Evaluasi Pemanfaatan E-Journal untuk Akses di Masa Pendemi sebagai Sumber Referensi dalam Penulisan Skripsi di Universitas Teknokrat Indonesia

Authors

  • Rahmat Iqbal Universitas Teknokrat Indonesia
  • Nadya Mangunang Universitas Teknokrat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24090/jkki.v2i2.5658

Keywords:

Open Access, Jurnal Elektronik, Pemanfaatan.

Abstract

Jurnal open access (OA) menjadi alternative dalam memenuhi kebutuhan informasi referensi bagi kalangan civitas akademika. Kemudahan dalam akses jurnal OA tak terlepas peran sebuah kemajuan teknologi dan terbukanya para peneliti atas pentingnya sebuah informasi. Penelitian ini bertujuan untuk perpustakaan mengetahui seberapa besar mahasiswa dalam memanfaatkan jurnal elektronik open access menjadi sumber referensi dalam melakukan pengerjaan jurnal penelitian ataupun skripsi mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester akhir atau yang sedang mengerjakan skripsi sebanyak 50 mahasiswa tingkat akhir. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode random sampling. Dari 5 link jurnal open access yang cukup umum dilakukan pengaksesan oleh beberapa peneliti dan akademisi seperti Garuda Dikti, E-Resources, Google Scholer, DOAJ dan IOS. Bahwa mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia dalam melakukan penelusuran sumber referensi jurnal elektronik mayoritas menggunakan google scholer sebagai sumber referensi dalam pembuatan skripsi dengan nilai 78%, di susul dengan jurnal E-Resources dalam urutan kedua dengan 16%, DOAJ dengan 4%, IOS dengan 2% dan Garuda Dikti 2%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriaty, E. (2006) Pemanfaatan Jurnal Elektronis dan Kemutakhiran Informasi yang Disitir dalam Publikasi Pimer. Jurnal Perpustakaan Pertanian, Vol 14 No 2.
Arif Surachman (2011)” Jaringan Perpustakaan Digital Di Indonesia: Pembelajaran dari IndonesiaDLN, InherentDL, Jogjalib for All, Garuda dan Jogjalib.Net”, Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia, Samarinda.
Azwar (2014), Information Literacy Skills: Strategi Penelusuran Informasi Online, Alauddin Univercity Press, Makasar.
Dihin Muriyatmoko, (2018) “Pengaruh Indeksasi Doaj Terhadap Sitasi Pada Jurnal Terakreditasi Sinta Menggunakan Analisis Regresi Linier, Jurnal Ilmiah SimanteC Vol. 7, No. 1.
Etta Mamang Sangadji (2010),”Metodelogi Penelitian Praktis dalam Penelitian”, Yogyakarta; Andi Office.
Etty Andrianty (2005) “Pemanfaatan Jurnal Elektronis dan Kemuktahiran Informasi yang Disitir dalam Publikasi Primer”, Jurnal Perpustakaan Pertanian, 14, No. 2.
Inawati (2019)” Pemanfaatan Indonesia One Search (IOS) Dalam Mendukung Akses Sumber Informasi Elektronik Bagi Siswa Di SMA Kolese Loyola Semarang”, Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol 18, No 3.
Lena Johansson” The One Stop Shop To Open Access Journals – Doaj”, Sciecom Info 4 (2008) Johansson, Wahlgren.
Liauw, T. T, (2013), “Open access dan perguruan tinggi Indonesia. In J. G. Sujana & B. Mustafa (Eds.). Perpustakaan Indonesia menghadapi era open access (pp. 52). Bogor, Indonesia: Perpustakaan Institut Pertanian Bogor.
Muhammad Azwar dan Rizka Amaliah (2017)” Pemanfaatan Jurnal Elektronik Sebagai Sumber Referensi Dalam Penulisan Skripsi Di Institut Pertanian Bogor”.Libraria, Vol. 5, No. 1.
Peter Salim (2002) “Kamus Besar Bahasa Indonesia Kontemporer“Jakarta: Modern English Press.
Perpustakaan Nasional RI (2015),” Modul Bimbingan Pemanfaatan E-resources Perpustakaan Nasional RI: modul dasar”, Jakarta; Perpustakaan Nasional RI.
Putu Laxman Pendit (2007) “Perpustakaan Digital: Perspektif Perpustakaan Perguruan Tinggi” Jakarta: Sagung Seto.
Putu Laxman Pendit (2008), “Perpustakaan Digital: dari A sampai Z” Jakarta: Cita Karyakarsa Mandiri.
Sekretariat Negara Republik Indonesia, (2007) “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan
Sulistyo-Basuki (1991),”Pengantar Ilmu Perpustakaan” Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sudia Ajjronisa (2016)” Sistem Temu Balik Informasi Menggunakan Google Scholar”, Padang; Perpustakaan Universitas Negeri Padang.
Sugiyono (2017)”Met ode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”, Bandung; Alfabeta.
Thamrin Hasan (2013) “Kajian Pemanfaatan Jurnal Online pada Perpustakaan Universitas Riau Pekanbaru”, Jurnal Gema Pustakawan, Vol 1, No. 1.
Wahyudi, R.”Garuda Garda Rujukan Digital”, Jurnal Pustaka Indonesia Vol 10 No. 1.

Downloads

Published

2021-07-21

How to Cite

Iqbal, R., & Mangunang, N. (2021). Evaluasi Pemanfaatan E-Journal untuk Akses di Masa Pendemi sebagai Sumber Referensi dalam Penulisan Skripsi di Universitas Teknokrat Indonesia. Al-Ma Mun Jurnal Kajian Kepustakawanan Dan Informasi, 2(2), 94–104. https://doi.org/10.24090/jkki.v2i2.5658

Issue

Section

Articles