Arah Baru Pemikiran Filsafat Hukum Islam

Authors

  • Imam Annas Mushlihin STAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.24090/mnh.v7i2.561

Keywords:

arah baru, pemikiran, filsafat, hukum Islam, masa moderen

Abstract

Kajian filsafat hukum Islam kurang mendapat perhatian yang semestinya pada masa klasik dan pertengahan Islam. Para ahli hukum Islam pada masa itu berhenti pada konsep maslahah sebagai tujuan hukum Islam (maqasid al-syari’ah) ketika berbicara mengenai filsafat hukum Islam. Beberapa persoalan filsafat hukum Islam yang muncul dewasa ini adalah berkaitan dengan demokrasi dan keadilan, hak asasi manusia (HAM), persoalan gender, dan masalah-masalah serupa dalam dunia modern. Pada masa modern, filsafat hukum Islam dikembangkan oleh beberapa ahli hukum Islam dalam menjawab berbagai permasalahan di dunia modern tadi. Para ahli hukum Islam modern merumuskan beberapa teori-teori baru yang umumnya memanfaatkan ilmu-ilmu humaniora dan sosial, maupun sains yang berkembang di Barat. Beberapa di antara teori-teori baru tersebut adalah  teori double movement, teori redefinisi nasakh, teori hudud, dan teori hermeneutika. Pendekatan para ahli hukum Islam modern tersebut menandai arah baru pengkajian dan pemikiran filsafat hukum Islam dewasa ini. Tulisan ini menguraikan pemikiran awal filsafat hukum Islam dan faktor-faktor yang mempengaruhi perumusannya, serta beberapa persoalan yang menuntut dilakukannya perubahan dalam pemikiran awal filsafat hukum Islam tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’la, Abd. Dari Neo-Modernisme ke Islam Liberal: Jejak Fazlur Rahman dalam Wacana Islam Indonesia. Jakarta: Paramadina, 2003.
Anderson, J.N.D. Islamic Law in the Modern World. New York: New York University Press, 1959.
Al-Buti, Muhammad Sa’id Ramadan. Dawabit al-Maslahah fi al-Syari’ah al-Islamiyyah. Beirut: Mu’assasat al-Risalah, 1977.
Coulson N.J. Conflicts and Tensions in Islamic Jurisprudence. Chicago: University of Chicago Press, 1969.
El-Fadl, Khaled M. Abou. And God Knows the Soldiers: The Authoritative and Authoritarian in Islamic Discourses. Lanham: University Press of Amerika, 2001.
El-Fadl, Khaled M. Abou. Speaking in God’s Name: Islamic Law, Authority, and Women. Oxford : Oneworld Publications, 2003.
Fanani, Muhyar. Membumikan Hukum Langit. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008.
Al-Fasi, ‘Allal. Maqasid al-Syari’ah al-Islamiyah wa Makarimuha. Libanon: Maktabat al-Wihdah al-‘Arabiyyah, t.t.
Al-Ghazali. al-Mustasfa min ‘Ilm al-Usul. Beirut: Dar al-Fikr, t.t.
Al-Ghazali. Syifa’ al-Ghalil fi Bayan al-Syibh wa al-Mukhil wa Masalik al-Ta’lil. Baghdad: Matba’at al-Irsyad, 1971.
Hallaq, Wael B. A History of Islamic Legal Theories. Cambridge: Cambridge University Press, 1997.
Hasaballah, Ali. Usul al-Tasyri’ al-Islami. Mesir: Dar al-Ma’arif, 1964.
Hidayat, Komaruddin. Menafsirkan Kehendak Tuhan. Jakarta: Teraju, 2004.
Al-Juwayni. Al-Burhan fi Usul al-Fiqh. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1997.
Khallaf, ’Abd al-Wahhab.‘Ilm Usul al-Fiqh. Kuwait: Dar al-Qalam, 1978.
Kleden, Ignas. “Melacak Akar Konsep Demokrasi: Suatu Tinjauan Kritis”, dalam Ahmad Suaedy, Pergulatan Pesantren dan Demokratisasi. Yogyakarta : LKiS, 2000.
Mas’ud, Muhammad Khalid. Islamic Legal Philosophy: A Study of Abu Ishaq al-Syatibi’s Life and Thought. Islamabad: Islamic Research Institute, 1977.
Mudzhar, M. Atho. Membaca Gelombang Ijtihad: Antara Tradisi dan Liberasi. Yogyakarta : Titian Ilahi Press, 1998.
Muslehuddin, Muhammad. Philosophy of Islamic Law and the Orientalist :A Comparative Study of Islamic Legal System. Delhi: Taj Company, 1986.
Al-Na’im, Abdullah Ahmed. Toward an Islamic Reformation: Civil Liberties, Human Rights, and International Law. New York: Syracus University Press, 1990.
Rahman, Fazlur. Islamic Methodology in History. Islamabad: Islamic Research Institute, 1965.
Rahman, Fazlur. Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition. Chicago : The University of Chicago Press, 1982.
Al-Salam, ‘Izz al-Din ibn ‘Abd. Qawa’id al-Ahkam fi Masalih al-Anam. Beirut: al-Mu’assasat al-Rayyan, 1990.
Schacht, Joseph. The Origins of Muhammadan Jurisprudence. Oxford: Oxford University Press, 1979.
Syahrur, Muhammad. al-Kitab wa al-Qur’an: Qira’ah Mu’asirah. Damaskus : al-Ahab li al-Tiba’ah wa al-Nasyr wa al-Tawzi’, 1990.
Al-Syatibi, Abu Ishaq. al-Muwafaqat fî Usul al-Ahkam, editor Muhammad al-Khidr Husain dan Muhammad Hasanain Makhluf. Beirut: Dar al-Fikr, t.t.
Al-Syawkani. Irsyad al-Fuhul 'ila Tahqiq al-Haqq min ‘Ilm al-Usul. Beirut: Dar al-Fikr, t.t.
Sibawaihi. Hermeneutika al-Qur’an Fazlur Rahman. Yogyakarta: Jalasutra, 2007.
Sudarto. Metodologi Penelitian Filsafat. Jakarta: Rajawali Press, 1996.

Downloads

Published

23-12-2013

How to Cite

Mushlihin, I. A. (2013). Arah Baru Pemikiran Filsafat Hukum Islam. Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam, 7(2), 155–168. https://doi.org/10.24090/mnh.v7i2.561

Issue

Section

ARTICLES
Share |