Wahid Fahrur Annas IAIN Purwokerto
  • Derry Ahmad Rizal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24090/mabsya.v1i1.3153

Keywords:

bisnis media, ekonomi media, informasi, masyarakat, komunikasi

Abstract

Perkembangan teknologi informasi sangat mendukung masyarakat mendapatkan informasi. Informasi pada media baru dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Adanya kesadaran masyarakat tentang arti pentingnya informasi dalam berbagai aktivitas kehidupan. Masyarakat informasi menghadapkan kita pada tantangan baru dan perkembangan menuju masyarakat berkomunikasi dengan saling bertukar informasi. Dalam perkembangan teknologi informasi yang pesat dapat mempengaruhi perekonomian bisnis masyarakat. Perkembangan budaya masyarakat memunculkan aktivitas ekonomi media yang makin lama makin besar pengaruhnya pada kehidupan sehari-hari masyarakat. Informasi dikelola dengan baik, disajikan tepat waktu dan dikemas semenarik mungkin dengan teknologi dapat dikembangkan sebagai suatu komoditi yang bernilai ekonomis. Ekonomi dan bisnis media adalah bagian dari ekonomi secara keseluruhan, khususnya yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan informasi sera kebutuhan eksistensi diri, serta kebutuhan komunikasi dan kebutuhan nonfisik lainnya dari sebagian masyarakat. Dalam penelitian ini menggunakan studi literatur dengan teknik pengumpulan data kepustakaan dengan mengambil di pustaka, membaca, mencatat dan mengolah bahan penelitian. Zaman teknologi yang semakin berkembang dan sumber informasi yang cepat sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Pada era media baru ini, masyarakat tidak lagi kesulitan dalam mencari berita yang fakta dan aktual, namun masyarakat juga perlu menyikapi stimulus yang datang dengan pengetahuan serta wawasan untuk mengambil langkah. Dengan peningkatan dan meluasnya pemahaman mengenai ekonomi dan bisnis media serta informasi media diharapkan akan menghasilkan tambahan wawasan ke masyarakat.

References

Faizal Noor, Henry. 2010. Ekonomi Media. Jakarta: Rajawali Pers.
McQuail, Denis. Teori Komunikasi Massa. 2011. Edisi 6 (Jakarta: Salemba Humanika)
Idhar Resmadi, Sonny Yuliar. Journals.itb.ac.id
Melfianora. Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Studi Literatur. Jurnal Balai Pelatihan Penyuluh Pertanian.
Jurnal UIN Sunan Ampel Surabaya. Digilib.uinsby.ac.id

Downloads

Published

2019-06-28

How to Cite

Annas, W. F., & Rizal, D. A. (2019). Pemanfaatan Media Baru sebagai Media Bisnis. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 99–115. https://doi.org/10.24090/mabsya.v1i1.3153