Analisis Penggunaan Teknologi Informasi, Inovasi Produk, dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Sektor Kuliner Kota Padang

Authors

  • Afriyeni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP, Padang
  • Revy Verninda Rinesia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP, Padang
  • Abdul Hamid University Tun Hussein Oon Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.24090/mabsya.v6i1.10895

Keywords:

Teknologi Informasi, Inovasi Produk, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, UMKM

Abstract

UMKM adalah kependekan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang merupakan bagian penting dari pertumbuhan ekonomi suatu daerah atau negara. Demikan juga halnya dengan Kota Padang, dimana UMKM sangat berperan dalam peningkatan kemajuan ekonomi daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penggunaan teknologi informasi, Inovasi dalam menciptakan produk, dan orientasi pada pasar berpengaruh pada keunggulan UMKM sektor kuliner Kota Padang. Adapun teknik penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan objek penelitian adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di bidang kuliner yang berlokasi di Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Pada kecamatan Padang Barat Kota Padang, terdapat 3.892 UMKM di bidang kuliner yang dijadikan populasi. Sementara itu, yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis yang menghasilkan kesimpulan bahwa teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM di sektor kuliner Wilayah Padang Barat, inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan serta orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM di sektor kuliner Wilayah Padang Barat. Berdasarkan temuan ini dapat dikatakan bahwa pelaku usaha UMKM harus dapat memanfaatkan teknologi informasi, dan melakukan inovasi produk, serta adanya orientasi terhadap pasar agar menjadi unggul dalam bersaing

References

Abi, Y. I., Melinda, T. F., & Sari, D. R. (2022). Pengaruh Teknologi Informasi Dan Modal Kerja Terhadap Daya Saing UMKM Di Kota Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1), 273–280. DOI: https://doi.org/10.37676/ekombis.v10iS1.2050

Afriyeni, A., Marlius, D., & Susanti, F. (2023). Pelatihan Penyusunan Proposal Usaha Dan Analisis Laporan Keuangan Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Kepulauan Mentawai. JPKBP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). DOI: https://doi.org/10.59929/mm.v1i1.3

Alwi, T., & Handayani, E. (2018). Keunggulan Bersaing UKM Yang Dipengaruhi Oleh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(3), 193. DOI: https://doi.org/10.33370/jpw.v20i3.256

Annisa, F., Purwana, D., & Fidhyallah, N. F. (2023). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Bidang Kuliner Di Kecamatan Koja. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 4(1), 315–326. DOI: https://doi.org/10.21009/jbmk.0401.22

Dalimunthe, M. B. (2017). Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 3(2), 140–153.

Darwis, H., & Utama, L. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM Di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(2), 542–552. DOI: https://doi.org/10.24912/jmk.v2i2.7948

Hasanah, R. L., Kholifah, D. N., & Alamsyah, D. P. (2020). Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan Dan Teknologi Terhadap Pendapatan Umkm Di Kabupaten Purbalingga. Kinerja, 17(2), 305–313.

Hasnatika, I. F., & Nurnida, I. (2018). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM “Duren Kamu Pasti Kembali” Di Kota Serang. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(3), 1–9. DOI: https://doi.org/10.35313/jrbi.v4i3.1252

Hidayat, D. (2021). Peran Adopsi Teknologi Informasi Dan Inovasi Produk Dalam Memperkuat Keunggulan Bersaing Pada UMKM Di Provinsi Sumatera Barat Saat Pandemi. Jurnal Manajemen Stratejik Dan Simulasi Bisnis, 2(2), 90–110. DOI: https://doi.org/10.25077/mssb.2.2.90-110.2021

Juwita, R., Sunarya, E., & Jhoansyah, D. (2023). Analisis Strategi Orientasi Pasar Dan Penggunaan Sosial Media Instagram Terhadap Keunggulan Bersaing. COSTING: Journal Of Economic, Bussines and Accounting, 7(1), 1025–1032. DOI: https://doi.org/10.31539/costing.v7i1.6689

Ondra, M., Škaroupka, D., & Rajlich, J. (2017). Innovating Product Appearance Within Brand Identity. International Journal Of Innovation Science, 9(2), 153–169. DOI: https://doi.org/10.1108/IJIS-12-2016-0055

Rahmasari, L. (2019). Analisis Pengaruh Supply Chain Integration, Teknologi Informasi Dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Perusahaan Freight Forwading. Jurnal Ilmiah Aset, 21(1), 33–38. DOI: https://doi.org/10.37470/1.21.1.143

Safrianti, S., Puspita, V., Shinta, S. D., & Afriyeni, A. (2022). Tingkat financial technology terhadap peningkatan kinerja UMKM dengan variabel intervening inklusi keuangan pada pelaku UMKM Kota Bengkulu. MBR (Management and Business Review), 6(2), 212–227. https://doi.org/10.21067/mbr.v6i2.7538 DOI: https://doi.org/10.21067/mbr.v6i2.7538

Verbyani, V., & Handoyo, S. E. (2021). Pengaruh Inovasi, Orientasi Kewirausahaan Dan Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing UKM Kuliner. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(3), 875–883. DOI: https://doi.org/10.24912/jmk.v3i3.13219

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Afriyeni, Revy Verninda Rinesia, & Abdul Hamid. (2023). Analisis Penggunaan Teknologi Informasi, Inovasi Produk, dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Sektor Kuliner Kota Padang. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 6(1), 115–126. https://doi.org/10.24090/mabsya.v6i1.10895

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.