Strategi Pengembangan Karakter Mandiri Santri Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an Batanghari, Lampung Timur
DOI:
https://doi.org/10.24090/jpa.v24i2.2023.pp153-172Keywords:
strategi pengembangan, karakter mandiri, pondok pesantrenAbstract
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui strategi dalam pengembangan karakter mandiri santri. (2) Menganalisis problematika yang menghambat strategi pengembangan karakter di pondok pesantren. Tempat penelitian yang dilakukan di pondok pesantren Hidayatul Qur’an Batanghari, Lampung Timur. Penelitia n yang dilakuka n ole h Peneliti termasu k jenis penelitia n kualitatif atau di sebut dengan lapanga n (field research) dengan deskriptif yang berusaha untu k menggambarka n secara jelas denga n apa adanya. Teknik pengumpul data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Model analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam strategi yang telah diterapkan diantaranya (1) Pengolaan waktu dengan baik, (2) Perencaan kurikulum, (3) Membangun jiwa kewirausahaan, (4) Pengabdian (latihan praktik mengajar). Kemudian problematika internal yang ditemukan adanya kesenjangan dalam praktik keilmuan, penyesuaian dengan lingkungan, tantangan dalam interaksi sosial manajemen dan tata kelola. Sedangkan, problematika ekternal yang kerap terjadi seperti Pengaruh Budaya Lingkungan Sekitar, Tekanan Sekulerisasi, Kurangnya Dukungan Keluarga dan kemajuan teknologi.References
Abdullah and Mundiro Lailatul Muawaroh. 2021. “Pengabdian Purna Santri Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Santri Pondok Pesantren Nurul Cholil Bangkalan.” EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 11 (1): 87–108. https://doi.org/10.54180/elbanat.2021.11.1.87-108.
Abidin, Nurul, Syamsul Arifin, and Nugraheni Fitroh Rezqi Syakarna. 2022. “Manajemen Penerapan Pembelajaran Bilingual Di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Jetis Ponorogo Jawa Timur.” Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman 12 (1): 1–14. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i1.5003.
Afif, M Nur, and Sariman Sariman. 2022. “Implementasi Arbain Pada Praktik Pengabdian Masyarakat Dalam Pengembangan Karakter Santri Pondok Pesantren Al I’anah Cepu.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 11 (1): 1–19. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i1.6243.
Ahmad Nur, Fadillah, and Hendro Widodo. 2023. “Internalisasi Nilai-Nilai Islam Berkemajuan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Taliwang, Nusa Tenggara Barat.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8 (3): 1420–28. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1501.
Alfi, Cindya, Aang Yudho Prastowo, and Mohamad Fatih. 2023. “Kajian Interaksi Sosial Santri Pondok Pesantren Bustanul Muta’allimin As Salafi Sebagai Sarana Penguatan Karakter.” JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah 8 (1): 91–97. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i1.23711.
Amin, Achmad Muzairi. 2021. “Implementasi Pembentukan Karakter Multikultural Santri Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin Kota Probolinggo.” TARBIYATUNA 14 (1): 46. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v14i1.841.
Anam, Faris Khoirul. 2021. “Model Pengembangan Kurikulum Madrasah Hadramaut Di Pondok Pesantren Darul Faqih Malang.” Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 14 (1): 43–64. https://doi.org/10.37812/fikroh.v14i1.115.
Arifin, Bustanul, Irsan Habsyi, and Irwan Irwan. 2023. “Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Talaqqi Di Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri Lombok Barat.” ISLAMIKA: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan 5 (3): 1158–75. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i3.3617.
Aroka, Robi, Desman Desman, Zulmuqim Zulmuqim, Erwin Erwin, and Duski Samad. 2023. “Pesantren : Asal Usul, Pertumbuhan Kelembagaan Dan Karakteristiknya.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3 (2): 4837–51. https://doi.org/10.31004/INNOVATIVE.V3I2.883.
B. Miles, A. Michael Huberman. 1994. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage Publications. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=U4lU_-wJ5QEC&oi=fnd&pg=PR12&ots=kF-z6HVW1P&sig=2KW4C1mKWELJmtw4u4GU47thHJc&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false.
Chandra, Pasmah. 2020. “Peran Pondok Pesantren Dalam Membentuk Karakter Bangsa Santri Di Era Disrupsi.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 5 (2): 243–62. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i2.1497.
Dewi Sulistianingsih, Pujiono, Rini Fidiyani, Laga Sugiarto. 2019. “Penanaman Jiwa Kewirausahaan Bagi Santri.” Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia (Indonesian Journal of Legal Community Engagement) JPHI 2 (1): 30–38. https://doi.org/10.15294/JPHI.V2I1.34945.
