Demokrasi dan Hak Asasi Manusia (HAM) dalam Perspektif Hermeneutika Hukum Islam (Telaah Pemikiran Khaled Abou El-Fadl)

Authors

  • Imam Annas Mushlihin STAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.24090/mnh.v6i1.587

Keywords:

demokrasi, Hak Asasi Manusia, hermeneutika, hukum Islam

Abstract

Hubungan antara demokrasi, hak asasi manusia (HAM), dan Syari’ah memang selalu diperdebatkan oleh umat Islam dalam sepanjang sejarah mereka. Persoalan utamanya adalah apakah demokrasi dan HAM kompatibel dengan ajaran Islam ataukah tidak. Munculnya perdebatan tersebut karena melihat latar belakang bahwa demokrasi dan HAM muncul dari Barat, sedangkan agama berasal dari wahyu. Dengan demikian, apakah Islam dapat mendukung dan menyokong HAM merupakan tantangan paling penting yang dihadapi umat Islam saat ini. Sementara, tantangan lainnya adalah banyaknya muslim dan non-muslim di berbagai pelosok dunia saat ini meyakini bahwa HAM bertentangan dengan keyakinan Islam. Dalam artikel ini dengan mendialogkan antara demokrasi, HAM, dan Syari’ah melalui perspektif hermeneutika hukum Islam diharapkan dapat dirumuskan hubungan yang viable antara Islam dengan demokrasi dan hak asasi manusia, tanpa harus merugikan dan mengorbankan salah satunya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abou El-Fadl, Khaled. And God Knows the Soldiers: The Authoritative and Authoritarian in Islamic Discourses. Lanham: University Press of Amerika, 2001.
Abou El-Fadl, Khaled. Atas Nama Tuhan: Dari Fikih Otoriter ke Fikih Otoritatif. Terj. R. Cecep Lukman Yasin. Jakarta: Serambi, 2004.
Abou El-Fadl, Khaled. Islam and The Challenge of Democracy. Princeton: Princeton University Press, 2004.
Abou El-Fadl, Khaled. Speaking in God’s Name: Islamic Law, Authority and Women. Oxford: Oneworld Publications, 2003.
Abou El-Fadl, Khaled. The Great Theft: Wrestling Islam from the Extremists. New York: HarperSanFrancisco, 2005.
Hidayat, Komaruddin. Menafsirkan Kehendak Tuhan. Jakarta: Teraju, 2003.
al-Jabiri, Muhammad ‘Abid. Takwin al-‘Aql al-Arabi. Beirut: al-Markaz al-Thaqafi al-‘Arabi, 1993.
Mahasin, Aswab. “Agama dan Demokrasi: Bukan Pohon Tanpa Akar”, dalam M. Imam Aziz et.al., Agama, Demokrasi, dan Keadilan. Jakarta: Gramedia, 1993.
Salikin, Adang Djumhur. Reformasi Syari’ah dan HAM dalam Islam: Bacaan Kritis Terhadap Pemikiran An-Naim. Yogyakarta: Gama Media, 2004.
Suaedy, Ahmad. Pergulatan Pesantren dan Demokratisasi. Yogyakarta: LKiS, 2000.
Sudarto. Metodologi Penelitian Filsafat. Jakarta: Rajawali Pers, 1996.
Sumaryono, E. Hermeneutik: Sebuah Metode Filsafat. Yogyakarta: Kanisius, 1999.

Downloads

How to Cite

Mushlihin, I. A. (2012). Demokrasi dan Hak Asasi Manusia (HAM) dalam Perspektif Hermeneutika Hukum Islam (Telaah Pemikiran Khaled Abou El-Fadl). Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam, 6(1), 43–54. https://doi.org/10.24090/mnh.v6i1.587

Issue

Section

ARTICLES
Share |