Desain Pesan Komunikasi Politik Perspektif Islam di Era 4.0

Authors

  • Turhamun Turhamun UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jpa.v23i2.2022.pp281-295

Keywords:

Desain Pesan, Komunikasi Politik,, Islam, Industri 4.0

Abstract

Pesan sebagai sebuah produk dari komunikator memiliki peranan penting dalam menentukan tingkat keberhasilannya dalam mencapai sebuah tujuan. Apalagi jika pesan tersebu merupakan pesan politik, dimana pesan tersebut berarti isi yang mempunyai kekuatan di dalam mengontruksi realitas, komunikator, serta politik. Oleh karena itu pesan politik tentunya tidak bisa bersifat spontan atau incidental melainkan harus dirumuskan sedemikan rupa sehingga sesuai dengan tujuan. Guna menunjang keberhasilan tersebut sebelum konsen ke pesan, paling tidak juga harus bisa menempatkan dan memfungsikan unsur komunikasi politik dengan baik. Hal ini akan mempermudah peran dan fungsi pesan dan tata unsur-unsur komunikasi politik yang lain. Langkah selanjutnya media sebagai suatu alat untuk penyebaran pesan juga tidak bisa dianggap remeh, terlepas dari pesan politik berupa retorika, propaganda, iklan politik, maupun kampanye. Untuk itulah guna menempatkan pesan sesuai dengan fungsinya secara baik maka memerlukan tahapan dalam menyusunnya, baik pesan verbal maupun non verbal. Tahapan tersebut meliputi, memproduksi tema dan materi yang sesuai dengan kondisi dan situasi khalayak. Setelah itu di dalam mempengaruhi khalayak pesan tersebut diharapkan harus mampu membangkitkan perhatian. Oleh karena itu isi pesan ini perlu berdasar pada nilai Islam sebagai upaya untuk menyampaikan pesan politik yang hakiki. Prinsip-prinsip tersebut ialah Qashash/Naba al Haq, A’mar ma’ruf nahyi munkar, Hikmah, Tabayyun,Mauizhah hasanah dan Layin.

References

Abidin, Y. Z. 2013. Pengantar Retorika, Bandung: Pustaka Setia.

Ahmad Zakiyuddin, TEKNIK TEKNIK PROPAGANDA POLITIK JALALUDINRAKHMAT (Studi kasus pada Kampanye Pemilu 2014 di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat), Jurnal Academia Praja Volume 1 Nomor 1-Februari 2018. DOI: https://doi.org/10.36859/jap.v1i01.41

Akhyar Anshori, Pengaruh Iklan Politik Terhadap Persepsi Pemilih Kota Medan Tahun 2018 dalam Jurnal Interaksi, Vol 2 No. 2, Juli 2018

Andrik Purwasito, Analisis Pesan, The Masangger Volume 9, Nomor 1 Edisi Januari 2017 DOI: https://doi.org/10.26623/themessenger.v9i1.434

Arifin, Anwar. 2006. Ilmu Komunikasi : Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Dewi, F. U. 2013. Public Speaking Kunci Sukses Bicara di depan Publik: Teori & Praktik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hafied, Cangara. 2009. Komunikasi Politik. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Mukarom, Zaenal. Komunikasi Politik. Bandung : Cv Pustaka Setia. 2016. Hlm. 93

Morrisan. 2014. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Nur alfiyani, 2018 Media Sosial Sebagai Strategi Komunikasi Politik, jurnal iain manado, Vol. 22 No. 2 DOI: https://doi.org/10.30984/pp.v22i1.762

Rochajat Harun, dan Sumarno, 2000. Komunikasi Politik Sebagai Suatu pengantar, Bandung, Mandar Maju.

Santoso,Sastropoetro. 1991. Propaganda Salah Satu Bentuk Komunikasi Massa. Bandung: Alumni Bandung: Citra Aditya Bakti.

Siti Fatimah, Kampanye sebagai Komunikasi Politik: Esensi dan Strategi dalam Pemilu, Resolusi Vol. 1 No. 1 Juni 2018. DOI: https://doi.org/10.32699/resolusi.v1i1.154

Sofyandi Kahfi, Agus, Pesan Perspektif Islam, MEDIATOR, Vol. 7 No.2 Desember 2005 DOI: https://doi.org/10.29313/mediator.v7i2.1274

Umah Wahid. 2016. Komunikasi Politik Teori Konsep dan Aplikasi pada Era Media Baru. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Yohanes De Britto Bimo Triwicaksono1, Adi Nugroho1, Strategi Komunikasi Politik Pemenangan Kepala Daerah, Jurnal Lensa Mutiara KomunikasiVol. 5, No. 1 (Juni 2021) DOI: https://doi.org/10.51544/jlmk.v5i1.2037

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Turhamun, T. (2022). Desain Pesan Komunikasi Politik Perspektif Islam di Era 4.0. Jurnal Penelitian Agama, 23(2), 281–295. https://doi.org/10.24090/jpa.v23i2.2022.pp281-295

Issue

Section

Articles