Dakwah Transformatif Pondok Pesantren Miftahul Huda Kroya Dalam Membentuk Masyarakat Berperilaku Sosial Religius
DOI:
https://doi.org/10.24090/komunika.v14i2.3608Keywords:
Dakwah Transformatif, Pondok Pesantren, Perilaku Sosial ReligiusAbstract
Dakwah Tranformatifâ€, merupakan dakwah yang dilakukan denganmetode refleksi dan metode aksi, sehingga tidak hanya dalam bentuk ceramah-ceramah yang dilakukan secara monolog dari seorang da’i. Pondok Pesantren Miftahul Huda menjadi penting karena pondok ini dapat menjadi model pelaksanaan dakwah transformative yang memberikan banyak konstribusi kepada masyarakat. Rumusan masalah yang menjadi acuan penelitian ini adalah: Bagaimana metode dakwah yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Miftahul Huda Kecamatan Kroya dalam membentuk masyarakat yang memiliki perilakusosial-religius, Bagaimana bentuk-bentuk dakwah transformatif yang dilakukan Pondok Pesantren Miftahul Huda. Penelitian ini termasuk dalam kategori lapangan (field research) dengan mengambil studi kasus (case study) pondok pesantren Miftahul Huda Kroya Cilacap. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan interdisipliner. Yaitu pendekatan sosial dan pendekatan agama. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara mendalam kepada pengasuh dan pengurus pondok pesantren, dan dokumentasi. Analisa data melalui triangulasi data melalui langkah-langkah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Dalam pelaksanaan dakwahnya Pondok Pesantren Miftahul Huda menerapkan model DakwahTransmormatif dengan menggunakan metode refleksi, metode aksi, dari model yang monolog menuju yang dialog, dari materi dakwah yang ubudiyah kepada materi dakwah sosial.Bantuk bentuk dakwah transformative Pondok Pesantren Miftahul Huda berupa transformasi sosial kultural, transformasi ekonomi melalui ajaran-ajaran filantropi Islam, transformasi etis melalui ajaran toleransi terhadap penganut agama di luar Islam dan transformasi melalui pelayanan kesehatan.Downloads
Download data is not yet available.
References
Abdurrahman, Moeslim. 2005. Islam Yang Memihak. Yogyakarta: LKiS.
Abdurrahman, Moeslim. 2005. Multikulturalisme, Tauhid Sosial dan Gagasan Islam Transformatif, dalam Reinvensi Islam Multikultural, (ed). Zakiyuddin Baidhawy dan M. Thoyibi (Surakarta: Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ahmad. Amrullah menyampaikan pandangan ini dalam makalahnya yang berjudul “Konstruksi Keilmuan Dakwah dan Pengembangan Jurusan-Konsentrasi-Studi†pada acara seminar dan Lokakarya “ Pengembangan Keilmuan Dakwah dan Prospek Kerjaâ€, yang dilaksanakan di Semarang 19-20 Desember 2008 dengan penyelenggara APDI Unit Fakultas Dakwah IAIN Walisongo.
Ahmadi. Abu. 2001. Ilmu Pendidikan.Rineka Cipta. Jakarta
Arifin, Achmad Zaenal. 2013. Charisma And Rationalisation in a Modernising Pesantren: Changing Values in Traditional Islamic Education in Java. Thesis. Religion and Society Research Centre. Australia: University of Western Sydney.
Aliyuddin, Enjang, AS. 2009. Dasar-dasar Ilmu Dakwah Pendekatan Filosofis dan Praktis. Bandung: Widya Padjadjaran.
Badan Pusat Statistik Kab. Cilacap. Kecamatan Kroya dalam Angkat. 2017.
Bawani, Imam. 1985. Pengantar Ilmu Jiwa Perkembangan. Surabaya: PT Bina Ilmu.
Bruinessen, Martin Van. 1995. Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat. Bandung: Mizan.