Effendi, Muhamad Ridwan. 2020. “Mitigasi Intoleransi Dan Radikalisme Beragama Di Pondok Pesantren Melalui Pendekatan Pembelajaran Inklusif.” Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi ISlam 1 (1): 54–77. https://doi.org/10.52593/pdg.01.1.05.
Efluida Sofa Luthfiah, Luki Lukmanul Hakim. 2023. “Strategi Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Keagamaan Di Lembaga Pondok Pesantren.” Manajerial: Journal Manajemen Pendidikan Islam 2 (1): 57–66. http://journal.iaitasik.ac.id/index.php/Manajerial/article/view/168.
Harahap, Asrul. 2022. “Strategi Pondok Pesantren Dalam Membina Kader Da’i Di Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 21 (2): 19. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v21i2.6832.
Hardianto. 2019. “Reposition of Historical Pesantren, Madrasah and Integrated Islamic School.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 3 (2): 75–86. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.106.
Hasin, Rohelah, and Saiful Hadi. 2019. “Strategi Pembentukan Soft Skill Santri Di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Putri Bata-Bata Pamekasan.” Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management) 2 (1): 156–70. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v2i1.2458.
Ihwan Wahid Minu, Kasman Bakry, and Abdullah Nazhim Hamid. 2021. “Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Pondok Pesantren Oleh Mahasiswa KKN STIBA Makassar Di Kabupaten Jeneponto.” WAHATUL MUJTAMA’: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2 (1): 49–57. https://doi.org/10.36701/wahatul.v2i1.344.
Irayanti, Irma, Umar Yasin, Mila Afrilistiani, and Rizky Nur Indraswari. 2022. “Peran Keluarga Dalam Menumbuhkan Jiwa Nasonalisme Generasi Muda.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 12 (01): 21–25. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v12i01.12212.
Jannah, Miftahul. 2019. “Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di SDTQ-T An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4 (1): 77. https://doi.org/10.35931/am.v4i1.178.
Junaidi, Rizki Ayu Amaliah, Bahaking Rama, and Muhammad Yahdi. 2023. “Lembaga Pendidikan Pesantren Di Indonesia.” Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman 18 (2): 101–7. https://doi.org/10.56338/IQRA.V18I2.3771.
Kurdi, Musyarrafah Sulaiman. 2018. “Evaluasi Implementasi Desain Pendidikan Karakter Berbasis Pendekatan Humanistik.” Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 4 (2): 125. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1243.
Kusumawardhani, Arifah, Sri Hartati, and Imam Setyawan. 2010. “Hubungan Kemandirian Dengan Adversity Intelligence Pada Remaja Tuna Daksa Di SLB-D YPAC Surakarta.” Proceeding Konferensi Nasional II Ikatan Psikologi Klinis -Himpsi, 252 – 257.
Mansur, Achmad Rifkih, and Tika Widiastuti. 2020. “Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Dan Perannya Pada Pengembangan Masyarakat Dalam Kerangka Maqashid Syariah.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan 7 (5): 861. https://doi.org/10.20473/vol7iss20205pp861-873.
Muali, Chusnul, Adi Wibowo, Zaini Gunawan, and Immatul Hamimah. 2020. “Pesantren Dan Millenial Behaviour: Tantangan Pendidikan Pesantren Dalam Membina Karakter Santri Milenial.” Jurnal At-Tarbiyat 3 (2): 131–46. https://doi.org/https://doi.org/10.37758/jat.v3i2.225.
Mubah, Hilmi Qosim. 2021. “Resistensi Pondok Pesantren Dalam Mengelola Santri Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management 6 (2): 119–30. https://doi.org/10.15575/isema.v6i2.13331.
Muhyiddin, Dandy Sobron, Dodo Suhada, Mohamad Yamin, Bambang Samsul Arifin, and Aan Hasanah. 2022. “The Relevance of The Character Education Development Model in Islamic Boarding Schools.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 5 (3): 1129–45. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i3.2479.
Mulia, Harpan Reski. 2020. “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 15 (1): 121. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i1.3092.
Mulyo, Rooby Pangestu. 2022. “Peran Serta Kontribusi Pondok Pesantren Dalam Catatan Sejarah Bangsa Indonesia.” Jurnal Penelitian Agama 23 (1): 159–74. https://doi.org/10.24090/jpa.v23i1.2022.pp159-174.
Nuraeni. 2021. “Eksistensi Pesantren Dan Analisis Kebijakan Undang-Undang Pesantren.” AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam) 3 (1): 1–14. https://doi.org/10.36378/AL-HIKMAH.V3I1.968.
Oktaviana, Mega Surya, Ahmad Haromaini, and Nur Halimah. 2022. “Pengembangan Manajemen Pendidikan Islam Di Pondok Pesantren Babus Salam Karawaci Kota Tangerang.” Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 5 (1): 78–89. https://doi.org/10.51476/TARBAWI.V5I1.291.
