Aspek Hukum terhadap Produk Syariah di Bank Konvensional (Kajian terhadap Regulasi Perbankan Syariah di Indonesia)

Authors

  • Syaugi Syaugi IAIN Antasari

DOI:

https://doi.org/10.24090/mnh.v8i2.412

Keywords:

Bank Syari’ah, Bank Konvensional, produk bank, peraturan, hukum

Abstract

Lahirnya peraturan perundang-undangan dan peraturan-peraturan lainnya tentang perbankan syari’ah merupakan sebuah momentum pengembangan perbankan syari’ah di Indonesia. Adanya sejumlah peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan perbankan syari’ah menunjukkan pemberlakuan hukum Islam dalam konteks kenegaraan tidak sebatas pada hal-hal yang bersentuhan dengan bidang ibadah tetapi juga menyentuh bidang muamalah, khususnya dalam bidang ekonomi. Tulisan ini mencoba mengupas penguatan institusi perbankan syari’ah dari aspek regulasi dalam ranah positivisasi hukum Islam sambil melakukan kritik dalam upaya perbaikan regulasi untuk penguatan perbankan syari’ah Indonesia ke depannya. Setidaknya ada dua hal yang disoroti dalam tulisan ini: pertama, pijakan hukum institusi perbankan syari’ah di Indonesia, di mana sejumlah regulasi (undang-undang) dikeluarkan; Kedua, tawaran untuk perbaikan regulasi terkait kemungkinan bank konvensional menjual produk syari’ah dengan atau tanpa harus membuka islamic financial institution tetapi cukup financial institution (bank konvensional) yang sudah ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizy, A. Qadri. Eklektisisme Hukum Nasional: Kompetisi Antara Hukum Islam dan Hukum Umum. Yogyakarta: Gama Media, 2002.
Basith, Abdul. Islam dan Manajemen Koperasi: Prinsip dan Strategi Pengembangan Koperasi di Indonesia. Malang: UIN Malang Press, 2008.
Fanani, Muhyar. Membumikan Hukum Langit: Nasionalisasi Hukum Islam dan Islamisasi Hukum Nasional Pasca Reformasi. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008.
Hamid, M. Arifin. Hukum Ekonomi Islam (Ekonomi Syari’ah) Di Indonesia Aplikasi dan Prospektifnya, Bogor: Ghalia Indonesia, 2007.
Al-Harisi, Jaribah bin Ahmad. Fikih Ekonomi Umar Bin Khathab, terj. Asmuni Solihan Zamakhsyari. Jakarta: Khalifa, 2006.
Hasanudin, Maulana, dan Jaih Mubarok. Perkembangan Akad Musyarakah. Jakarta: Kencana, 2012.
Hernoko, Agus Yudha. Hukum Perjanjian Asas Proporsionalitas dalam Kontrak Komersial. Yogyakarta: LaksBang Mediatama, 2008.
Ibrahim, Anis. Legislasi dan Demokrasi: Interaksi dan Konfigurasi Politik Hukum dalam Pembentukan Hukum di Daerah. Malang: In-Trans Publishing, 2008.
Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia. Seminar Proceeedings: The 1st Islamic Economic and Finance Research Forum. Jakarta, Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia, 2012.
Jazuli, H.A. Ilmu Fiqh: Penggalian, Perkembangan, dan Penerapan Hukum Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006.
Jazuni. Legislasi Hukum Islam di Indonesia. Bandung: PT.Citra Daditya Bakti, 2005.
Kamil, Ahmad, dan M Fauzan. Kitab Undang-Undang Hukum Perbankan dan Ekonomi Syari’ah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.
Lev, Daniel S. Hukum dan Politik di Indonesia:Kesinambungan dan Perubahan. Jakarta: LP3ES, 1990.
Mahfud MD, Moh. Perdebatan Hukum Tata Negara Pasca Amandemen Konstitusi. Jakarta: LP3ES, 2007.
Mubyarto. Tanggung Jawab Sosial Teknokrat dalam Mewujudkan Ekonomi Pancasila. Yogyakarta: Aditya Media, 2004.
Nurjaya, I Nyoman. Pengelolaan Sumber Daya Alam dalam Persfektif Antropologi Hukum. Malang: Universitas Negeri Malang, 2006.
Nyazee, Imran Ahsan Khan. Fikih Korporasi Membincang Hukum Organisasi Bisnis Islam. Surabaya: JP Books, 2008.
Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI). Ekonomi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008.
Al-Qarda>gi>, ‘Ali> Muh}yi> al-Di>n ‘Ali>. Mabda’ ar-Rid}a>’ fi al-‘Uqu>d: Dira>sah Muqa>ranah fi> al-Fiqh al-Isla>mi> wa al-Qanu>n al-Madani> (ar-Rumma>ni> wa al-Faransi> wa al-Injili>zi> wa al-Mis}ri> wa al-‘Ira>qi>). Beirut: Da>r- al-Basya>’ir al-Isla>miyyah, 1985.
Sabirin, Syahril. Perjuangan Keluar dari Krisis. Yogyakarta: BPEF, 2005.
Suhardana, FX., dkk. Hukum Perdata, Jakarta: Prenhallindo, 1987.
Sula, Muhammad Syakir. Asuransi Syari’ah (Life and General): Konsep dan Sistem Operasional. Jakarta: Gema Insani Press, 2004.
Syubair, Muhammad Usman. Al-Mu‘a>malah al-Ma>liyah al-Mu‘a>s}irah fi> al-Fiqh al-Isla>mi>. Yordania: Da>r an-Nafa>’is li an-Nasyr wa at-Tauzi>‘, 2007.
Wignjosoebroto, Soetandyo. Hukum: Paradigma, Metode dan Dinamika Masalahnya. Yogyakarta: Elsam dan Huma, 2002.
Ya’kub, Hamzah. Etika Islam, Bandung: CV. Diponegoro, 1996.

Downloads

How to Cite

Syaugi, S. (2014). Aspek Hukum terhadap Produk Syariah di Bank Konvensional (Kajian terhadap Regulasi Perbankan Syariah di Indonesia). Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam, 8(2), 267–280. https://doi.org/10.24090/mnh.v8i2.412

Issue

Section

ARTICLES
Share |