DokumenPondok Pesantren Miftahul Huda : 26/8/2019
Dokumen Pondok Pesantren Miftahul Huda: 18/9/2019
Faiqoh. 2003. Nyai Agen Perubahan di Pesantren. Jakarta: Kucica
Fakih. Mansour.2008. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Fuad, Ahmad Nur. 2015. Dari Reformis Hingga Transformatif: Dialektika Intelektual Kegamaan Muhammadiyah. Malang: Intrans Publishing.
Hafidz, Abdullah Cholis. 2006. Dakwah Transformatif. Jakarta: Lakpesdam NU.
Hodgson, M.G.S. 1974. The Venture Of Islam. Jilid III. Chicago: University Of Chicago.
Horikhoshi, Hiroko. 1987. Kiai dan Perunahan Sosial, ter. Umar Basalim dan Andi Muarly Sunrawa. Jakarta: P3M.
Hurlock, EB. (1995). Perkembangan Anak. Edisi Keenam. Jakarta.
http://nahdlatululama.id, diakses tanggal 3 September 2019
Kaelan, 2005. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat (Paradigma Bagi Pengembangan Penelitian Interdisipliner Bidang Filsafat, Budaya, Sosial, Semiotika, Hukum dan Seni . Yogyakarta: Paramadina.
Kaelan. 2010. Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner (Metode Penelitian Ilmu Agama Interkonektif Interdisipliner dengan Ilmu Lain, Yogyakarta, Paramadina.
Kuntowijoyo, A.E. Priyono. 1991. Paradigma Islam: Interpretasi Untuk Aksi. Bandung: Mizan
Lapidus, Ira. 1999. A History Of Islamic Societies. Cambidge University Press.
Muhtadi, Asep Saeful. 2012. Komunikasi Dakwah: Teori, Pendekatan dan Aplikasi, Bandung: Simbiosa.
Mulyana, Deddy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Muslehuddin, Muhammad. Filsafat Hukum Islam
Muzadi. Muchith. 1994. NU dan Fiqih Kontekstual . Yogyakarta: LKPS NU DIY.
Noor, Mahpuddin.2006. Potret Dunia Pesantren : Lintasan Sejarah, Perubahan dan Perkembangan Pondok Pesantren . Bandung: Humaniora.
Parman, Ali. 1995. Kewarisan Dalam Al-Qur’an: Suatu Kajian Hukum dengan Pendekatan Tafsir Tematik. Jakarta; Raja Grafindo Persada.
Poerwodarminto, W.J.S. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: balai Pustaka.
Rahmat, Jalaluddin. 1998. Islam Aktual: Refleksi Seorang Cendekiawan Muslim. Bandung: Mizan.
Ridwan, Nur Kholik. 2008. NU dan Neoliberalisme: Tantangan dan Harapan Menjelang Satu Abad. Yogyakarta: LKIS.
Singaribun, Masri dan Effendi, Sofyan. 1986. Metode Penelitian Survey. Jakrta:LP3EES Indonesia.
Suaedy, Ahmad (ed). 2000, Pergulatan Pesantren dan Demokratisasi. Yogyakarta: LKiS..
Sukayat, Tata. Dakwah dan Nilai Universalitas Islam: Membumikan ajaran Islam Rahmatan lil ‘alamin Melalui Kebijakan Publik
Sukriyanto. 2002. “Filsafat Dakwahâ€, dalam Andy Dermawan, Metodologi Ilmu Dakwah, Cet. II. Yogyakarta: LESFI.
Sulthon, Muhammad. 2003. Desain Ilmu Dakwah: Kajian Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Soekanto, Soerjono.1982. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali.
Syukir, Asmuni. 1983. Dasar-dasar Strategi Dakwah Islam. Surabaya: Al-Ikhlash
Q.S Al-Baqarah: 168
Qomar, Mujamil. t.t. Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga.
