Bisnis dan Wirausaha Desa Menuju Kemandirian Ekonomi Kerakyatan di Desa Pengalusan Kecamatan Mrebet, Purbalingga

Authors

  • Tri Wahyuni Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24090/mabsya.v1i1.3150

Keywords:

Kemandirian Ekonomi, Kewirausahaan

Abstract

Ekonomi kerakyatan merupakan suatu bentuk kemerdekaan masyarakat dalam semua proses ekonomi. Bukan lagi negara atau kapitalis yang berkuasa, tetapi ada kuasa jenis baru yang diciptakan agar mampu mencapai kesejahteraan. Desa Pengalusan, Kecamatan Mrebet, Purbalingga memiliki potensi wirausaha desa yang hingga sekarang banyak menjadi sumber pendapatan masyarakat. Penelitian ini merupakan hasil pengamatan dan pendalaman yang cukup lama. Pendalaman data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada beberapa keluarga yang fokus mengolah gula jawa. Pengolahan gula jawa dikenal dengan nderes. Seluruh proses pengolahan gula jawa dikerjakan pribadi, tidak ada campur tangan elit lokal atau “tangan†pemodal besar. Masyarakat menjadi tidak terlalu bertumpu pada negara atau perusahaan. Dengan rantai perdagangan yang mandiri, mereka dapat menentukan kuasa pasar. Meskipun beberapa juragan yang sedikit bermain, tetapi bagi masyarakat desa itu tidak mengeksplotisai seperti kebijakan perusahaan kapital. Alat produksi, tenaga dan wilayah pertanian menjadi hak dan kuasa penuh yang dikendalikan oleh masing-masing petani. Bentuk bisnis desa ini yang sedikit banyak mampu menyumbang kemandirian ekonomi kerakyatan.

References

Baswir, Revrisond. 2014. ” Ekonomi Kerakyatan Sebagai Sistem Indonesia” dalam Ekonomi Kerakyatan American Institute For Indonesian Studies (AIFIS) oleh Lembaga Suluh Nusantara.
Farid, Masdar.2019. Menakar Ulang Ekonomi Kerakyatan Pulau Padang, Riau. Jurnal Kajian Ruang Sosial-Budaya, Vol. 3, No. 1, 2019. Malang: FISIP UB.
Jamaludin, Adon Nasrullah. 2016. Sosiologi Pembangunan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Midgley, James. 2005. Pembangunan Sosial Perspektif Pembangunan Dalam Kesejahteraan Sosial. Jakarta: Ditperta Islam Depag RI.
Saly, Jeane Neltje. 2008. Laporan Akhir Tim Kompendium Bidang Hukum Ekonomi Kerakyatan. Jakarta: Badan Pembinaan Hukum Nasional, Departemen Hukum dan HAM RI.
Scott, James. 1994. Moral Ekonomi Petani: Pergolakan dan Subsistensi di Asia Tenggara. Jakarta: LP3ES.
Soekarno. 2005. Di Bawah Bendera Revolusi (Cetakan Kelima). Jakarta: Yayasan Bung Karno.
Tim Penyusun. 2014. Kecamatan Mrebet Dalam Angka 2014. Purbalingga: BAPPEDA Kabupaten Purbalingga.
Trianton, Teguh. 2016. Bahasa sebagai Identitas dan Perlawanan Kultural Masyarakat Banyumas Pascakolonial. Materi Seminar Internasional “INDONESIA : ART AND URBAN CULTURE” FIB UNS, Oktober 2016. Surakarta: UNS.

Downloads

Published

2019-06-28

How to Cite

Wahyuni, T. (2019). Bisnis dan Wirausaha Desa Menuju Kemandirian Ekonomi Kerakyatan di Desa Pengalusan Kecamatan Mrebet, Purbalingga. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 37–54. https://doi.org/10.24090/mabsya.v1i1.3150