Hukum Riba dan Bunga Bank dalam Perspektif Ethico-Legal

Authors

  • Muhammad Muhammad STAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.24090/mnh.v6i2.607

Keywords:

bunga, riba, ethico legal dan keadilan

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengungkap dasar-dasar etika yang terabaikan dalam menentukan status hukum dari riba yang disetarakan dengan bunga dalam transaksi ekonomi dan keuangan modern. Selain untuk menentukan menempatkan dengan jelas perbedaan riba dan bunga juga untuk membangun pemahaman yang menyeluruh dalam menentukan status riba dan bunga yang berbeda. Pertama, Al Quran dan sunnah melarang riba berdsarkan pertimbangan hukum yang bersumber pada kemanusiaa, etis, dan moralitas. Kedua dalam memutuskan bahwa bunga adalah haram berdasar pada Qiyas illah, tidak berdasar alasan mengapa hal itu dilarang. Ketiga, para ulama mengabaikan posisi hikmah yang sebenarnya lebih tinggi dalam membahas riba dan hal itu melemahkan argumen dasar dalam memutuskan hukum riba dan bunga. Keempat, qiyas yang dapat diperluas menjadi tidak kuat karena fleksibel dan dinamis, di sisi lain hikmah lebih kuat karena berlaku sepanjang masa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Daud Vichari dan Keon Chee. Islamic Finace why it makes sense: Understanding its Priciples and Practices. London: Marshall Cavendis Incoporation. 2010.
Asfhar, Halef. Islamic Banking and Interest: A Study of the Prohibition of riba and its contemporary Interpretation: Book Review. Leiden: E.J. Brill. 1996.
Atia, Mona Ali, “Building a House in Heaven: Islamic Charity in Neoliberal Egypt”, Dissertation. University of Washington, 2008.
Ayub, Muhammad. Understanding Islamic Finance. West Sussex: John Wiley & Sons Ltd. 2010.
Azizy, A. Qodry. Hukum Nasional:Eklektisisme Hukum Islam dan Hukum Umum. Jakarta: Gramedia, 2005.
Chapra, M. Umar. Toward a Just Monetary System. Leiceste, UK:Foundation, 1985.
Cizakca, M. Cross Cultural Borrowing and Corporate Evolution of Institutions between Islamic World and the West. Prato:Instituto di Stario Economica, 2006.
Hadi, Abu. Bunga Bank dalam Al-Qur’an. Surabaya: Risalah, 1993.
Hanafi, Ahmad, Pengantar dan Sejarah Hukum Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1995.
Haron, Sudin dan Wan Nursofiza Wan Azmi. Islamic Finance and Banking System Philosophies, Priciples & Practices. Kuala Lumpur: McGraw Hill Education, 2009.
Iqbal, Munawar Iqbal and Aushaf Ahmad (eds). Islamic Finance and Economic Development. Palgrave Macmilan: New York. 2005.
Iqbal, Munawar Iqbal dan David T Llewellyn (eds). Islamic Banking and Finance. New Perspective on Profit Sharing and Risk. Edward Elgar: Massachussets, USA. 2002.
Kettell, Brian. Frequently Asked Questions in Islamic Finance. United Kingdom: Willey. 2010.
Khan, Fahim and Mario Porzio. Islamic Banking and Finance in the European Union: A Challenge. Edward Elgar Publishing: Massachusetts, USA, 2010.
Kuran, T. “Modern Islam and Economy” dalam New Cambridge History of Islam. Vol. 6. Cambridge: Cambridge University Press, 2007.
Mannan, MA.. Ekonomi Islam Teori dan Praktek, terj. Choirul Fuada Yusuf. Jakarta: Intermesa, 1992.
Nasr, Seyyed Hossein. The Heart of Islam:Pesan-Pesan Universal Islam untuk Kemanusiaan, terj. Nurasiah Fakih Sutan Harahap. Bandung: Mizan. 2003.
Roubaie, Amer Al- and Shafiq Alvi (eds). Islamic Banking and Finance: Critical Concepts in Economic. New York: Routledge, 2010.
Saeed, Abdulah. Menyoal Bank Islam Kritik atas Interpretasi Bunga Bank Kaum Neo-Revivalis, terj. Arif Maftuhin. Jakarta: Paramadina, 1996.
Saeed, Abdulah. “Contextualizing” dalam Andrew Rippin (ed.) The Blackwell Companion to the Qur’an, Oxford: Blackwell Publishin, 2006.
Saeed, Abdulah. Interpreting the Qur’an: Towards a Contemporary Approach, London: Routledge, 2006.
Saeed, Abdulah. Some Reflections on the Contextualistich to Ethico-Legal Texts of the Qur’an”. Buletin of school of Oriental and African Studies, 2008.
Saeed, Abdulah. Trends in Contemporary Islam: A Preliminary Attempt at a Classification. The Muslim World. Vol. 97, July. 2007.
Saeed, Abdulah, dan Hassan Saeed. Freedom of Religion: Apostasy and Islam. Book Review. Burlington, VT: Ashgate, 2004.
Yahya, Mukhtar dan Fathurrahman. Dasar-Dasar Pembinaan Hukum Fikih Islam. Bandung: al-Maarif, 1986.

Downloads

How to Cite

Muhammad, M. (2012). Hukum Riba dan Bunga Bank dalam Perspektif Ethico-Legal. Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam, 6(2), 319–331. https://doi.org/10.24090/mnh.v6i2.607

Issue

Section

ARTICLES
Share |