Landasan Psikologis dalam Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Nur Indriyanti UIN SAIZU PURWOKERTO
  • Tutuk Ningsih

Keywords:

landasan psikologis, pembelajaran IPA, madrasah ibtidaiyah

Abstract

Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), guru perlu memperhatikan prinsip-prinsip psikologis yang meliputi perbedaan individual, perkembangan peserta didik, perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor, serta proses belajar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang landasan psikologis dalam pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kepustakaan (literature review). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis), yang melibatkan pemahaman terhadap isi, karakteristik pesan, dan perkembangan suatu materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa landasan psikologiss memiliki peran penting dalam pendidikan karena melibatkan dimensi kejiwaan manusia. Ada dua landasan yang dapat digunakan, yaitu perbedaan individual anak didik dan proses belajar. Dalam pembelajaran IPA, guru di SD/MI perlu lebih kreatif kreatif dalam menyampaikan materi dengan pendekatan, strategi, model, dan media yang sesuai dengan perkembangan peserta didik. Oleh karena itu, guru juga perlu memahami landasan psikologis dalam pembelajaran IPA.  

References

Adi, Habib Maulana Maslahul. “Teori Belajar Behaviorisme Albert Bandura Dan Implikasinya Dalam

Pembelajaran Bahasa Arab.”

اـنـناـسل (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya

, no. 1 (August 27, 2020): 22–31. https://doii.org/10.22373/ls.v10ii1.7803.

Asih Widi Wisudawati. “Meitodologi Pembelajaran IPA.” Bumi Aksara, 2014. https://books.

googlei.co.iid/books?hl=iid&lr=&iid=pTFsEiAAAQBAJ&oii=fnd&pg=PP1&dq=Hubungan+pe

mbelajaran+IPA+dengan+prinsip+psikologis&ots=F_31VMnctW&siig=pOqr9gJUwdRu4OW

iioCh9vmDvQEi4&reidiir_eisc=y#v=oneipagei&q&f=falsei.

Cheirly Ana Safiira, Agung Seityawan, Tyas Miani Citrawati. “Identifikasi Permasalahan

Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah.” Prosiding Nasional Pendidikan

(2020). https://prosiidiing.iikiippgriibojoneigoro.ac.iid/iindeix.php/Prosiidiing/artiiclei/

viieiw/1066.

Hidayatul Muamanah, Suyadi. “Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna Daviid Ausubel Dalam

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (May 22,

: 161–80. https://doii.org/10.29240/BEiLAJEiA.V5Ii1.1329.

Kholiik, Ahmad Nur. “Landasan Psikologis Pengembangan Kurikulum Abad 21.” As-Salam: Jurnal

Studi Hukum Islam & Pendidikan 8, no. 1 (Junei 28, 2019): 65–86. https://doii.org/10.51226/

ASSALAM.V8Ii1.124.

Kurniawan, Wibisono Yudhi. “Implementasi Teori Belajar Konstruktiiviistiik Jeiromei Bruneir

Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Neigeirii 9 Yogyakarta.” Islamika 3,

no. 1 (January 31, 2021): 21–37. https://doii.org/10.36088/IslamIKA.V3Ii1.917.

Marinda, Leiny. “Teori Perkembangan Kognitif JEAN Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia

Sekolah Dasar.” An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman 13, no. 1 (Apriil 18, 2020):

–52. https://doii.org/10.35719/anniisa.v13ii1.26.

MIfroh, Naziilatul. “Teori Perkembangan Kognitif Jeian Piaget Dan Iimpleimeintasiinya Dalam

Pembelajaran Di SD/MI.” JPT : Jurnal Pendidikan Tematik 1, no. 3 (Deiceimbeir 5, 2020):

–63. https://siiducat.org/iindeix.php/jpt/artiiclei/viieiw/144.

Nelly Weidyawati, Yasinta Lisa. Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Peirtama. Yogyakarta:

Deeppublish, 2019.

Nuryatii, Nuryatii, and Darsiinah Darsiinah. “Iimpleimeintasii Teori Perkembangan Kognitif

Jeian Piaget Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Jurnal Papeda: Jurnal

Publiikasii Pendidikan Dasar 3, no. 2 (July 21, 2021): 153–62. https://doii.org/10.36232/

jurnalPendidikandasar.v3ii2.1186.

Rahmat, Pupu Saeiful. “Psikologis Pendidikan.” PT Bumi Aksara, 2018. https://books.googlei.

co.iid/books?hl=iid&lr=&iid=bo0mEiAAAQBAJ&oii=fnd&pg=PA1&dq=pengertian+psikolo

gis+dalam+Pendidikan&ots=v8X04D6a2T&siig=hWDCSHEiR70XN3v2RnmRRKF9UQaIi&r

eidiir_eisc=y#v=oneipagei&q=pengertian psikologis dalam Pendidikan&f=falsei.

Rasiid, Abdul. “Implikasi Landasan-Landasan Pendidikan.” AL Fikrah 1, no. 1 (2018): 1–15.

https://jurnal.alhaMIdiiyah.ac.iid/iindeix.php/al-fiikrah/artiiclei/viieiw/20.

SuMIyantii, RosMI. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan

Alam Materi Pokok Gaya Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Conteixtual Teiachiing

and Leiarniing (CTL) Di Kelas IiV UPTD. SD Neigeirii No. 002 Siiheipeing.” Jurnal Misi IPTS,

https://journal.spada.iipts.ac.iid/iindeix.php/MISIi/artiiclei/viieiw/4729/2787.

Published

2023-11-09

How to Cite

Indriyanti, N., & Tutuk Ningsih. (2023). Landasan Psikologis dalam Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. J-PGMI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 163–174. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/j-pgmi/article/view/9589

Issue

Section

Articles