Transformasi Kesejahteraan Pelaku UMKM melalui Digitalisasi Pembinaan dalam Program “Sibakul Jogja” di Yogyakarta

Authors

  • Khofifah Hany Amaria UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Roma Ulinnuha

DOI:

https://doi.org/10.24090/icodev.v4i2.9899

Keywords:

UMKM, kesejahteraan sosial, Sibakul Jogja

Abstract

Pertumbuhan ekonomi lokal yang berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) telah menjadi fokus utama bagi berbagai kebijakan pemerintah di berbagai wilayah. Di Yogyakarta, Program Sibakul Jogja menjadi inisiatif yang bertujuan untuk memperkuat kesejahteraan UMKM melalui digitalisasi pembinaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi kesejahteraan pelaku UMKM yang terjadi akibat adopsi teknologi dalam Program Sibakul Jogja. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam dengan pihak Dinas Koperasi dan UKM DIY serta pelaku UMKM yang terlibat dalam Program Sibakul Jogja, Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara tematik untuk memahami persepsi dan pengalaman pelaku UMKM terkait dengan program ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi pembinaan “Sibakul Jogja" telah memberikan transformasi signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan UMKM di Yogyakarta. Program ini memberikan akses lebih luas, pelatihan keterampilan, dan modal usaha. Hal ini berdampak pada peningkatan pendapatan, taraf hidup, dan kemandirian ekonomi pelaku UMKM. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMKM, seperti jaringan kerja dan distribusi produk mereka masih terbatas, pilihan akses modal belum banyak, serta platform Sibakul Jogja yang masih sering mengalami error.

References

Asri, D. P. B., 2018. Pengembangan Industri Kreatif UMKM Asal Yogyakarta melalui Pendaftaran "Jogja Co-Branding". Kosmik Hukum, 18(2).

Arianto, B., 2019. Buzzer Media Sosial dan Branding Produk UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal UMKM Dewantara , 2(1).

Ayem, S. d. U. W., 2021. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan UMKM Di Kota Yogyakarta. JEMMA (Jurnal of Economic, Management, and Accounting), 4(1).

Fuadi, D. S. d., 2021. Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1).

Jannatin, R. d., 2020. Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact : Implementation and Action, 2(2).

Kumparan.com, 2018. Ribuan UMKM di Yogyakarta Kesulitan Naik Kelas. [Online]

Available at: https://kumparan.com/

[Diakses 29 11 2023].

Putri, A. D. d., 2023. Strategi Desain Kemasan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Produk Umkm Kelurahan Labuhan Dalam Bandarlampung. ournal of Social Sciences and Technology for Community Service, 4(1).

Setyarini, A. L. T. d. V. D. P., 2022. Sibakul Jogja Application Post-Pandemic Yogyakarta Goverment Breakthrough. Formosa: Journal of Multidisciplinary Research, 1(8).

Sunardi, N. d., 2020. Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Humanis: Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1).

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Khofifah Hany Amaria, & Roma Ulinnuha. (2023). Transformasi Kesejahteraan Pelaku UMKM melalui Digitalisasi Pembinaan dalam Program “Sibakul Jogja” di Yogyakarta. ICODEV: Indonesian Community Development Journal, 4(2), 57–68. https://doi.org/10.24090/icodev.v4i2.9899

Issue

Section

Articles