Dinamisasi Hukum Islam di Indonesia pada Zakat Produktif dan Wakaf Produktif: Sebuah Studi Perbandingan

Authors

  • Muslihun Muslihun IAIN Mataram

DOI:

https://doi.org/10.24090/mnh.v8i2.408

Keywords:

Zakat, Wakaf, Produktif, Dinamisasi, Manfaat, Profesionalisme

Abstract

Perbandingan zakat produktif dan wakaf produktif dapat dilihat dari lima hal, yakni dasar hukum, orang yang mengeluarkannya, jenisa hartanya, pengelolaannya, dan orang yang berhak menerimanya. Beberapa hal ini menunjukkan adanya persamaan di antara keduanya, yakni  sama-sama merupakan filantropi Islam yang memiliki visi pemerataan harta. Walaupun demikian, terdapat perbedaan dalam hal: pertama, zakat bersifat wajib, sedangkan wakaf sunnah; kedua, harta zakat dapat didistribusikan secara langsung, sementara pada wakaf, yang dapat didistribusikan adalah hasilnya dan tidak boleh bendanya karena harus ditahan kelestariannya. Zakat produktif dan wakaf produktif dianggap sebagai bagian dari perubahan hukum Islam di Indonesia karena keduanya merupakan filantropi Islam yang senantiasa berkembang. Pergeseran zakat dan wakaf yang tadinya cendrung konsumtif menuju pola produktif merupakan buah dari perubahan sosial yang dipengaruhi oleh beberapa faktor: (1) perkembangan pembangunan fisik, (2) perubahan budaya, (3) pertumbuhan penduduk dan perkembangan teknologi baru, (4) adanya gerakan-gerakan sosial, dan (5) perubahan ide, nilai-nilai, dan pandangan hidup. Model perubahan sosial yang diharapkan adalah perubahan pemahaman zakat dan wakaf yang sebelumnya hanya konsumtif menjadi produktif. Dengan pengembangan zakat produktif diharapkan benda zakat mengalami peningkatan nilai. Sedangkan dengan pengembangan wakaf produktif diharapkan selain mempertahankan bendanya (dawÄm al-’ain) juga mempertahankan manfaat wakaf itu sendiri (dawÄm al-intifÄ’ bi al-’ain).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abduh, Isa. Al-Nuzum al-Māliyah fī al-Islām. Kairo: Ma’had al-Dirāsat al-Islāmiyah, 1396-1397 H.
Ali, Muhammad Daud. Sistem Ekonomi Islam, Zakat dan Wakaf. Jakarta: UI-Press, 1998.
Al-Asyhar, Thabib, "Paradigma Baru dan Substansi Undang-Undang Wakaf", Makalah dipresentasikan pada Lokakarya Perwakafan Masyarakat Kampus 2006 di Mataram NTB., 29 Agustus 2006,
Anderson, JND. Hukum Islam di Dunia Modern, Terj. Machnun Husein. Surabaya: Amar Press, 1990.
Antonio, Muhammad Syafi’i. "Pengelolaan Wakaf Secara Produktif", dalam Ahmad Djunaidi dan Thobieb al-Asyhar. Menuju Era Wakaf Produktif: Sebuah Upaya Progresif Untuk Kesejahteraan Umat. Jakarta: Mitra Abadi Press, 2005.
Badan Wakaf Indonesia (BWI). Rekomendasi Workshop Nāẓir Profesional. Hotel Sofyan, Jakarta, 5-7 Agustus 2008.
Al-Bukhari, Imam. Ṣaḥīḥ Bukhāri>. Kairo: Rayyan, 1986.
Dewan Redaksi Ensiklopedi Hukum Islam. Ensiklopedi Hukum Islam. Jakarta: PT. Ichtiar Van Hoeve, 1997.
Djunaidi, Ahmad, dkk. Paradigma Baru Wakaf di Indonesia. Jakarta: Direktorat Zakat dan Wakaf RI, 2005.
Al-Hājiriy, A.S. Taqyīm Kafā'at Istiṡmār Amwāl al-Auqāf bī Daulat al-Quwait. Kuwait: al-Amānah al-Āmmah lī al-Auqāf Idārat ad-Dirāsat wa al-Alāqat al-Khārijiyyah, 2006.
Haroen, Nasrun. Perdagangan Saham di Bursa Efek Tinjauan Hukum Islam. Jakarta: Yayasan Kalimah, 2000.
Hasanah, Uswatun. "Peranan Wakaf dalam Mewujudkan Kesejahteraan Sosial: Studi Kasus Pengelolaan Wakaf di Jakarta Selatan". Disertasi Pascasarjana IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1997.
Hassan, Ahmad. Tafsīr al-Furqān. Bangil: Persatuan, t.t.
Hendrojono. Sosiologi Hukum: Pengaruh Perubahan Masyarakat dan Hukum. Surabaya: Srikandi, 2005.
Al-Kabisi, M. A. A. Hukum Wakaf, Terj. Ahrul Tsani Fathurrahman dkk. Jakarta: Dompet Dhuafa Republika dan IIMan Press, 2004.
Mubarok, Jaih. Wakaf Produktif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2008.
Mudzhar, Muhammad Atha’. Membaca Gelombang Ijtihad: Antara Tradisi dan Liberasi. Yogyakarta: Titian Ilahi Press, 1998.
Muslihun, “Menuju Wakaf Produktif: Studi Pergeseran Pemahaman Wakaf Tuan Guru tentang wakaf di Lomnbok”, Disertasi S3 IAIN Walisongo Semarang, 2012.
Muslim, Muslihun. Fiqh Ekonomi dan Positiviasasinya di Indonesia. Mataram: LKIM IAIN Mataram, 2005.
Nasution, Mustafa Edwin dan Uswatun Hasanah. Wakaf Tunai, Inovasi Finansial Islam, Peluang dan Tantangan dalam Mewujudkan Kesejahteraan Umat. Jakarta: PSTTI-UI, 2005.
Qohaf, Monzer. Ekonomi Islam: Telaah Analitik terhadap Fungsi Sistem Ekonomi Islam, terj. Machnun Husein. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana,1995.
Rakhmat, Jalaludin. Rekayasa Sosial: Reformasi, Revolusi atau Manusia Besar. Bandung: Rosdakarya, 2000.
Robertson, Ian. Sociology. Third Edition, Editor Peter Deane, Linda Baron Davis. New York: Worth Publishers, Inc., 1988.
Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press, 2005.
Al-Syawkāni, Muhamad bin Ali. al-Dirār al-Mud}iyyah Syarḥ al-Durār al-Bahiyyah. Beirut: Mu’assasah al-Kutub al-Tsaqafah, 1988.
Usman, H. Suparman. Hukum Islam: Asas-asas dan Pengantar Studi Hukum Islam dalam Tata Hukum Indonesia. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2001.
Winardi, J. Manajemen Perubahan (Management of Change). Jakarta: Kencana, 2006.
Al-Zuhayli, Wahbah. al-Wasāya wa al-Waqf fī al-Fiqh al-Islāmi>. Damsyiq: Dār al-Fikr, 2007.

Downloads

How to Cite

Muslihun, M. (2014). Dinamisasi Hukum Islam di Indonesia pada Zakat Produktif dan Wakaf Produktif: Sebuah Studi Perbandingan. Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam, 8(2), 199–216. https://doi.org/10.24090/mnh.v8i2.408

Issue

Section

ARTICLES
Share |