Analisis Penggunaan Teknologi Informasi, Inovasi Produk, dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Sektor Kuliner Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.24090/mabsya.v6i1.10895Keywords:
Teknologi Informasi, Inovasi Produk, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, UMKMAbstract
UMKM adalah kependekan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang merupakan bagian penting dari pertumbuhan ekonomi suatu daerah atau negara. Demikan juga halnya dengan Kota Padang, dimana UMKM sangat berperan dalam peningkatan kemajuan ekonomi daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penggunaan teknologi informasi, Inovasi dalam menciptakan produk, dan orientasi pada pasar berpengaruh pada keunggulan UMKM sektor kuliner Kota Padang. Adapun teknik penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan objek penelitian adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di bidang kuliner yang berlokasi di Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Pada kecamatan Padang Barat Kota Padang, terdapat 3.892 UMKM di bidang kuliner yang dijadikan populasi. Sementara itu, yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis yang menghasilkan kesimpulan bahwa teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM di sektor kuliner Wilayah Padang Barat, inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan serta orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM di sektor kuliner Wilayah Padang Barat. Berdasarkan temuan ini dapat dikatakan bahwa pelaku usaha UMKM harus dapat memanfaatkan teknologi informasi, dan melakukan inovasi produk, serta adanya orientasi terhadap pasar agar menjadi unggul dalam bersaingReferences
Abi, Y. I., Melinda, T. F., & Sari, D. R. (2022). Pengaruh Teknologi Informasi Dan Modal Kerja Terhadap Daya Saing UMKM Di Kota Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1), 273–280. DOI: https://doi.org/10.37676/ekombis.v10iS1.2050
Afriyeni, A., Marlius, D., & Susanti, F. (2023). Pelatihan Penyusunan Proposal Usaha Dan Analisis Laporan Keuangan Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Kepulauan Mentawai. JPKBP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). DOI: https://doi.org/10.59929/mm.v1i1.3
Alwi, T., & Handayani, E. (2018). Keunggulan Bersaing UKM Yang Dipengaruhi Oleh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 193. DOI: https://doi.org/10.33370/jpw.v20i3.256
Annisa, F., Purwana, D., & Fidhyallah, N. F. (2023). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Bidang Kuliner Di Kecamatan Koja. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 4(1), 315–326. DOI: https://doi.org/10.21009/jbmk.0401.22
Dalimunthe, M. B. (2017). Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 3(2), 140–153.
Darwis, H., & Utama, L. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM Di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(2), 542–552. DOI: https://doi.org/10.24912/jmk.v2i2.7948
Hasanah, R. L., Kholifah, D. N., & Alamsyah, D. P. (2020). Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan Dan Teknologi Terhadap Pendapatan Umkm Di Kabupaten Purbalingga. Kinerja, 17(2), 305–313.
Hasnatika, I. F., & Nurnida, I. (2018). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM “Duren Kamu Pasti Kembali” Di Kota Serang. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(3), 1–9. DOI: https://doi.org/10.35313/jrbi.v4i3.1252
Hidayat, D. (2021). Peran Adopsi Teknologi Informasi Dan Inovasi Produk Dalam Memperkuat Keunggulan Bersaing Pada UMKM Di Provinsi Sumatera Barat Saat Pandemi. Jurnal Manajemen Stratejik Dan Simulasi Bisnis, 2(2), 90–110. DOI: https://doi.org/10.25077/mssb.2.2.90-110.2021
Juwita, R., Sunarya, E., & Jhoansyah, D. (2023). Analisis Strategi Orientasi Pasar Dan Penggunaan Sosial Media Instagram Terhadap Keunggulan Bersaing. COSTING: Journal Of Economic, Bussines and Accounting, 7(1), 1025–1032. DOI: https://doi.org/10.31539/costing.v7i1.6689
Ondra, M., Škaroupka, D., & Rajlich, J. (2017). Innovating Product Appearance Within Brand Identity. International Journal Of Innovation Science, 9(2), 153–169. DOI: https://doi.org/10.1108/IJIS-12-2016-0055
Rahmasari, L. (2019). Analisis Pengaruh Supply Chain Integration, Teknologi Informasi Dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Perusahaan Freight Forwading. Jurnal Ilmiah Aset, 21(1), 33–38. DOI: https://doi.org/10.37470/1.21.1.143
Safrianti, S., Puspita, V., Shinta, S. D., & Afriyeni, A. (2022). Tingkat financial technology terhadap peningkatan kinerja UMKM dengan variabel intervening inklusi keuangan pada pelaku UMKM Kota Bengkulu. MBR (Management and Business Review), 6(2), 212–227. https://doi.org/10.21067/mbr.v6i2.7538 DOI: https://doi.org/10.21067/mbr.v6i2.7538
Verbyani, V., & Handoyo, S. E. (2021). Pengaruh Inovasi, Orientasi Kewirausahaan Dan Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing UKM Kuliner. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(3), 875–883. DOI: https://doi.org/10.24912/jmk.v3i3.13219
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Afriyeni, Revy Verninda Rinesia, Abdul Hamid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.