Peran Bimbingan Rohani dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Siswa SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto

Authors

  • Latihfah Nur Pratiwi Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Nabilla Nur Farehah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

Spiritual Guidance, Student, Quality of Life

Abstract

Abstract: Quality of life is one part that determines a person's well-being. Students in making improvements to improve the quality of their daily lives also have various obstacles. Solutions to overcome barriers to achieving quality of life are needed for students. The aim of this research is to explain the role of the implementation of spiritual guidance in improving the quality of life of students at SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto. The research method uses a descriptive qualitative approach, namely conducting a series of interviews with the guidance and counseling teacher, namely Mrs. Elva, and 2 students of SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto, namely Silvi Apriliani and Oktavi Amelina. The results of data collection were then carried out by data analysis. The results of this research show that the implementation of spiritual guidance at Muhammadiyah High School can improve students' quality of life through school activities, namely: 1) Morning Tadarus; 2) Dzuhur Cult; 3) Routine Friday Activities; and 4) Anjangsana. These activities can increase spirituality, improve students' mental/psychological health, and improve discipline. Students also need support from schools, teachers, and parents and internalize spiritual activities to develop their quality of life.   Abstrak: Kualitas hidup menjadi salah satu bagian yang menentukan kesejahteraan hidup seseorang. Siswa dalam melakukan tugasnya untuk menunjang kualitas hidup kesehariannya juga memiliki berbagai hambatan. Solusi untuk mengatasi hambatan pencapaian kualitas hidup diperlukan bagi siswa. Tujuan Penelitian ini untuk menjelaskan peran Implementasi Bimbingan Rohani pada peningkatan kualitas hidup siswa di SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif yakni melakukan serangkaian wawancara kepada guru BK yaitu Ibu Elva dan siswa SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto berjumlah 2 orang yang bernama Silvi Apriliani dan Oktavi Amelina, hasil pengumpulan data kemudian dilakukan analisis data.  Hasil dari penelitian ini menunjukan implementasi bimbingan rohani yang ada di SMA Muhammadiyah dapat meningkatkan kualitas hidup siswa melalui kegiatan-kegiatan sekolah, yaitu: 1) Tadarus Pagi; 2) Kultum Dzuhur; 3) Kegiatan jumat Rutin dan 4) Anjangsana. Kegiatan tersebut bisa meningkatkan spiritualitas, meningkatkan kesehatan mental/psikologis siswa, serta meningkatkan kedisiplinan. Dukungan dari sekolah, guru dan orangtua juga diperlukan oleh siswa dan menginternalisasi kegiatan spiritual dalam mengembangkan kualitas hidupnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Afandi, I. (2023). Metode Mengembangkan Spiritual Quotient (Kecerdasan Spiritual) Anak Usia Dini. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 8(1), 1–18. https://doi.org/10.61815/alibrah.v8i1.216

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Dahlia, N. (2021). Studi Tentang Proses Pengembangan Koleksi pada Perpustakaan STITMA Yogyakarta. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 9(2), 14. https://doi.org/10.24036/113163-0934

Dwi Rahmawati, B., Arruum Listiyandini, R., & Rahmatika, R. (2019). ANALITIKA Jurnal Magister Psikologi UMA Resiliensi Psikologis dan Pengaruhnya terhadap Kualitas Hidup terkait Kesehatan pada Remaja di Panti Asuhan Psychological Resilience and Its Impact on Quality of Life related to Adolescent Health in Social Instituti. Jurnal Magister Psikologi UMA, 11(1), 2502–4590.

Gazali, A. (2022). Dakwah dan Bimbingan Islami. Al-Hiwar : Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 10(1), 1. https://doi.org/10.18592/al-hiwar.v10i1.6931

Hawa, S., Syarifah, S., & Muhamad, M. (2021). Pembinaan Akhlak Peserta Didik Melalui Kegiatan Kultum (Kuliah Tujuh Menit) di SD Negeri 17 Pangkalpinang. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 4(2), 75–90. https://doi.org/10.32923/kjmp.v4i2.2162

Heng, P. H., Soetikno, N., & Fahditia, A. (2020). Peranan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kualitas Hidup Remaja Perkotaan. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 4(2), 550. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v4i2.6599.2020

Kamil, N., Zahrotul Fitri, Z., Nasution, H., & Zarkasih Putro, K. (2023). Memahami Anak Berkebutuhan Khusus: Down Syndrome. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 190–198. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.179

Luo, S., Lin, L., Chen, W., Li, C., Ren, Y., Zhang, M., & Guo, V. Y. (2022). Association between maternal intimate partner violence and health-related quality of life in their preschool children : The mediating role of maternal parenting styles. November, 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2022.996971

Mufarrohah, L., & Karimulloh. (2020). Resiliensi keluarga dan kualitas hidup di era pandemi menurut tinjauan islam. PSISULA: Prosiding Berkala Psikologi, 2(November), 367–377.