Q.S. Al-Syura (42): 38
Wawancara, Adzkiya: 26/8/2019.
Wawancara, Rozi: 28/8/2018
Wawancara, Masjhud Rahmi: 5/9/2019
Wawancara, Razi: 7/9/2019
Wawancara, Yuri Kamaliyah: 7/9/2019
Wawancara, Effendi: 9/9/2019
Lukman, 9/9/2019
Weber, Max. 2000. Etika Protestan dan Semangat Kapitalis. Surabaya: Pustaka Promethea.
Yin, Robert K. 1996. Studi Kasus Desain dan Metode,. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Yusuf, Yunan. 2003.‘ Metode Dakwah: Sebuah Pengantarâ€, dalam Munzier Suparta dan Harjani Hefni, Metode Dakwah. Jakarta: Prenada Media..
Zada, Khamami, dkk. 2006. Prakarsa Perdamaian Pengalaman dari Berbagai Konflik Sosial. Jakarta: Lakpesdam NU.
Abdurrahman, Moeslim. 2005. Multikulturalisme, Tauhid Sosial dan Gagasan Islam Transformatif, dalam Reinvensi Islam Multikultural, (ed). Zakiyuddin Baidhawy dan M. Thoyibi (Surakarta: Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ahmad. Amrullah menyampaikan pandangan ini dalam makalahnya yang berjudul “Konstruksi Keilmuan Dakwah dan Pengembangan Jurusan-Konsentrasi-Studi†pada acara seminar dan Lokakarya “ Pengembangan Keilmuan Dakwah dan Prospek Kerjaâ€, yang dilaksanakan di Semarang 19-20 Desember 2008 dengan penyelenggara APDI Unit Fakultas Dakwah IAIN Walisongo.
Ahmadi. Abu. 2001. Ilmu Pendidikan.Rineka Cipta. Jakarta
Arifin, Achmad Zaenal. 2013. Charisma And Rationalisation in a Modernising Pesantren: Changing Values in Traditional Islamic Education in Java. Thesis. Religion and Society Research Centre. Australia: University of Western Sydney.
Aliyuddin, Enjang, AS. 2009. Dasar-dasar Ilmu Dakwah Pendekatan Filosofis dan Praktis. Bandung: Widya Padjadjaran.
Badan Pusat Statistik Kab. Cilacap. Kecamatan Kroya dalam Angkat. 2017.
Bawani, Imam. 1985. Pengantar Ilmu Jiwa Perkembangan. Surabaya: PT Bina Ilmu.
Bruinessen, Martin Van. 1995. Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat. Bandung: Mizan.
DokumenPondok Pesantren Miftahul Huda : 26/8/2019
Dokumen Pondok Pesantren Miftahul Huda: 18/9/2019
Faiqoh. 2003. Nyai Agen Perubahan di Pesantren. Jakarta: Kucica
Fakih. Mansour.2008. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Fuad, Ahmad Nur. 2015. Dari Reformis Hingga Transformatif: Dialektika Intelektual Kegamaan Muhammadiyah. Malang: Intrans Publishing.
Hafidz, Abdullah Cholis. 2006. Dakwah Transformatif. Jakarta: Lakpesdam NU.
Hodgson, M.G.S. 1974. The Venture Of Islam. Jilid III. Chicago: University Of Chicago.
Horikhoshi, Hiroko. 1987. Kiai dan Perunahan Sosial, ter. Umar Basalim dan Andi Muarly Sunrawa. Jakarta: P3M.
Hurlock, EB. (1995). Perkembangan Anak. Edisi Keenam. Jakarta.
http://nahdlatululama.id, diakses tanggal 3 September 2019
Kaelan, 2005. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat (Paradigma Bagi Pengembangan Penelitian Interdisipliner Bidang Filsafat, Budaya, Sosial, Semiotika, Hukum dan Seni . Yogyakarta: Paramadina.