Prayoga, Ari, Irawan Irawan, and Ahmad Rusdiana. 2020. “Karakteristik Program Kurikulum Pondok Pesantren.” AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam) 2 (1): 77–86. https://doi.org/10.36378/AL-HIKMAH.V2I1.424.
Purnomo, M. Hadi. 2017. Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 6. Yogyakarta: Bildung Pustaka Utama.
Putra, Purniadi. 2018. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak (Studi Multi Kasus Di MIN Sekuduk Dan MIN Pemangkat Kabupaten Sambas).” Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 9 (2): 147–56. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i2.14.
Ramli, Nurleli. 2022. Pendidikan Karakter Implementasi Pembelajaran IPS Menengah Pertama. Mau’izhah. Vol. 11. IAIN Parepare Nusantara Press.
Raudatul Jannah, Nurul Yakin, Emawati. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter Santri Di Era Teknologi (Studi Pondok Pesantren Putri Nurul Hakim Kediri Lombok Barat.” Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram 9 (2): 171–88. https://doi.org/10.20414/schemata.v9i2.2666.
Rohaenah, Ike Nilawati, Sahudi, Nur Wadjah Ahmad, and Andewi Suhartini. 2020. “Manajemmen Pendidikan Pada Pondok Pesantren Al Hikamussalafiyah Purwakarta.” Jurnal Studi Islam Lintas Negara 2 (2): 85–91. https://doi.org/https://doi.org/10.37567/cbjis.v2i2.400.
Rosdiana, Rosdiana, and Nur Laila. 2022. “Dukungan Keluarga Terhadap Kecerdasan Emosional Remaja Dalam Pembelajaran Daring Di Kabupaten Deli Serdang.” Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 6 (1): 24. https://doi.org/10.19184/jlc.v6i1.30834.
Rosidi, Ibnu. 2018. “Pengembangan SDM Dalam Pembentukan Karakter Santri Di Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPM) Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta.” TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam 1 (1): 106–20. https://doi.org/10.52166/talim.v1i1.637.
Saihu, Saihu, and Baeti Rohman. 2019. “Pembentukan Karakter Melalui Model Pendidikan Transfromatife Learning Pada Santri Di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Bali.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 8 (02): 435–52. https://doi.org/10.30868/EI.V8I2.477.
Santoso, Yudi, Ari Saputro, and Universitas Budi Luhur. 2022. “Pelatihan Dasar Membuat Bahan Ajar Interaktif Bagi Pengajar Santri SMPTQ Al Azka Cisauk.” Madaniya 3 (2): 231–39. https://doi.org/10.53696/27214834.176.
Sholiha, Deviena Anisatus, Fathurrahman Alfa, and Qurroti A’yun. 2021. “Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Mujahadah Di Pondok Pesantren Kedunglo II Kepanjen Malang.” Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan 6 (5): 92–101. http://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/11941.
Sirojuddin, Akhmad, Ashlahuddin Ashlahuddin, and Andika Aprilianto. 2022. “Manajemen Kurikulum Terpadu Berbasis Multiple Intellegences Di Pondok Pesantren.” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3 (1): 35–42. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.143.
Suarni, Agusdiwana, A. Ifayani Haanurat, and Arni Arni. 2021. “Strategi Mewujudkan Jiwa Kewirausahaan Pada Santri Melalui Ekonomi Kreatif Dalam Menghadapi Tantangan Ekonomi Global (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Ddi Mangkoso).” Ar-Ribh : Jurnal Ekonomi Islam 4 (2): 127–45. https://doi.org/10.26618/jei.v4i2.6152.
Sukari, Sukari, Suhadi Suhadi, and Puji Ardiyanto. 2023. “Peran Santri Senior Dalam Pembentukan Karakter Santri Di Pondok Pesantren.” Ambarsa : Jurnal Pendidikan Islam 3 (1): 27–47. https://doi.org/10.59106/abs.v3i1.107.
Sutikno, M. Sobry. 2021. Strategi Pembelajaran. Indaramayu: CV. Adanu Abimata.
Syamsuri, Andi Sukri. 2021. Pendidikan, Guru Dan Pembelajaran. Nas Media Pustaka.
Yunanto, Abdul Karim Zuhartri, Ujang Jamaludin, and Zerri Rahman Hakim. 2020. “Proses Penguatan Karakter Percaya Diri Pada Siswa Melalui Metode Diskusi Tanya Jawab Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Di SDN Cilaku.” Attadib: Journal of Elementary Education 4 (2): 99. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i2.830.
Zain, Efendi, Zainal Zawir Simon, La Diadhan Hukama, and Zulihar Zulihar. 2022. “Membangun Jiwa Wirausaha Santri Melalui Pelatihan Pembuatan Gantungan Pot Bunga Danworkshop Kewirausahaan.” RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3 (2): 402–12. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1851.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bima Fandi Asy'arie, Mahbub Humaidi Aziz, Agung Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).