Mustaghfiroh, S., Nazar, T. H., & Safe’i, B. (2021). Etika Keutamaan dalam Akhlak Tasawuf Abdul Qodir Al-Jailani: Relevansinya dengan Pengembangan Karakter Manusia. Jurnal Islam Nusantara, 5(1), 23–37. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v5i1.241

Nikmah, L., Amalia, N. F., & Azizah, N. (2022). Analisis Bimbingan Rohani Islam dalam Menumbuhkan Karakter Anak di Masa Depan. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(1), 11. https://doi.org/10.24014/ittizaan.v5i1.15513

Nurasih, W., Amalia, F. R., & Sa’idi, A. M. (2023). Living Qur’an di Rumah Sakit Islam Purwokerto: Implementasi Surat Asy-Syu’ara Ayat 80 dalam Pelayanan Divisi Bimbingan Rohani Islam. Qudwah Qur’aniyah: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(1), 29–44. https://doi.org/10.30631/qudwahquraniyah.v1i1.1851

Pertiwi, D.S. and Syah, M. . (2024). Psikologi Pendidikan. Feknis Muda Sejahtera.

Pratama, B. D., Kadafi, A., Fakhriyani, D. V., Hariyani, I. T., & Kholidah, M. (2023). Cyber Counseling Berbasis Nilai Agama sebagai Upaya Mengembangkan Kesehatan Mental Remaja di Era Vuca. Edu Consilium : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 41–51. https://doi.org/10.19105/ec.v4i2.9760

Purna, T. H., Prakoso, C. V., & Dewi, R. S. (2023). Pentingnya Karakter Untuk Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Era Digital. Populer - Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2(1), 192–202.

Putri, S. A., Al Wafi, S. R. A. W., & Azizah, N. (2023). Pengembangan Spiritualitas Siswa melalui Layanan Bimbingan Rohani Islam dengan Metode Ceramah. Indonesian Journal of Islamic Counseling, 5(2), 124–137. https://doi.org/10.35905/ijic.v5i2.5606

Suryati, N., & Salehudin, M. (2021). Program Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Dan Emosional Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 578–588. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.349

Syahroni, M. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Manfaat Metode Pembelajaran Observasi Lapangan Pada Mata Kuliah Profesi Kependidikan. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(1), 417. https://doi.org/10.31002/ijel.v4i1.3253

Syarifah, N. A., Nur, T., & Herdiyana, Y. (2022). Implementasi Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan pada Siswa di MTs Al-Imaroh Cikarang Barat. Fondatia, 6(3), 691–701. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i3.2047

Umayah, U. (2019). Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Madrasah, D I Negeri, Tsanawiyah, 09, 1–18.

Wahyudi, I., Yusuf, A. M., & Afdal. (2021). Analisis Terhadap Holland Theory Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Karir Pada Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1880–1890.

Wardani, A. M., Rofi’ah, N., & Nursikin, M. (2022). Penerapan Metode Pengembangan Spiritual Quotient Dalam Pendidikan Agama Islam Pada Usia Anak Sekolah Dasar. CONSEILS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 01–09. https://doi.org/10.55352/bki.v2i2.647

Yuliawan, D., Bekti, R. A., Lusianti, S., Kesehatan, P. J., Rekreasi, D., Fakultas, /, Kesehatan, I., & Sains, D. (2022). Presentasi Kualitas Hidup Siswa Kelas V Sekolah dasar ditinjau dari Aktivitas Fisik dan Obesitas Presentation on Quality of Life for Class V Elementary School Students in terms of Physical Activity and Obesity. Jurnal Ilmiah ADIRAGA, 8(2), 1–09.

Yunita, R., & Addiarto, W. (2023). Peningkatan Kinerja Dosen Melalui Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. 401–408.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Pratiwi, L. N., & Farehah, N. N. (2024). Peran Bimbingan Rohani dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Siswa SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto. Assertive: Islamic Counseling Journal, 3(1), 11–21. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/assertive/article/view/12611