Transformasi Kesejahteraan Pelaku UMKM melalui Digitalisasi Pembinaan dalam Program “Sibakul Jogja” di Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.24090/icodev.v4i2.9899Keywords:
UMKM, kesejahteraan sosial, Sibakul JogjaAbstract
Pertumbuhan ekonomi lokal yang berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) telah menjadi fokus utama bagi berbagai kebijakan pemerintah di berbagai wilayah. Di Yogyakarta, Program Sibakul Jogja menjadi inisiatif yang bertujuan untuk memperkuat kesejahteraan UMKM melalui digitalisasi pembinaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi kesejahteraan pelaku UMKM yang terjadi akibat adopsi teknologi dalam Program Sibakul Jogja. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam dengan pihak Dinas Koperasi dan UKM DIY serta pelaku UMKM yang terlibat dalam Program Sibakul Jogja, Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara tematik untuk memahami persepsi dan pengalaman pelaku UMKM terkait dengan program ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi pembinaan “Sibakul Jogja" telah memberikan transformasi signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan UMKM di Yogyakarta. Program ini memberikan akses lebih luas, pelatihan keterampilan, dan modal usaha. Hal ini berdampak pada peningkatan pendapatan, taraf hidup, dan kemandirian ekonomi pelaku UMKM. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMKM, seperti jaringan kerja dan distribusi produk mereka masih terbatas, pilihan akses modal belum banyak, serta platform Sibakul Jogja yang masih sering mengalami error.References
Asri, D. P. B., 2018. Pengembangan Industri Kreatif UMKM Asal Yogyakarta melalui Pendaftaran "Jogja Co-Branding". Kosmik Hukum, 18(2).
Arianto, B., 2019. Buzzer Media Sosial dan Branding Produk UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal UMKM Dewantara , 2(1).
Ayem, S. d. U. W., 2021. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan UMKM Di Kota Yogyakarta. JEMMA (Jurnal of Economic, Management, and Accounting), 4(1). DOI: https://doi.org/10.35914/jemma.v4i1.437
Fuadi, D. S. d., 2021. Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1). DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v5i1.37122
Jannatin, R. d., 2020. Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact : Implementation and Action, 2(2). DOI: https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
Kumparan.com, 2018. Ribuan UMKM di Yogyakarta Kesulitan Naik Kelas. [Online]
Available at: https://kumparan.com/
[Diakses 29 11 2023].
Putri, A. D. d., 2023. Strategi Desain Kemasan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Produk Umkm Kelurahan Labuhan Dalam Bandarlampung. ournal of Social Sciences and Technology for Community Service, 4(1).
Setyarini, A. L. T. d. V. D. P., 2022. Sibakul Jogja Application Post-Pandemic Yogyakarta Goverment Breakthrough. Formosa: Journal of Multidisciplinary Research, 1(8). DOI: https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i8.2329
Sunardi, N. d., 2020. Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Humanis: Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Khofifah Hany Amaria, Roma Ulinnuha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.