Hukum Islam versus Positivisme Barat (Kajian Perbandingan Mazhab Jurisprudensi Perspektif Ilmu Hukum)
DOI:
https://doi.org/10.24090/mnh.v6i1.586Keywords:
filsafat ilmu, normativisme, rasionalisme, positivisme, ibadah, mu’amalahAbstract
Institusi hukum bekerja bukan untuk dirinya, melainkan untuk sesuatu yang lebih luas dan lebih besar di luar dirinya berupa terwujudnya keadilan di tengah masyarakat. Baik hukum Islam maupun positivisme Barat mempunyai pretensi sama menyangkut tujuan akhirnya untuk menata masyarakat sesuai aturan hukum yang berlaku. Percikan perbedaan tak dapat dielakkan ketika para Juris tidak sebangun dalam melihat pola hubungan antara hukum itu sendiri dengan manusia sebagai subjeknya. Menghadapkan manusia pada hukum bukan saja melahirkan pilihan teori-teori hukum yang rumit, tetapi sekaligus juga berimplikasi pada munculnya mazhab-mazhab pemikiran hukum yang sangat dinamis. Lahirnya positivisme-empiris dalam hukum Barat, serta munculnya sejumlah mazhab pemikiran dalam hukum Islam, seperti ahl al-ra’y dan ahl al-hadis, tidak bisa lepas dari persoalan dinamika hubungan manusia dengan hukum.References
Abu Sulayman, ‘Abd al-Wahhab Ibrahim. Al-Fikr al-Usuli Dirasah Tahliliyyah Naqdiyyah. Jeddah: Dar al-Syuruq, 1984.
Abu Yasid. Epistemologi Fiqh: Unsur Substansi, Metodologi dan Aplikasi Ajaran Agama. Situbondo: Ibrahimy Press, 2010.
----------. Fiqh Politik: Relasi Agama & Negara Perspektif Islam. Situbondo: Ibrahimy Press, 2009.
----------. “Memahami Jurisprudensi Islam sebagai Mekanisme Istinbath Hukumâ€, dalam Jurnal Akademika Vol. 17 No. 1 Tahun 2005.
Arkoun, Mohammed. Rethinking Islam Today, dalam edisi Indonesia, Islam Kontemporer: Menuju Dialog Antar Agama.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
Bin al-Mahdi, Abu al-‘Abbas Ahmad bin Muhammad. Iqaz al-Humam Syarh Matn al-Hikam, al-Maktabah al-Shamilah Isdar 3.28, Digital Library.
Coulson, Noel J. Conflicts and Tensions in Islamic Jurisprudence. USA: The University of Chicago Press, 1969.
Fanani, Ahwan. “Ushul fiqh versus Hermeneutika tentang Pengembangan Pemikiran Hukum Islam Kontemporer†dalam Jurnal Islamica Vol. 4, No. 2 Tahun 2010.
Hariri (al), Ibrahim Muhammad Mahmud. al-Madkhal Ila al-Qawa’id al-Fiqhiyyah al-Kulliyyah. Amman: Daru ‘Ammar, 1998.
Ibrahim, Johnny. Teori & Metodologi Penelitian Hukum Normatif. Malang: Bayumedia Publishing, 2006.
Khinn (al), Mustafa Sa‘id. Dirasah Tarikhiyyah li al-Fiqh wa Usulih wa al-Ittijahat allati Zaharat fiha. Damaskus: al-Syirkah al-Muttahidah li al-Tawzi‘, 1984.
Koesnoe, Moch. Kritik terhadap Ilmu Hukum. Yogyakarta: Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Hukum UII, 1981.
Mastuhu. Metodologi Penelitian Agama: Teori & Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.
Salih, Muhammad Adib. Tafsir al-Nusus fi al-Fiqh al-Islami. Beirut: al-Maktab al-Islami, 1993.
Wignjosoebroto, Soetandyo. Hukum, Paradigma, Metode dan Dinamika Masalahnya. Jakarta: Elsam & Huma, 2002.
Abu Yasid. Epistemologi Fiqh: Unsur Substansi, Metodologi dan Aplikasi Ajaran Agama. Situbondo: Ibrahimy Press, 2010.
----------. Fiqh Politik: Relasi Agama & Negara Perspektif Islam. Situbondo: Ibrahimy Press, 2009.
----------. “Memahami Jurisprudensi Islam sebagai Mekanisme Istinbath Hukumâ€, dalam Jurnal Akademika Vol. 17 No. 1 Tahun 2005.
Arkoun, Mohammed. Rethinking Islam Today, dalam edisi Indonesia, Islam Kontemporer: Menuju Dialog Antar Agama.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
Bin al-Mahdi, Abu al-‘Abbas Ahmad bin Muhammad. Iqaz al-Humam Syarh Matn al-Hikam, al-Maktabah al-Shamilah Isdar 3.28, Digital Library.
Coulson, Noel J. Conflicts and Tensions in Islamic Jurisprudence. USA: The University of Chicago Press, 1969.
Fanani, Ahwan. “Ushul fiqh versus Hermeneutika tentang Pengembangan Pemikiran Hukum Islam Kontemporer†dalam Jurnal Islamica Vol. 4, No. 2 Tahun 2010.
Hariri (al), Ibrahim Muhammad Mahmud. al-Madkhal Ila al-Qawa’id al-Fiqhiyyah al-Kulliyyah. Amman: Daru ‘Ammar, 1998.
Ibrahim, Johnny. Teori & Metodologi Penelitian Hukum Normatif. Malang: Bayumedia Publishing, 2006.
Khinn (al), Mustafa Sa‘id. Dirasah Tarikhiyyah li al-Fiqh wa Usulih wa al-Ittijahat allati Zaharat fiha. Damaskus: al-Syirkah al-Muttahidah li al-Tawzi‘, 1984.
Koesnoe, Moch. Kritik terhadap Ilmu Hukum. Yogyakarta: Lembaga Riset dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Hukum UII, 1981.
Mastuhu. Metodologi Penelitian Agama: Teori & Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.
Salih, Muhammad Adib. Tafsir al-Nusus fi al-Fiqh al-Islami. Beirut: al-Maktab al-Islami, 1993.
Wignjosoebroto, Soetandyo. Hukum, Paradigma, Metode dan Dinamika Masalahnya. Jakarta: Elsam & Huma, 2002.
Downloads
How to Cite
Yasid, A. (2012). Hukum Islam versus Positivisme Barat (Kajian Perbandingan Mazhab Jurisprudensi Perspektif Ilmu Hukum). Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam, 6(1), 27–42. https://doi.org/10.24090/mnh.v6i1.586
Issue
Section
ARTICLES
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).