Optimalisasi Ekonomi Kreatif Sabut Kelapa Menjadi Kerajinan Tangan di Desa Pucung Lor, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap

Authors

  • Anton Thista Kusuma IAIN Purwokerto
  • Siswanto Siswanto IAIN Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.24090/mabsya.v1i1.3149

Keywords:

kerajinan tangan, ekonomi kreatif

Abstract

Kerajianan tangan merupakan kegiatan seni yang menitikberatkan pada ketrampilan tangan untuk mengelola bahan baku yang ada pada lingkungan setempat menjadi benda-benda yang bernilai pakai dan bernilai estetis. Kerajinan sabut kelapa dijadikan kerajinan tangan dalam pendongkrakan perekonomian masyarakat desa guna mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi dan mengurangi kemiskinan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dalam pengambilan data, yang menggambarkan bagaimana sabut kelapa menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai ekonomi tinggi di desa pucung lor sehingga dapat mensejahterakan masyarakat dengan menggunakan metode observasi dan wawancara kepada para pengrajin sabut kelapa di desa pucung lor. Masyarakat desa pucung lor memanfaatkan perkebunan kelapa dengan mengambil “sabut kelapa†atau kulit kelap yang dijadikan sebuah kerajinan tangan seperti sapu ijuk, sapu lidi, kesed, cocomesh, cocofiber dan lain sebagainya yang terbuat dari sabut kelapa.

References

Alfitri. 2011. Community Development Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Humaidi, Ismail, “Peningkatan Perekonomian Masyarakat Melalui Industri Kecil”, dimuat dalam Jurnal Ekonomi, Vol. 1, No.3, Februari 2015.
Ibrahim, Helda, “Analisis Keberlanjutan Usaha Pengrajin Ekonomi Kreatif Kerajinan Sutera di Provinsi Sulawesi Selatan”, dimuat dalam Jurnal Teknologi Industri Pertanian, Vol. 1. No. 3, Maret 2013, hlm. 211.
Indahyani,Titi, “Pemanfaatan Limbah Sabut Kelapa Pada Perencanaan Interior dan Furniture yang Berdampak pada Pemberdayaan Masyarakat Miskin”, dimuat dalam Jurnal Humaniora, Vol.2 No.1, April 2011, hlm. 16.
Jerusalem, M.Adam, Perencanaan Industri Kreatif Dengan Pendekatan Benchmarking Pada Queensland’s Creative Industri, Fakultas Teknik UNY.
Nirwana, Eliyani dan Agus Riswanto, “Analisis Pengaruh Usaha Kerajinan Serabut Kelapa dengan Peningkatan Ekonomi Masyarakat Dusun Banyer Desa Telaga Waru kecamatan Pringgabaya kabupaten Lombok Timur”, dimuat dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 1, No. 2, Desember 2017.
Nur, Muhammad dan Ainie Khuriati dan Eko Komaruddin, “Desain Peredam Suara Berbahan Dasar Sabut Kelapa dan Pengukuran Koefisien Bunyinya”, dimuat dalam Jurnal Fisika, Vol. 9, No. 1, Januari 2006.
Simbolon, Freddy, “Strategi Pemasaran Global Di Pasar Indonesia”, dimuat dalam Jurnal Binus Bussines Review, Vol. 4, No. 1, Mei 2013.

Downloads

Published

2019-06-28

How to Cite

Kusuma, A. T., & Siswanto, S. (2019). Optimalisasi Ekonomi Kreatif Sabut Kelapa Menjadi Kerajinan Tangan di Desa Pucung Lor, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 23–36. https://doi.org/10.24090/mabsya.v1i1.3149