Membangun Karakter Entrepreneur melalui Pendekatan Pendidikan

Authors

  • Alivia Sekar Apsari IAIN Purwokerto
  • Fauzan Budi Pamungkas ITT Telkom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/mabsya.v1i1.3148

Keywords:

entrepreneur, peluang kerja, kewirausahaan

Abstract

Seorang entrepreneur memiliki karakter yang membuat dirinya mampu untuk menjalankan wirausaha. Karakter tersebut tentu sangat baik untuk dapat dipahami secara bersama-sama. Dengan memahami karakter seorang entrepreneur, maka bisa menjadikan anak didik agar bisa membentuk karakternya sejak dini. Penulisan ini dimaksudkan untuk dapat memberikan penjelasan lebih jelas mengenai karakter seorang entrepreneur. Kemudian, bagaimana cara dalam membangun seseorang agar bisa memiliki karakter entrepreneur. Saat ini, sudah seharusnya masyarakat bisa menjadi pengusaha dan menciptakan peluang kerja baru bagi masyarakat lainnya. Diharapkan, dengan penulisan ini dapat memberikan manfaat untuk semua pembaca. Terutama agar bisa bersama-sama membangun karakter seorang entrepreneur melalui pendidikan. Utamanya, dapat membantu menciptakan generasi baru yang lebih bersemangat dalam berwirausaha dan mampu bersaing dengan produk luar yang selama ini beredar.

References

T. Siregar, “Radio Republik Indonesia,” 21 Maret 2019. [Online]. Available: http://rri.co.id/post/berita/651422/ekonomi/jumlah_wirausaha_di_indonesia_tembus_8_juta_jiwa.htmlhttps://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/3993/A3.pdf?sequence=1. [Diakses 10 September 2019].
T. Nurseto, “PENDIDIKAN BERBASIS ENTREPRENEUR,” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, vol. VIII, pp. 52-59, 2010.
C. H. Soetjiningsih, “KARAKTER ENTREPRENEUR DAN POLA ASUH ORANGTUA”.
T. Nurseto, “STRATEGI MENUMBUHKAN WIRAUSAHA KECIL MENENGAH YANG TANGGUH,” Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 2004.
D. Sukamto, “Hubungan Psyhological Capital dengan Entrepreneur Intention SMK YPM 3 Sepanjang Taman Sidoarjo,” 2012.
G. J. S. Aminah, “PENGARUH KEBUTUHAN AKAN PRESTASI, KEBUTUHAN AFILIASI, KEBUTUHAN DOMINASI DAN KEBUTUHAN OTONOMI TERHADAP KESUKSESAN ENTREPRENEUR WANITA DI KOTA SEMARANG,” JURNAL ILMIAH DINAMIKA EKONOMI DAN BISNIS, vol. 1, 2013.
S. Judiani, “Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum”.

Downloads

Published

2019-10-04

How to Cite

Apsari, A. S., & Pamungkas, F. B. (2019). Membangun Karakter Entrepreneur melalui Pendekatan Pendidikan. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.24090/mabsya.v1i1.3148