Kaelan. 2010. Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner (Metode Penelitian Ilmu Agama Interkonektif Interdisipliner dengan Ilmu Lain, Yogyakarta, Paramadina.
Kuntowijoyo, A.E. Priyono. 1991. Paradigma Islam: Interpretasi Untuk Aksi. Bandung: Mizan
Lapidus, Ira. 1999. A History Of Islamic Societies. Cambidge University Press.
Muhtadi, Asep Saeful. 2012. Komunikasi Dakwah: Teori, Pendekatan dan Aplikasi, Bandung: Simbiosa.
Mulyana, Deddy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Muslehuddin, Muhammad. Filsafat Hukum Islam
Muzadi. Muchith. 1994. NU dan Fiqih Kontekstual . Yogyakarta: LKPS NU DIY.
Noor, Mahpuddin.2006. Potret Dunia Pesantren : Lintasan Sejarah, Perubahan dan Perkembangan Pondok Pesantren . Bandung: Humaniora.
Parman, Ali. 1995. Kewarisan Dalam Al-Qur’an: Suatu Kajian Hukum dengan Pendekatan Tafsir Tematik. Jakarta; Raja Grafindo Persada.
Poerwodarminto, W.J.S. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: balai Pustaka.
Rahmat, Jalaluddin. 1998. Islam Aktual: Refleksi Seorang Cendekiawan Muslim. Bandung: Mizan.
Ridwan, Nur Kholik. 2008. NU dan Neoliberalisme: Tantangan dan Harapan Menjelang Satu Abad. Yogyakarta: LKIS.
Singaribun, Masri dan Effendi, Sofyan. 1986. Metode Penelitian Survey. Jakrta:LP3EES Indonesia.
Suaedy, Ahmad (ed). 2000, Pergulatan Pesantren dan Demokratisasi. Yogyakarta: LKiS..
Sukayat, Tata. Dakwah dan Nilai Universalitas Islam: Membumikan ajaran Islam Rahmatan lil ‘alamin Melalui Kebijakan Publik
Sukriyanto. 2002. “Filsafat Dakwahâ€, dalam Andy Dermawan, Metodologi Ilmu Dakwah, Cet. II. Yogyakarta: LESFI.
Sulthon, Muhammad. 2003. Desain Ilmu Dakwah: Kajian Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Soekanto, Soerjono.1982. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali.
Syukir, Asmuni. 1983. Dasar-dasar Strategi Dakwah Islam. Surabaya: Al-Ikhlash
Q.S Al-Baqarah: 168
Qomar, Mujamil. t.t. Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga.
Q.S. Al-Syura (42): 38
Wawancara, Adzkiya: 26/8/2019.
Wawancara, Rozi: 28/8/2018
Wawancara, Masjhud Rahmi: 5/9/2019
Wawancara, Razi: 7/9/2019
Wawancara, Yuri Kamaliyah: 7/9/2019
Wawancara, Effendi: 9/9/2019
Lukman, 9/9/2019
Weber, Max. 2000. Etika Protestan dan Semangat Kapitalis. Surabaya: Pustaka Promethea.
Yin, Robert K. 1996. Studi Kasus Desain dan Metode,. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Yusuf, Yunan. 2003.‘ Metode Dakwah: Sebuah Pengantarâ€, dalam Munzier Suparta dan Harjani Hefni, Metode Dakwah. Jakarta: Prenada Media..
Zada, Khamami, dkk. 2006. Prakarsa Perdamaian Pengalaman dari Berbagai Konflik Sosial. Jakarta: Lakpesdam NU.
Downloads
Published
2020-10-01
How to Cite
Khotimah, K., & Nurmahyati, S. (2020). Dakwah Transformatif Pondok Pesantren Miftahul Huda Kroya Dalam Membentuk Masyarakat Berperilaku Sosial Religius. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 14(2), 283–294. https://doi.org/10.24090/komunika.v14i2.3608
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).